Lebih Jauh tentang Sticker Polyflex

sticker-polyflex-10-6-21

Lebih Jauh tentang Sticker Polyflex, seperti judulnya artikel ini akan membahas tentang sablon digital yang belakangan sedang naik daun. Berbeda dengan sablon manual atau konvensional yang harus menggunakan tahapan yang lama dan ribet.

Sticker polyflex adalah bahan stiker khusus untuk kepentingan sablon yang bentuknya lembaran. Jika beli meteran ukurannya 50 cm kali 100 cm. 

Sementara untuk memangkas ongkos produksi biasanya tukang stiker membelinya dalam bentuk rol atau gulungan.

Ada dua lapisan pada selembar sticker polyflex, yakni lapisan karetnya dan di bawahnya adalah backing plastic sebagai alasnya. Namun alas ini sangat berguna untuk tahap menempelkan sablon ke permukaan kain dengan heatpress atau mesin pemanas.

Untuk membuat sticker cukup mudah, desainnya dibuat di komputer lalu dipotong mirror atau terbalik dengan mesin cutting sticker. Selanjutnya buang bagian yang tak terpakai. Lalu letakkan di atas permukaan kaos atau baju yang sudah ditata di atas penampang mesin heatpress.

Letakkan backing plasticnya di atas sehingga tulisan sekarang terlihat normal, bukan mirror karena saat hendak dipress harus dibalik. Tekan penutup heatpress sesuai waktu yang ditentukan berdasarkan jenis kain yang disablon. Sablon sticker polyflex pun siap digunakan.

Jenis Bahan Sticker Polyflex

Sticker Polyflex bukan hanya satu jenis, melainkan bisa dipilih sesuai keperluan. Pada dasarnya hanya dibagi dua jenis yaitu:

Sticker Polyflex Printable

Merupakan bahan polyflex yang dicetak menggunakan tinta khusus yaitu eco solvent. Jangan gunakan tinta printer biasa untuk mencetak desain atau gambar di kertas sablon jenis ini. Sebagus apapun jenis tintanya, kalau bukan eco solvent dipastikan tidak akan bekerja secara sempurna.

Bahan sticker polyflex printable pada umumnya berwarna putih. Seperti pada kertas, warna-warna yang akan muncul di atas permukaannya merupakan hasil dari tinta. Sama seperti mencetak kertas dengan gambar full warna, maka polyflex printable juga bisa diperlakukan serupa. Tak ubahnya mencetak poster atau desain lainnya, warna apa saja bisa dicetak di bahan ini.

Sticker Polyflex Unprintable

Bahan stiker untuk sablon jenis ini berkebalikan dengan yang printable. Warnanya mengikuti warna bahan. Kalau mau menggunakan tulisan dengan warna merah, maka gunakan saja bahan merah. Kalau mau menggunakan bahan hitam, ambil dan potonglah bahan warna hitam. 

Prinsipnya hampir sama dengan membuat sticker cutting.

Jenis Polyflex ini sangat beragam, diantaranya yang paling populer ialah:

  • Polyflex PVC
  • Polyflex PU
  • Polyflex Metalic
  • Polyflex Glitter 
  • Polyflex Carbon
  • Polyflex Reflective
  • Polyflex Glow In The Dark

Sticker Polyflex ini saat kehadirannya digunakan untuk membuat sablon jersey. Mungkin Anda tidak heran saat itu sebuah tim sepakbola atau komunitas bisa membuat seragam. Bahkan ada yang sebuah kelompok beranggotakan 5 orang bisa memesan sablon kaos.

Padahal seperti diketahui, dengan sablon konvensional atau cara lama, biasanya dikenakan minimal order. Biasanya selusin atau 12 biji, itu pun dengan harga yang lebih mahal dan pengerjaannya yang tak secepat sablon digital.

Di Indonesia sticker Polyflex banyak mereknya. Yang buatan dalam negeri sepertinya belum ada. Selain produk Tiongkok atau China, Korea dan Amerika serta Perancis juga turut meramaikan pasar bahan sticker polyflex ini. ***

0 Response to "Lebih Jauh tentang Sticker Polyflex"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel