Sticker Cutting, Mesin, Bahan, Jenis dan Harganya

sticker-cutting-10-6-21

Sticker cutting adalah salah satu jenis stiker yang dibuat dengan teknik potong. Itulah sebabnya disebut demikian karena diambil dari bahasa cut yang artinya memotong. Yang dipotong itu bahannya.

Penjelasan tentang sticker cutting itu untuk membedakan dengan stiker printing. Mengenai stiker printing akan saya bahas pada artikel tersendiri. Jadi, perbedaannya jelas. Kalau stiker cutting bahannya dipotong, kalau yang printing dicetak pakai tinta.

Bila kita bicara tentang sticker cutting di Indonesia, maka akan banyak hal yang biasanya dikaitkan dengannya. Berikut ini adalah diantaranya:

Jinka 721

Inilah mesin cutting sticker yang paling banyak dimiliki tukang stiker di Indonesia. Salah satu kelebihan mesin ini ialah harganya yang sangat terjangkau sehingga para pemain stiker baru pun bisa membelinya.

Mesin cutting sticker ini buatan China dan termasuk merek yang sudah lama dipasarkan di Indonesia. Sebelumnya ada merek Redsail namun kalah pamor dengan Jinka 721. Mesin ini memiliki lebar area potong 60 centimeter.

Selain itu, Jinka adalah mesin cutting sticker diklaim mampu melakukan tugas potong yang presisi, mudah penggunaannya, awet, sparepartnya tersedia.

Sticker Polyflex

Terdapat teknik sablon digital, salah satunya menggunakan bahan polyflex. Apa itu polyflex? Sablon polyflex merupakan teknik sablon yang memakai bahan sejenis sticker atau vinyl berypa lembaran.

Selanjutnya dicutting atau diprint lalu dipress memakai mesin heat press. Sablon polyflex ini memiliki ragam warna dan variasi.

Polyflex memiliki sifat elastis sehingga lebih tahan lama, awet, kuat, menempel pada kaos dan tahan saat ditarik. Meski begitu, tak ada hasil sablon yang tidak rusak, semua tergantung juga pada perawatan kaosnya.

Polyflex kini banyak digunakan pada usaha distro. Karena bisa dilakukan sendiri dan hasilnya tidak sama dengan yang lain.

Harga Stiker Cutting

Harga stiker cutting berbeda antara satu daerah dengan yang lain. Umumnya tukang stiker menetapkan besaran harganya dengan patokan per centimeter. Cara menghitungnya sangat mudah, lebar dikalikan tinggi dikalikan harga per centimeter.

Tentu saja harga di Jakarta atau kota-kota besar akan lebih murah per centimeternya. Hal ini karena bahan sangat mydah didapatkan. Sementara di pulau lain harus mendatangkan bahan dari kota besar.

Harga Cutting Sticker Per Cm

Seperti disinggung pada kalimat singkat di atas, harga sticker cutting biasanya per centimeter. Karena persaingan yang sangat ketat, karena semakin mudahnya membeli mesin cutting sticker, maka harga juga saling bersaing.

bintan_wrapping_portrait

Bahkan ada yang berani mencantumkan harga per centimeternya hanya belasan rupiah. Ini biasanya terjadi di Jawa. Sementara di pulau lain masih lebih tinggi, bahkan ada yang sampai dikalikan Rp50 per centimeternya.

Penentuan harga per centimeter pasti didasarkan faktor ongkos produksi. Dan sebagai konsumen selayaknya mengetahui mengapa harganya berbeda di setiap daerah.

Harga Cutting Sticker Per Meter

Namun tidak ada yang salah ketika ada tukang stiker yang menerapkan harga cutting stickernya per meter. Karena memang sejatinya tidak ada aturan resmi harus menggunakan patokan per centimeter.

Yang penting pemilik usaha stiker harus bisa memberikan penjelasan yang masuk akal bagaimana memberikan harga untuk pesanan di bawah satu meter atau meteran.

Stiker Scotlite

Terdapat kerancuan pemahaman yang sudah mendarah daging di tengah masyarakat. Mereka menyebut scotlite untuk semua bahan sticker. Karenanya tukang sticker memiliki kewajiban untuk memberikan pemahaman.

Warga menyebut bahan vinyl dengan scotlite, lalu bahan reflektif juga dengan sebutan yang sama. Namun yang paling mendekati ialah bahan sticker vinyl untuk dekorasi dan kebutuhan lain. Sebutan scotlite pada umumnya merujuk pada bahan vinyl seperti Seichofix, Profix, Sunfix, Decofix, DCFix atau Oracal.

Jinka 1351

Mesin cutting sticker Jinka 1351 adalah versi yang lebih lebar dari Jinka 721. Jinka ini memiliki lebar area potong 120 centimeter. Cocok untuk tukang stiker yang menerima orderan stiker berukuran lebar maksimal 120 centimeter.

Bahan dengan lebar ini ada pada Oracal dan sejenisnya juga Sandblast. Dengan mesin cutting ini maka sandblast pintu masjid atau jendela kantor yang lebarnya 120 centimeter bisa dikerjakan dengan satu mesin.

Untuk ketangguhan dan kelebihan lain nyaris tak ada bedanya dengan Jinka 721. yang membedakannya hanya pada harganya yang tentu saja lebih mahal karena ukurannya lebih lebar.

Stiker Cutting Nama

Sticker cutting tidak hanya bisa digunakan untuk tulisan atau gambar yang sederhana, melainkan juga banyak dipakai untuk pembuatan nama. Nama di sini adalah papan nama atau merek. Contohnya ialah pembuatan papan nama usaha.

Ada yang ditempelkan di media yang sudah disiapkan seperti akrilik atau seng. Ada juga yang langsung ditempelkan di dinding tempat usaha.

Paket Sablon Polyflex

Bagi orang yang tidak ingin ribet saat mau membuka usaha sablon, bisa memilih paket sablon Polyflex. Artinya dengan membayar sejumlah uang, sudah mendapatkan mesin cutting sticker, komputer, heatpress dan bahan polyflex.

Harga paketnya bervariasi, karena ada juga yang tidak menyertakan komputer dalam paketnya. Karena komputer dianggap bisa dibeli di daerah konsumen.

Harga Stiker Polyflex

Harga stiker Polyflex per meter dengan ukuran lebar bahan 50 centimeter dan panjang 100 centimeter jenis PU dan PVC tak lebih dari Rp100 ribu. Ini adalah harga bahan meteran.

Stiker Sablon Kaos

Bicara stiker sablon kaos tentunya tak lepas dari ragam jenisnya. Karena di Indonesia ada ditemui sablon manual atau konvensional dan digitak sablon. Digital sablonnya juga ada beberapa macam.

Misalnya menggunakan bahan Polyflex, transfer paper, kertas sublin, dot to garment dan sebagainya. Setiap teknik memiliki harga bahan yang berbeda dan peralatan yang juga berbeda.

Stiker Decal Mobil

Stiker decal mobil adalah stiker yang menutupi hampir seluruh bodi kendaraan roda empat. Biasanya digunakan untuk membranding sebuah usaha. Atau untuk memberikan pengumuman kepada masyarakat tentang sebuah momen.

Stiker ini dibuat dengan teknik printing, yaitu bahan sticker vinyl warna putih dicetak dengan desain yang sudah dibuat di komputer. Daya tahan stiker jenis ini tergantung pada bahan yang digunakan, khususnya kualitas tinta.

Biaya Cutting Sticker

Biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen. Biaya ini didasarkan pada ongkos produksi yang bisa terdiri dari jasa desain jika yang dibuat bentuknya rumit. Katakanlah untuk logo atau tulisan berkarakter seni yang kuat.

Selanjutnya ada harga bahan, penggunaan listrik untuk daya komputer dan mesin cutting serta jasa ngopeki sticker yang sudah dipotong dalam bahan. Dan masih ada lagi biaya produksi yang dimasukkan yaitu harga masking tape.

sticker_siluet

Bahkan jika menginginkan stickernya dipasangkan, ada jasa pemasangan yang harganya juga bisa sangat variatif. Kalau lokasinya jauh dan berada di ketinggian tentunya akan lebih mahal ongkos jasa yang diminta.

Pemotong Stiker

Sebenarnya untuk memotong stiker bisa menggunakan beberapa peralatan. Dari yang sangat murah dan terbiasa digunakan hingga peralatan khusus yang harus dioperasikan oleh profesional.

Mulai dari pisau cutter yang banyak dijual di pasaran dengan merek beragam, lalu ada juga gunting. 

Selebihnya adalah mesin cutting sticker yang saat ini sudah semakin mudah ditemukan di berbagai pelosok Indonesia. Tergantung anggaran yang tersedia, ada mesin cutting sticker merek China dengan harga murah, buatan Korea dengan harga menengah atau besutan Jepang dan Amerika untuk kualitas premium.

Cutting Sticker Huruf

Pengertiannya ialah huruf yang dibentuk atau dibuat menggunakan bahan sticker. Sementara proses pemotongannya menggunakan cutter, gunting atau kalau zaman sekarang dengan mesin cutting sticker.

Salah satu pola yang paling banyak dicutting memang huruf. Karena huruf bisa dipakai untuk papan nama sebuah kantor atau instansi, papan nama toko, papan nama usaha lain, daftar menu di kaca gerobak untuk para penjual dan sebagainya.

Sticker Kisscut

Selain sticker cutting yang semakin sering ditanyakan, ada bagian di dalamnya yang juga mulai mendapatkan perhatian. Yaitu sticker kisscut. Bagaimana pembuatan stiker jenis ini?

Proses pemotongan sticker kiss cut dilakukan dengan tekanan pada mata pisau yang sangat akurat pengaturannya. Karena pisau pada mesin cutting ini dibatasi. Pisau potong yang digunakan hanya memotong kertas stiker pada lapisan vinyl saja. 

Teknik pemotongan ini tidak memotong hingga lapisan bahan belakang. Atau mungkin sekadar menempelkan ujung hidung pada kulit pipi ya, seperti kala manusia berciuman ya? Untuk menggambarkan betapa tipisnya goresan mata pisau mesin cutting untuk membuat sticker kisscut.

Warna Cutting Sticker

Memang, bahan sticker cutting oleh pabriknya dibuat solid. Artinya satu lembar dibuat dalam satu warna. Merah ya merah dari awal rol hingga ujung rol, kuning ya kuning semua dan seterusnya.

Namun bukan berarti cutting sticker tak bisa dibuat lebih dari satu warna. Untuk membuatnya maka dikenal dengan apa yang disebut sticker cutting tumpuk. Dengan teknik ini maka warna cutting sticker bisa lebih banyak.

Cutting Sticker Bismillah

Merupakan bentuk tulisan kaligrafi huruf arab Bismillaahirrahmaanirrahiim yang bisa dipasang di kaca rumah, toko bahkan kaca mobil. Ada ragam atau variasi hurufnya, karena untuk tulisan arab juga dikenal beberapa jenis hurufnya.

Ukurannya bisa menyesuaikan, apakah mau dipasang untuk kaca mobil atau kaca rumah dan sebagainya. Konsumen juga bisa memilih apakah akan menggunakan desain yang lengkap dengan kharokatnya atau gundulan.

Cutting Sticker Hino Dutro

Adalah sticker yang dipasang di kepala truk Hino Dutro yang memiliki banyak varian. Tujuannya biar tampilannya lebih keren dan menimbulkan semangat bagi drivernya untuk bekerja.

Diantaranya Hino Dutro 110 LD LPG, Hino Dutro 130 HD Mixer, Hino Dutro 130 HD X Power, Hino Dutro 110 LD LPG, Hino Dutro 130 HD Mixer.

Kemudian Hino Dutro 130 HD X Power, Hino Dutro 130 HD, Hino Dutro 130 MDL, Hino Dutro 130 MD, Hino Dutro 110 HD, Hino Dutro 110 SDL, Hino Dutro 110 SDLR dan Hino Dutro 110 SD.

Stiker Branding Mobil

Mobil juga bisa dijadikan sebagai sarana promosi. Dengan sifatnya yang mobile ke mana-mana mobil dianggap banyak pihak cukup efektif untuk memperkenalkan sebuah usaha dan mendapatkan keuntungan dari cara tersebut.

Caranya hanya merlu membungkus mobil yang akan dibranding dengan sticker decal yang desainnya sudah diseting oleh desainer grafisnya. Di sini diperlukan keahlian desain sehingga saat dicetak maka hasilnya pas ukurannya dengan bagian pada mobil.

Stiker Mobil Karimun

Bagi pemilik mobil Suzuki Karimun, tak sedikit yang menginginkan penampilan kendaraannya lebih menarik dengan sentuhan di bodinya. Setiap pemilik kendaraan roda empat ini memiliki cara berbeda untuk mengungkapkannya.

Ada yang hanya ingin dipasang logo komunitas pada sudut kaca belakangnya, pada sisi kanan kiri mobil dan bagian lainnya.

Cutting Sticker 3D

Merupakan cutting sticker yang penampakannya mirip tiga dimensi, bukan sekadar gambar seperti lukisan hitam dan putih. Untuk membuatnya diperlukan ketelitian dan kemauan yang sangat luar biasa.

Mau tak mau tukang stikernya harus menyusun satu per satu warna yang berbeda untuk membentuk gambar yang dikehendaki. Kesulitannya ialah, ini dari sticker, bahan sticker yang dipotong menggunakan mesin.

Berbeda dengan teknik melukis, yang menggunakan cat dan kuas. Keahlian seorang tukang sticker cutting juga bisa dilihat dari seberapa bagus ia mampu membuat stiker tiga dimensi, ***

0 Response to "Sticker Cutting, Mesin, Bahan, Jenis dan Harganya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel