Jenis-jenis Digital Sablon dan Mesinnya

sablon-digital-dan-alatnya
Sablon digital banyak dicari karena prosesnya lebih sederhana dan cepat. Foto - tangkapan layar youtube/Valloy INC

Digital sablon adalah proses sablon yang terutama dilakukan oleh komputer dan printer, di mana fungsinya kurang lebih hanya operator dari dua perangkat dan beberapa fungsi lainnya.

Dengan pengertian seperti di atas, maka jelas bahwa kehadiran digital sablon mulai meninggalkan sablon konvensional. Hal ini karena prosesnya lebih cepat, jumlah pesanan tak harus banyak dan menghemat ongkos produksi.

Digital sablon atau sablon digital membutuhkan peralatan khusus yang kini semakin mudah untuk mendapatkannya. Harganya juga cukup variatif, karena ada mesin yang diimpor dan ada yang buatan lokal.

Mesin Sablon Kaos Digital

Artikel kita kali ini membahas mesin sablon digital yang bisa kalian gunakan untuk membuka usaha ini. Sablon zaman sekarang bahkan bisa dilakukan sebagai usaha rumahan.

Berikut ini daftar mesin sablon digital:

Mesin Sablon DTG

Sablon DTG atau Direct to Garment merupakan salah satu bentuk dari berkembangnya teknik sablon, yang mana dalam pengerjaannya sudah menggunakan mesin dan tidak 100% menggunakan tenaga dan keterampilan manusia karena dalam pengoperasiannya yang cukup mudah.

Sablon jenis ini hanya membutuhkan printer khusus yang juga disebut printer DTG. Printer ini sebenarnya ada dan memang dibuat oleh pabrikannya dengan fungsi awal membuat sablon kaos.

Namun belakangan ada mesin printer DTG yang merupakan oprekan dari mesin printer rumahan. Yang harus diperhatikan, tidak semua pronter rumahan bisa dioprek karena untuk mencetak kaos, printernya harus memiliki head yang bandel.

Peralatan lainnya ialah komputer untuk medesain gambar sablonnya dan mesin heatpress.

Sablon DTF

Sablon DTF adalah teknik sablon untuk kaos yang menggunakan tinta khusus untuk proses transfer desain (gambar) menggunakan kertas film. Dalam industri sablon kaos, DTF juga dikenal dengan istilah sablon tepung karena proses transfer gambar tadi menggunakan bantuan tepung atau bubuk lem sablon.

Peralatan lain yang dibutuhkan untuk membuka usaha sablon DTF ialah komputer untuk mendesain, mesin heatpress dan hotgun.

Perbedaan Sablon DTG dan DTF

  • Perbedaa antara keduanya bisa dilihat dari beberapa hal sebagai berikut:
  • Mesin atau printer yang digunakan memiliki fungsi yang berbeda meski pada akhirnya menghasilkan sablon digital. 
  • Metode yang digunakan juga berbeda. Pada sablon DTG kaosnya langsung dicetak dalam printer, sementara pada DTF yang dicetak adalah kertas khusus, lalu ditaburi powder khusus baru diheatpress.
  • Sablon DTF hanya bisa mencetak dengan warna solid, bentuk filenya PNG dan dimirror dahulu. Sedangkan sablon DTG bisa menggunakan desain warna solid, tiga dimensi, gradasi dan lain sebagainya. Desain tak dimirror.
  • Kualitas sablon digital dengan transfer film DTF lebih elastis tidak mudah retak, meski ditarik-tarik, teksture sablon halus saat diraba dan warna tinta tidak mudah luntur. Sedangkan sablon DTG kelemahannya hanya pada ujicoba ketahanan, saat ditarik-tarik terlihat seperti retak. Namun ini bisa diatasi dengan kaos yang pori-porinya lebih kecil.
  • Sablon kaos transfer film DTF menggunakan tinta khusus yaitu basic water base sehingga ramah terhadap head. Sedangkan print kaos DTG menggunakan tinta textile germany basic water base yang mudah kering.

Sablon Sublim

Teknik sablon kaos sublim ini adalah teknik pencetakan desain ke kaos dengan memanfaatkan printer tinta sublim, kertas sublim, dan mesin press. Ketiga alat tersebut adalah alat yang dibutuhkan untuk melakukan sablon jenis ini.

Sablon Digital Polyflex

Adalah sablon digital yang menggunakan bahan berupa lembaran seperti kertas yang dibuat dari material khusus sehingga bisa menempel kuat pada permukaan kain.

Jika pada jenis sablon digital lainnya mesinnya tak jauh dari printer dan heatpress, maka untuk sablon digital polyflex memerlukan kehadiran mesin cutting sticker.

Mesin inilah yang akan digunakan untuk memotong bentuk tulisan sebelum dipress pada kaos.

Sablon Digital Transfer Paper

Merupakan sablon digital yang memerlukan peralatan komputer sebagai perangkat untuk membuat desain yang akan dicetak. Berikutnya printer rumahan dengan tinta artpaper atau pigment.

Tinta ini memiliki kualitas yang bagus dan cepat kering. Berikutnya mesin cutting sticker untuk memotong pola outlinenya atau istilahnya contour cut.

Tetapi mesin cutting stiker ini tidak mutlak, karena bisa kalian ganti dengan pisau cutter atau bahkan gunting tangan. 

Berikutnya ialah mesin heatpress untuk mengepres desain yang sudah siap. Oh, ya, desain tadi akan dicetak di atas kertas transfer paper, baru diheatpress.

Mesin Print Jersey

Jersey atau seragam olahraga menjadi peluang yang masih menjanjikan bagi kalian yang ingin membuka jasa sablon digital.

Perangkat pertama yang wajib ada adalah komputer sebagai media mendesain, kemudian printer, lalu tinta sublim.

Selanjutnya mesin heatpress. Kalian juga membutuhkan kertas sublim sebagai media transfer desain dari komputer ke atas permukaan kain.

Semoga artikel Jenis-jenis Digital Sablon dan Mesinnya ini bermanfaat bagi kalian semua. ***

0 Response to "Jenis-jenis Digital Sablon dan Mesinnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel