Stiker Kiss Cut, Pengertian, Contoh dan Cara Pasang

stiker-kiss-cut-sample
Contoh stiker kiss cut. Foto - hiprintings.com

Stiker kiss cut, pernahkah Anda mendengar istilahnya? Mungkin belum atau malah tidak sama sekali. Padahal, bisa saja Anda sering melihatnya atau bahkan membelinya dan memasangnya.

Untuk membahas stiker kiss cut, bagaimana kalau kita mundur ke usia kanak-kanak. Tetapi kayaknya kalau anak-anak seusia saya dahulu belum ada stiker jenis ini. Dengan demikian sudah saya pastikan saat ini saya sudah tua hehehe.

Kalau begitu kita buat aja era anak-anak kecil zaman sekarang. Ketika datang ke toko mainan, mereka meminta selembar stiker yang isinya banyak. Maksudnya dalam satu lembar ada banyak gambar stiker.

Pengertian Stiker Kiss Cut

Setiap stiker pasti memiliki garis tepi bukan? Lihatlah, apakah di setiap garis tepi setiap desain terlihat ada potongannya? Untuk mengeceknya silakan Anda ambil salah satu stiker yang menempel di selembar kertas tadi.

Tetapi sebelumnya Anda bayar deh stikernya. Kalau sudah mengambil dan melepasnya dan nanti nggak jadi membeli pasti penjualnya teriak-teriak. Benar?

Jika stikernya terangkat tetapi kertas di bagian bawahnya yang tadi jadi tempatnya ditempelkan nggak ikut terpotong, itulah stiker kiss cut.

Artinya, stiker ini hanya menggunakan teknik potong yang sudah diatur sedemikian rupa. Mesin cutting stikernya diatur pada pisaunya agar saat memotong hanya lapisan stikernya saja yang terpotong.

Sementara backing paper di bawahnya tidak ikut terpotong. Hal ini berbeda dengan stiker die cut, di mana kertas bagian bawahnya ikut terpotong.

Biasanya, stiker die cut dijual satuan atau bijian per desain. Sementara stiker kiss cut dijual seri atau lembaran. Satu lembar dapat banyak stiker.

Kegunaannya pun sama seperti die cut, yaitu sebagai dekorasi, label produk, label identitas, kerajinan tangan, hingga dekorasi scrapbook.

Stiker jenis ini sering kita jumpai dengan bermacam desain, mulai dari karakter lucu untuk anak-anak, hingga logo suatu perusahaan untuk media promosi.

Stiker kiss cut atau disebut half cut stiker merupakan jenis lain dari die cut. Pemotongan kiss cut ini juga tidak hanya meninggalkan kertas belakang dengan satu bentuk tetapi banyak variasi bentuk seperti persegi panjang,bulat atau persegi untuk memberi keunikan pada stiker kiss cut.

Cara Memasang Stiker Kiss Cut

stiker-kiss-cut-samples
Contoh lain kiss cut sticker. Foto - ksusentinel.com

Untuk cara memasang stiker ini sebenarnya sangat mudah, secara garis besar langkahnya sebagai berikut:

  • Ambil stiker kiss cut yang sudah Anda beli di toko stiker. Kalau di toko dekat rumah Anda ada, boleh juga membelinya di sana.
  • Lepaskan stikernya yang menurut Anda menarik atau pas untuk dipasang di sebuah benda. Kita ambil saja di casing belakang ponsel.
  • Bersihkan permukaan casing dengan lap yang bersih. Kalau merasa ada bekas minyak karena Anda barusan makan gorengan tidak mencuci tangan langsung pegang ponsel, maka bersihkan dulu sisa minyak tadi.
  • Setelah benar-benar kering, maka lekatkan stiker kiss cut yang sebelumnya sudah dilepaskan dari tempatnya.
  • Nggak perlu pakai penggaris, kira-kira saja agar posisinya di tengah-tengah casing. Kalau kurang yakin di tengah atau nggak, tanya saja kepada saudara atau siapa yang ada di rumah. Nggak usah nanya tetangga, terlalu merepotkan orang lain hehe.
  • Satu dua tiga hap... maka stiker kiss cut pun sudah menempel bagus di casing ponsel.

Semoga artikel Stiker Kiss Cut, Pengertian dan Cara Pasang membantu menambah wawasan sobat semua. Salam lekat. ***

0 Response to "Stiker Kiss Cut, Pengertian, Contoh dan Cara Pasang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel