Daftar Pabrik Penerima Sabut Kelapa di Indonesia

Pabrik penerima sabut kelapa adalah perusahaan yang menerima pembelian dari masyarakat atau pengumpul. Meski tanaman ini cukup banyak di Indonesia, namun tidak demikian dengan pabriknya.

Sabut kelapa memiliki banyak manfaat. Yang paling sering digunakan ialah sabut kelapa untuk tanaman.

Zaman dahulu, banyak warga perkampungan yang menanam bebungaan dengan akar dibungkus sabut kelapa. Cara ini sangat praktis karena tanaman tidak harus setiap hari disiram.

pabrik-penerima-sabut-kelapa
Pabrik penerima sabut kelapa bisa Anda cari di internet. Foto - suarasiber.com

Ekspor sabut kelapa juga bukan sesuatu yang baru. Beberapa waktu lalu 

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian melakukan sertifikasi terhadap 100 ton serabut kelapa produksi asal Jawa Barat tujuan Cina. 

Total nilai ekspor serabut kelapa yang berasal dari petani Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran ini mencapai Rp396 juta. 

Jika Anda terpikir untuk menjadi pengepul sabut kelapa, bisa jadi akan mendatangkan cuan yang lumayan. Apalagi jika di sekitar tempat tinggal Anda adalah lingkungan yang memiliki banyak pohon kelapa.

Namun apakah barang tersebut hanya dikumpulkan? Pasti tujuannya untuk dijual kembali, bukan? Pertanyaannya, perusahaan mana saja yang menerimanya.

Cari Pabrik Penerima Sabut Kelapa dan Bekerja Sama

Sudah disinggung di atas, pabrik penerima sabut kelapa di Indonesian tidak sebanyak pabrik sepatu atau tas. Butuh trik khusus agar niat Anda menjadi pengepul sabut kelapa bisa sukses.

1. Menggunakan Informasi Internet

Zaman sudah canggih, informasi bertebaran di internet. Maka jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan fasilitas pencarian di internet. Butuh kesabaran agar menemukan apa yang dicari.

Jika kata kunci yang Anda gunakan terlalu panjang, buat lebih pendek. Misalnya pertama digunakan pabrik penerima sabut kelapa Jawa Barat, mungkin pencarian berikutnya wilayahnya dihilangkan.

Hal ini untuk mendapatkan informasi detil. Belum tentu juga di wilayah yang Anda ketikkan ada pabrik sabut kelapanya.

2. Menggunakan Informasi Luring

Yaitu dengan cara bertanya teman, sudara atau kerabat. Sejumlah nama perusahaan bidang ini yang sudah terkenal adalah sebagai berikut:

  • CV Delpa Intra, Jalan Mawar Lorong Tanjung RT 01 RW 01 nomor 16, Kecamatan Ilir Timur I, Kelurahan 20 Ilir D IV Talang Ratu, Palembang, Sumatera Selatan.
  • PT Cakrawala Media Compatindo, Jalan Raya Setu Cibitung - Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia -17320.
  • PT Agro Cocohope Indonesia, Jalan Sungai Liku Atas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia.
  • PT Agronusa Berkah Jaya, Head Office Jalan Pintu Air IV, Kolam Jaka Ujung Nomor 3 Kwala Bekala, Medan Johor Medan - Sumatera Utara, 20142.
  • PT Albusten Jaya Abadi, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 10 RT 01 RW 10 Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau - 28554.

PT Agro Lestari Jaya, Arteri Sidoarjo, Suncity Biz Sidoarjo Blok B-9 Sidoarjo, Jawa Timur.

3. Datang untuk Informasi Lebih Detail

Jika sudah menemukan alamat pabrik penerima sabut kelapa, selanjutnya Anda bisa datang langsung ke alamatnya. Tujuannya untuk memastikan pabrik tersebut benar-benar bisa diajak bekerja sama.

Semua informasi yang Anda butuhkan harus mendapatkan jawabannya. Karena ini urusan bisnis, Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Apalagi kalau sudah membahas masalah uang.

Salah satu hal yang harus ditanyakan ialah bagaimana soal kualitas atau kondisi sabut kelapa yang bisa dijual ke pabrik tersebut.

Secara haris besar, hal-hal berikut ini harus ada pada sabut kelapa:

  • Kadar air maksimal 15 persen
  • Debu maksimal 3 persen
  • Bonggol maksimal 3 persen
  • Ukuran Bale 45 x 75 x 110
  • Berat minimal 110 kilogram
  • Kapasitas 320 Ton / Bulan
  • Menggnakan Container 40 Hc Minimum 18 - 19,5 Ton

4. Pelayanan Pabrik

Sejak awal, Anda seyogyanya bisa menilai dari beberapa pabrik yang didatangi kira-kira yang mana akan ditindaklanjuti. Setiap pabrik pasti memiliki SOP yang berbeda.

Bisa jadi di pabrik A Anda hanya menemukan informasi sepenggal atau sepotong. Di pabrik B penjelasannya kurang memuaskan meski panjang lebar namun banyak keluar topik utama.

Sebab jika Anda bekerja sama, pasti menginginkan jangka panjang. Bukan hanya untuk sebulan dua bulan.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang tengah mencari pabrik penerima sabut kelapa, semoga informasi ini memberikan manfaat. ***

0 Response to "Daftar Pabrik Penerima Sabut Kelapa di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel