Pemotong Stiker dan Plotter, Apakah Sama

pemotong-stiker
Vevor, salah satu merek mesin pemotong stiker buatan Amerika yang dioperasikan dengan software Sign Master. Foto - aliexpress

Pemotong stiker adalah alat yang digunakan untuk memotong bahan stiker. Sementara plotter adalah mesin cetak grafis yang memberikan output atau hasil cetakan berukuran besar.

Muncul sebutan di sebagian masyarakat plotter adalah pemotong stiker. Istilah ini tak sepenuhnya salah, namun juga bisa diperjelas lagi karena pemotong stiker atau mesin cutting stiker bukan satu-satunya mesin plotter.

Jenis-jenis Plotter

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa mesin yang dapat dikelompokkan sebagai pemotong stiker. Mesin-mesin tersebut adalah sebagai berikut:

1. Plotter Thermal

Plotter jenis ini menggunakan teknologi pin yang dipanasi secara elektronis. Lalu pin dilewatkan pada jenis bahan yang peka terhadap panas yang mampu atau memunculkan bentuk gambar. Mesin thermal dapat digunakan untuk mencetak kertas dan film.

2. Plotter Elektrostatis

Cara kerja Plotter Elektrostatis ialah dengan menciptakan muatan listrik pada kertas, lalu muatan itu menarik tinta pada kertas untuk proses cetak. Kelemahannya ialah gambar yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih rendah, harganya juga ekonomis.

3. Plotter Pena

Plotter pena bekerja dengan satu pena atau beberapa pena dengan warna yang berbeda. Warna-warna itu kemudian dituangkan ke permukaan media.

Pada mesin plotter yang inii, pena tidak menghasilkan input berupa titik-titik, melainkan garis yang berkesinambungan.

4. Plotter Cutting

Plotter cutting ini menggunakan pisau atau jarum khusus untuk memotong suatu bahan dengan mengikuti pola. Pola dapat berupa tanda, logo, atau desain lainnya yang diperlukan. 

Pola ini dibuat dengan komputer, lalu dimasukkan ke mesin dan kemudian pisau berjalan sesuai perintah atau pola yang dikirim ini.

Inilah yang lebih akrab di telinga kita dengan sebutan mesin cutting stiker. 

5. Printer Large Format

Printer Large Format ini biasanya dijadikan salah satu perelatan pada bisnis digital printing. Ada mesin yang khusus mencetak bahan indoor dan ada juga yang khusus outdoor.

Dengan kemajuan dan pemikiran manusia, sekarang sudah ada mesin digital printing yang bisa difungsikan sebagai pencetak indoorr dan outdoor sekaligus.

Demikianlah penjelasan singkat tentang artikel Pemotong Stiker dan Plotter, Apakah Sama. ***

0 Response to "Pemotong Stiker dan Plotter, Apakah Sama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel