Tempat Pesan Menu Jualan Kekinian untuk Kedai Makan

Menu jualan kekinian menjadi benda yang seharusnya ada di setiap meja restoran, kedai makan atau kedai kopi milik kalian. Atau kalau masih milik orang tua karena kalian sekadar membantu, benda tersebut masih tetap penting.

Bukan zamannya lagi setiap pengunjung tempat makan harus menanyakan terlebih dahulu menu apa saja yang bisa dipesan. Apalagi pas ramai, kayaknya nggak nyaman banget. Solusinya sederhana, menu jualan.

Bahkan untuk warung kecil yang menyediakan sarapan. Menurut saya masih memerlukan menu sarapan pagi untuk jualan. Kalau pembelinya masih satu dua sih nggak akan terganggu penjualnya. Bisa melayani pertanyaan setiap calon pembelinya.

menu-jualan-kekinian

"Bu, lontong sayurnya satu ya?" teriak calon pembeli yang baru turun dari motornya.

"Sayurnya campur semua?" tanya si penjual.

"Memang sayurnya ada berapa macam, Bu?"

"Banyak Neng, lihat sendiri deh di sini," pinta Ibu penjual karena juga sedang melayani.

Si Mba cantik yang baru sekali membeli sarapan di sini karena baru diterima kuliah dan kebetulan kos dekat situ akhirnya mendekat. Dari balik kaca ia hanya melihat beberapa tempat yang rata-rata tertutup air kaldu. Jenis sayurannya nggak terlihat.

"Ini sayu apaan, Bu?" ia bertanya lagi.

"Nangka."

"Yang ini?"

"Kubis."

"Ini?"

"Oh... ini sayur apaan yah?" lah si Ibu malah lupa.

Penggalan tanya jawab di atas adalah salah satu kondisi yang bisa saja terjadi jika di sebuah tempat makan tak menyediakan menu jualan makanan. Calon pembeli yang tidak semuanya pelanggan lama akan kebingungan menentukan makanan apa yang akan dibelinya.

Kegunaan Menu Jualan Kekinian

Meski hanya selembar kertas, namun apa yang tercantum di atasnya adalah sesuatu yang sangat penting. Jika ada pepatah satu foto sejuta cerita, maka bisa saja satu lembar menu jualan bermakna semua jenis makanan yang disediakan.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan menu kekinian untuk jualan yang bisa kalian pertimbangkan:

1. Meyakinkan Pembeli

Contohnya menu sarapan pagi untuk jualan tadi, dengan menempelkannya pada kaca gerobak, maka calon pembeli memiliki informasi tentang apa yang akan dibelinya. Apalagi jika dilengkapi dengan daftar harganya sekalian, maka siapa saja yang akan membeli merasa lebih nyaman.

2. Tak Perlu Repot Uang Kembalian

Ini agaknya sepele, namun menurut saya adalah hal yang nggak kalah penting. Bila ada menu jualan makanan di restoran atau kedai makan, satu dua atau sekian pembeli kalian menyiapkan uang pas.

Biasanya orang cenderung malas membawa uang recehan yang kecil kecil. Jadi jika harga sebungkus makanan di tempat kalian Rp13 ribu, kan lumayan jika para pembeli menyerahkan uang yang pas.

Kalau nggak ada pengumumannya (hahaha kayak masuk perguruan tinggi negeri saja), calon pembeli baru yang sebenarnya punya duit Rp13 ribu khawatir jangan-jangan harganya lebih dari itu dan menyerahkan selembar Rp20 ribuan kertas. Kalian masih harus mengemmbalikan lagi Rp7 ribu, bukan?

3. Menjaga Rasa Keadilan

Hadirnya menu jualan akan memberikan rasa keadilan karena semua pembeli dibanderol harga yang sama. Jangan hanya karena yang beli bawa jet pribadi harganya dinaikkan berpuluh kali lipat, sementara warga biasa harga normal.

Viral beberapa kali di Indonesia ada warganet yang kemudian mengunggah tagihan makanan di sebuah warung kakilima. Jika sudah seperti itu, tentu reputasi kalian akan dipertaruhkan.

4. Menunjukkan Pilihan Makanan

Tidak semua tempat makan bisa menampilkan seluruh koleksi makanannya secara langsung. Walaupun bisa menggunakan running text, tetapi kurang efektif. Orang menunggu apakah menu kesukaannya ada dalam running text tadi?

Jika menggunakan menu jualan yang dicetak, semua calon pembeli bisa lebih cepat mendapatkan informasi. Apa saja minuman yang ada, makanan yang tersedia, harga yang harus dibayarkan. Supaya lebih menarik hendaknya dilengkapi dengan foto produknya satu persatu. 

Cara Membuat Menu Jualan Kekinian

Sekarang kalian sudah mengetahui pentingnya apa yang sedang kita bicarakan saat ini. Jika ada keinginan untuk membuatnya, bisa melakukannya sendiri. Apalagi zaman sekarang cukup banyak tools yang bisa diunduh dari PlayStore sebagai software grafis.

Atau kalau salah satu anggota keluarga sekolah di SMK jurusan desain grafis, mintalah tolong kepadanya. Kalau hanya membuat hal semacam ini saya percaya anak tadi cukup jago. Masalahnya ia bersedia atau nggak, itu saja.

Namun jika kalian merasa kesulitan, nggak usah khawatir. Apalagi jika tempat usahanya ada di Pulau Bintan, baik di Kabupaten Bintan atau Kota Tanjungpinang. Sebab ada Bintan Wrapping Sticker Variasi yang memang ahlinya membuat menu jualan kekinian.

Lokasinya ada di samping Kafe Ala Bunda, deretan ruko Kafe Bola dan Pegadaian. Kalian bisa datang setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 18.00 WIB. Yang perlu dipersiapkan ialah coretan apa saja makanan dan minuman yang ada di kedai kalian sekalian harganya.

Meski sekilas buatan Bintan Wrapping Sticker Variasi sama dengan tempat lain, ada yang membedakannya. Di sini tinta yang digunakan ialah artpaper sehingga tahan air. Bahkan jika kertas menu jualan yang kalian pesan kehujanan, tintanya akan aman-aman saja. Tinggal keringkan saja kertasnya, maka desain pun utuh. Nggak seperti bedak si cantik yang luntur kena hujan hehe.

Semoga artikel Tempat Pesan Menu Jualan Kekinian untuk Kedai Makan ini membantu. ***

0 Response to "Tempat Pesan Menu Jualan Kekinian untuk Kedai Makan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel