Stiker Sablon Kaos, Pernahkah Terpikir?

stiker-sablon-kaos

Stiker sablon kaos bisa jadi sebuah terobosan yang menjanjikan. Maksudnya ialah stiker yang bisa diaplikasikan di kaos. Jika bicara jenis ini, maka salah satu hal yang bisa dilakukan ialah stiker yang dicetak di kertas transfer paper.

Kebanyakan, stiker yang dijual di pasaran ialah stiker cutting atau printing. Sementara stiker sablon kaos belum terpikirkan oleh para pelaku usaha sablon kaos. Pada prinsipnya sama, yakni menjual stiker yang siap digunakan per biji.

Kembali menyegarkan ingatan kita tentang stiker sablon berbahan transfer paper. Kalian hanya membutuhkan seperangkat komputer pastinya. Benda ini sebagai piranti untuk mendesain gambar yang akan dicetak pada transfer paper.

Berikutnya ialah kertas transfer paper. Di toko online banyak yang menjualnya dengan beragam merek dan harga. Berdasarkan hasil bincang-bincang dengan sejumlah pemain sablon kaos, salah satu merek transfer paper yang disarankan ialah buatan Neenah Paper, Amerika Serikat.

Untuk sablon kain kaos yang berwarna hitam dan warna lain, selain putih, transfer papernya ialah 3G Opaque. Ukurannya ada yang A4 atau A3, terserah yang mana kira-kira sesuai untuk keinginan kalian.

Sementara untuk sablon di kaos berwarna putih, gunakan transfer paper Transfer Paper Jet Pro Soft Stretch (JPSS). 

Selanjutnya kalian membutuhkan printer rumahan. Kalau modalnya pas-pasan bisa membeli yang digunakan untuk mencetak kertas ukuran A4. 

Kalau mau multifungsi, beli saja printer rumahan untuk ukuran kertas A3. Karena printer ini bisa dipakai untuk mencetak kertas transfer paper baik yang berukuran A4 atau A4. Tinggal mengatur pembatas kertas di bagian belakang penutup printer bagian belakang.

Modal lain yang harus kalian siapkan ialah mesin cutting sticker. Stiker sablon kaos yang sudah dicetak harus dipotong sesuai bentuk atau polanya. Kalau stiker bentuknya bulat, ya harus dipotong dengan teknik contour cut bulat, begitu seterusnya.

Pilihan yang disarankan ialah mesin cutting silhouette Cameo 3, 3 Pro atau 4 sekalian yang baru saja diluncurkan. Mesin cutting untuk media selebar A3 ini dilengkapi fasilitas contour cut menggunakan software bawaan mesin yakni Silhouette Studio.

Sellanjutnya kalian jual per biji atau per lembar. Jangan lupa beritahu konsumen jika itu satiker sablon kaos yang bisa ditempelkan hanya dengan memanaskannya.

Konsumen tentu tidak memiliki mesin heatpress, kecuali yang memang memilikinya justru itu lebih bagus. Kalau nggak ada sarankan menggunakan seterika yang panasnya dimaksimalkan.

Kalian bisa menggunakan logo atau merek-merek terkenal atau membuat desain sendiri yang unik agar memicu ketertarikan calon pembeli.

Dan jangan lupa, untuk penjualan stiker sablon kaos yang menggunakan transfer paper 3G Opaque (kaos warna hitam dan warna lain) dan JPSS (khusus kaos warna putih) ada perbedaannya.

Jika stiker dengan kertas transfer paper 3G Opaque kalian harus menyertakan juga kertas teflon atau kertas roti sebagai pelindung dari panas seterika. Mengapa demikian?

Karena 3G Opaque dicetak normal, bukan posisi terbalik atau mirror. Desain tinggal di letakkan di atas kaos, dilapisi kertas teflon yang tahan panas baru digosok menggunakan seterika. 

Berbeda dengan transfer paper JPSS untuk kaos warna putih, dicetaknya mirror. Saat menyeterikanya posisi stiker terbalik, gambarnya di bagian bawah. 

Langsung saja diseterika tanpa perlu kertas teflon. Setelah dingin barulah backing papernya dilepas. Kalau agak susah mengelupasnya bisa dibantu dengan dibasahi air.

Semoga artikel Stiker Sablon Kaos bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi. ***

0 Response to "Stiker Sablon Kaos, Pernahkah Terpikir?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel