Mengatasi Printer Epson L1800 Berkedip Gantian Tombol Kertas dan Tinta

Printer Epson L1800 masih menjadi primadona sebagian orang yang memiliki usaha percetakan rumahan. Termasuk di sini adalah usaha cutting sticker yang menerima jasa mencetak stiker printing.

Dengan ukuran A3, memiliki printer Epson L1800 adalah sebuah pilihan tepat. Banyak tutorial atau testimoni yang diunggah di YouTube bagaimana seseorang membesarkan usahanya berbekal printer ini.

Saya sudah 5 tahun lebih memiliki printer yang dilengkapi tinta infus bawaan pabrik ini. Selama itu pernah terjadi beberapa kali masalah. Diantaranya habis masa pakainya, namun bisa dikembalikan lagi setelah saya bawa ke tempat servis printer di Tanjungpinang.

printer-epson-l1800-kedip-tombol-kertas-dan-tinta

Lalau perkara printhead. Jika kerusakannya sudah pada sparepart ini, saran saya sebaiknya kalian yang memiliki printer Epson L1800 segera menggantinya. Sebab sayang jika masih banyak tangki tintanya yang masih terisi.

Nah, siang tadi saya mendapati printer tiba-tiba tak bereaksi. Saat ditekan tombol power, lampu indikator menyala seperti biasa. Namun tak lama kemudian lampu indikator pada tombol kertas dan tinta berkedip secara bergantian.

Akibatnya, saya tak bisa meneruskan pekerjaan mencetak stiker label pesanan konsumen.

Peringatan untuk Memeriksa Tinta

Seminggu sebelum kejadian ini, sebenarnya ada peringatan yang disampaikan oleh sistem printer ini. Dalam bahasa Inggris, yang kalau diterjemahkan kurang lebih artinya: mohon untuk senantiasa mengecek persediaan tinta, sebab jika kedapatan ada yang kosong dalam waktu lama akan merusak printer.

resetter-epson-l1800-uy765

Penting ya jika dilihat kalimatnya seperti itu. Sayangnya saya terlalu percaya diri jika enam tinta saya, yakni Cyan, Light Cyan, Magenta, Magenta Light, Yellow dan Black masih banyak.

Peringatan tersebut selalu keluar setiap kali saya hendak mencetak. Saya mengesampingkan kepintaran sistem dengan merasa ah saya manusia, lebih hebat.

Akibatnya saya mengalami hal yang sangat kurang menyenangkan. Beberapa konsumen akhirnya pindah ke tempat lain untuk mencetak stiker yang sebenarnya hanya tinggal cetak. Mereka sudah membuat desainnya sendiri.

Printer Epson L1800 Berkedip Gantian Tombol Kertas dan Tinta

Begitu terjadi masalah ini, insting saya langsung bereaksi. Saya mematikan tombol powernya sekian detik, setengah menit saya rasa, lalu menyalakannya lagi.

Dalam hati turut beriring doa agar tombol kertas dan tinta nggak lagi kedip bergantian. Dan... penyakitnya masih sama.

waste-ink-pad-counter-98765

Saya pun mencoba mengatasinya dengan memberikan perintah melalui status bar di pojok kanan bawah layar komputer. Namun printer tetap saja nggak mau diajak kompromi. Diam saja. Teronggok seperti benda bekas.

Lalu saya browsing, salah satu yang saya dapati ialah bagaimana malakukan reset secara manual. Untuk cara ini kalian bisa melakukan pencarian di internet, banyak sekali yang membahasnya lengkap dengan gambar tahapan-tahapannya.

Cara ini pada intinya hanya menekan tombol tinta dua kali. Yang pertama selama 5 detik, berikutnya 3 detik. Jika berhasil maka berikutnya printer akan melakukan reset secara otomatis.

Saya lakukan mengikuti perintah di sebuah artikel. Namun pada khirnya saya menyadari cara ini nggak berhasil.

Solusinya Mudah dan Gratis

Saya lalu iseng membuka kotak tinta infus. Yealah, ternyata tinta kuning saya benar-benar habis. Saya soroti bagian dalam tabung tinta dengan senter ponsel, benar-benar kering kerontang.

Nah buat kalian, jangan pernah melakukan apa yang saya lakukan. Merasa yakin jika tintanya masih banyak, padahal ada yang sudah habis sama sekali.

Saya kemudian menelepon toko tinta dan minta diantarkan ke toko menggunakan jasa ojek online. Saya menggunakan tinta jenis artpaper merek ISC yang harga per botolnya Rp120 ribu, ditambah ongkos ojol Rp17 ribu.

waste-ink-pad-counter-9hg43d

Saya isi tabung tinta Yellow-nya penuh. Hanya menyisakan sedikit di botol bawaan toko. 

Berikutnya saya browsing dan dari sejumlah artikel banyak yang membahas bagaimana melakukan reset printer Epson L1800 menggunakan software.

Namanya Resetter Epson L1800. Silakan kalian unduh dari website mana saja. Software ini sangat simpel penggunannya juga menginstalnya. 

Setelah diunduh, ekstrak filenya, lalu pada file applicationnya, dobe klik atau klik kanan pilih run as administrator maka progam akan terbuka secara otomatis.

Saya pilih Particular Adjusment Mode, lalu memilih waste ink pad counter. Berikutnya klik ok. Pada halaman selanjutnya klik saja kotak pertama lalu klik cek, berikutnya pada kotak pilihan kedua centang dan kembali klik cek.

Begitu proses selesai tiba-tiba terdengar printer saya menggeram, menggeliat dan mulailah proses reset seperti yang saya kehendaki.

Alhamdulillah, peralatan saya pulih seperti semula. Semoga artikel printer Epson L1800 ini bisa membantu. ***

0 Response to "Mengatasi Printer Epson L1800 Berkedip Gantian Tombol Kertas dan Tinta"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel