Biaya Cutting Sticker yang Wajib Konsumen Ketahui

biaya-cutting-sticker

Biaya cutting sticker kerap menjadi penyebab seorang calon konsumen membatalkan order. Sudah umum, ketika seseorang merasa harga yang dibebankan kepadanya mahal tanpa tahu alasannya, ia akan pergi.

Padahal untuk menentukan biaya cutting sticker tidaklah seperto yang dibayangkan banyak orang awam. Ketika melihat bahwa sticker dibuat dengan mesin, maka yang ada dalam benak mereka adalah betapa mesin sudah menggantikan peran manusia.

Padahal sejatinya nggak seperti itu. Untuk sticker cutting satu warna, tentu harganya nggak semahal ketika memesan dua warna. Jika tiga warna atau lebih tentu akan lebih mahal juga.

Di artikel ini juga dilengkapi dengan video yang semoga bisa menjelaskan mengapa biaya cutting sticker cenderung lebih tinggi dibandingkan sticker jenis lainnya, seperti printing.

Dasar Perhitungan Biaya Cutting Sticker

Biaya cutting sticker akan dihitung berdasarkan kegiatan atau langkah yang harus dilakukan saat menyusun sticker pesanan. Di antara hal yang turut menentukan besar kecil biayanya sebagai berikut:

1. Harga Bahan Sticker

Bahan sticker bahkan kadang menjadi pertimbangan tersendiri untuk menentukan harga jual sticker cutting. Ini terjadi di daerah yang posisinya sangat jauh dengan pusat atau toko yang menjual bahan sticker.

Ini juga kerap menjadi sedikit perdebatan antara konsumen dan pemilik usaha cutting sticker. Mengapa mereka bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketika membeli sticker cutting di Jakarta daripada membelinya di Tanjungpinang, Ternate atau daerah lain.

Jawabannya, di Jakarta banyak toko bahan sticker. Bisa dengan mudah mendapatkannya, nggak perlu pakai kurir yang datangnya kadang terlambat. Entah karena cuaca ekstrem atau sebagainya sehingga proses ekspedisi terhambat,

2. Jasa Desain

Kalau konsumen hanya membuat sticker cutting tulisan, jasa desainnya dikesampingkan. Tetapi kalau diminta membuatkan logo, revisi berkali-kali, wajar jika ada ongkos desain dimasukkan dalam biaya cutting sticker.

3. Sumber Daya

Dimaksud di sini ialah penggunaan listrik untuk menyalakan komputer dan mesin cutting sticker. Bahkan untuk mesin cutting sticker ada suku cadang yang sangat penting, namanya pisau mesin cutting.

4. Pisau Mesin Cutting

Pisau mesin cutting inilah yang bergerak memotong bahan sticker sesuai desain yang diperintahkan komputer. Semakin rumit desain yang harus dipotong, akan semakin lama prosesnya berlangsung.

Ini juga wajib diketahui konsumen. Jangan samakan lama menunggu proses cutting untuk sticker menu jualan untuk gerobak dengan saat memotong kaligrafi yang rumit.

5. Biaya Ngopeki

Nah, ini biasanya lebih banyak dikenakan biayanya ketika membuat sticker cutting yang ukurannya kecil-kecil. Misalnya untuk logo tempat usaha. Karena ngopeki ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian.

Maka dari itu, ada baiknya konsumen melihat proses yang ini biar memahami tidak semudah itu melepaskan bagian bahan sticker yang tak terpakai untuk membuat sticker cutting.

6. Biaya Menyusun atau Numpuk

Khusus cutting sticker banyak warna, mau nggak mau harus menumpuknya secara manual. Kalau desainnya njlimet, maka proses penyusunannya juga lumayan lama.

7. Biaya Masking Tape

Ketika sticker cutting sudah selesai, ia membutuhkan lapisan pembantu yang disebut masking tape. Ini bukan plastik biasa yang bisa dibeli di toko alat tulis kantor.

Masking tape memang diproduksi oleh pabrikannya sebagai perlengkapan di toko cutting sticker. Dan ini pasti masuk ke dalam biaya cutting sticker.

8. Biaya Pemasangan

Pernahkah konsumen memikirkan jika harus memanggil tukang stiker agar memasang di rumahnya? Sementara lamanya proses pemasangan bisa sehari mungkin.

Di sini ada tukang sticker yang mempertimbangkan penghasilan tokonya sehari. Artinya ia akan memasukkannya ke dalam harga pemasangan ke rumah konsumen.

Kalau tempat usaha sticker cuttingnya besar, banyak karyawan mungkin hal itu bisa dikesampingkan. Namun jika hanya ada satu orang, dia pemilik sekaligus tukang cutting dan pasang, maka wajar bisa penghasilan kiosnya diperhitungkan kala menerima pemasangan panggilan.

Semoga artikel Biaya Cutting Sticker yang Wajib Konsumen Ketahui ini membantu memberikan pemahaman kepada para konsumen. Salam hangat selalu. ***



0 Response to "Biaya Cutting Sticker yang Wajib Konsumen Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel