4 Mesin Sablon Kaos Digital Paling Banyak Diminati

mesin-sablon-kaos-digital

4 Mesin Sablon Kaos Digital Paling Banyak Diminati - Membuat gambar atau tulisan serta desain lain di kaos zaman sekarang bukanlah pekerjaan yang membuat manusia pusing tujuh keliling. Jawabannya: karena ada orang-orang pintar yang memproduksi mesin sablon kaos digital.

Berkat mesin sablon kaos digital, maka seseorang yang tidak memiliki pengetahuan soal sablon kaos secara khusus bisa membuka usaha di bidang ini. 

Yah, harus diakui oleh panjenengan semua, mesin memang banyak membantu tugas manusia. Saya pun jadi ingat saat masih kecil dan lucu sebagai wong ndeso.

Kala itu ada gurp kasidah modern dari Semarang bernama Nasyida Ria. Salah satu lagunya Tahun 2000. Saya sertakan ya liriknya, siapa tahu ada diantara kalian yang mengingatnya. Berarti kulo dan njenengan sama-sama sudah tuwir hik hik hik.

Tahun 2000 oleh Nasyida Ria

Tahun dua ribu tahun harapan,

Yang penuh tantangan dan mencemaskan

Wahai pemuda dan para remaja,

Ayo siapkan dirimu

Siapkan dirimu, siap ilmu siap iman

Siap

Tahun dua ribu kerja serba mesin,

Berjalan berlari menggunakan mesin

Manusia tidur berkawan mesin,

Makan dan minum dilayani mesin

Sungguh mengagumkan tahun dua ribu

Namun demikian penuh tantangan

Penduduk makin banyak, sawah ladang menyempit

Mencari nafkah smakin sulit

Tenaga manusia banyak diganti mesin,

Pengangguran merajalela

Sawah ditanami gedung dan gudang,

Hutan ditebang jadi pemukiman

Langit suram udara panas akibat pencemaran

Wahai pemuda remaja sambutlah

Tahun 2000 penuh semangat

Dengan bekal ketrampilan, serta ilmu dan iman

Tahun dua ribu kerja serba mesin,

Berjalan berlari menggunakan mesin

Manusia tidur berkawan mesin,

Makan dan minum dilayani mesin

Sungguh mengagumkan tahun duaribu

Namun demikian penuh tantangan

Penduduk makin banyak,

Sawah ladang menyempit

Mencari nafkah smakin sulit

Tenaga manusia banyak diganti mesin,

Pengangguran merajalela

Sawah ditanami gedung dan gudang,

Hutan ditebang jadi pemukiman

Langit suram udara panas

Akibat pencemaran

Wahai pemuda remaja sambutlah

Tahun 2000 penuh semangat

Dengan bekal ketrampilan,

Serta ilmu dan iman"

Bekal ilmu dan iman

Perhatikan ya, ada kalimat tahun dua ribu kerja serba mesin. Jika dipas-paskan, seperti itulah kehadiran mesin sablon kaos digital. Nggak perlu melakukan semua tahapan sablon manual alias sablon tangan, namun hasilnya juga bisa dipakai buat cari makan.

Yang baru menemukan blog saya ini dan kebetulan membaca artikel ini, bisa dijelaskan jika sablon kaos digital merupakan proses sablon langsung ke media kaos. 

Karena langsung dinyoh-kan ke media kaos, maka nggak ada yang namanya menjemur film dengan segala bahan yang tidak semua orang dengan sabar melakukannya.

Atau mungkin karena itu ya orang orang dahulu lebih sabar? Sekarang tersinggung dikit langsung ciaaaat.... hadeeeh.

Kelebihan Mesin Sablon Kaos Digital

Mengapa harus mengenal mesin sablon kaos digital jika ingin membuka usaha di bidang ini? Berikut ini ada beberapa alasan yang sampeyan semua kudu mengerti.

  • Proses kerja yang efektif dan efisien.
  • Bisa mencetak sablon kaos satuan, maksudnya satu biji thok pun boleh.
  • Pilihan warna yang tidak terbatas, boleh sebanyak-banyaknya.
  • Hasil cetak sama seperti pada desain aslinya, kalau beda juga tipislah.
  • Hasil tinta tahan lama, dengan catatan dicuci dan diperlakukan sewajarnya ya gaes.

Beragam Mesin Sablon Kaos Digital

Meski namanya sama, mesin sablon kaos digital, namun dalam prosesnya bisa berbeda. Sesuai judul artikel ini, ada empat (baca four atau sekawan) mesin sablon kaos digital yang populer digunakan di Indonesia.

Biar kalian paham dan tidak gagap paham apalagi salah fokus, ada baiknya kita kupas satu-persatu yo. Opo wae to kang mesine kuwi? 

1. Sablon Kaos dengan Transfer Paper

Jangan hanya karena membaca ada kata transfer kalian lantas berpikiran ini urusannya dengan uang. Transfer paper merupakan sablon yang prosesnya dengan mencetak desain di atas kertas transfer paper.

Proses selanjutnya mentransfer lagi desain di kertas tadi ke atas permukaan kaos menggunakan mesin heatpress. Jangan coba-coba memegangnya saat panas ya bro, bahaya.

Transfer paper sendiri ada dua, untuk kaos putih dan hitam atau warna lain (selain putih tentu saja). Transfer paper untuk kaos putih biasa disebut transfer paper standard atau light. Sementara yang untuk hitam atau gelap disebut transfer paper dark.

Jadi teringat lagunya Iron Maiden - Fear of The Dark. Halah ini membahas sablon apa lagu sih Mas? Embuh om.... hehehe.

Proses Sablon

Proses pertama untuk sablon digital transfer paper adalah membuat desain pada software yang kalian kuasai. Boleh CorelDRAW, boleh Photoshop atau yang lain. Yang penting kalian menguasainya.

Cetak ke transfer paper menggunakan printer inkjet dengan tinta original. Bila terpaksa menggunakan tinta infus gunakan tinta pigmen dan jangan menggunakan dye ink. Apabila kalian mempunyai printer laser jet wah lebih jos gandos (bagus) lagi.

Perhatikan, untuk transfer paper standar dan dark beda proses pengerjaannya.

Transfer Paper Standard atau Light

  • Cetak desain dengan posisi mirror atau terbalik. Boleh dibalik di halaman kerja software desain grafisnya, boleh juga diseting di printernya agar mencetak mirror.
  • Potong bagian luar desain kurang lebih 2 milimeter menggunakan gunting. Kalau pakai mesin cutting gunakan fitur contour cut.
  • Kaos harus ditempatkan dalam posisi rata. Perhatikan jika kaosnya berkerah, atur agar lebar desain bisa menempel sempurna pada kaos.
  • Panaskan kaos lima detik untuk menghilangkan kelembaban dan membuat permukaannya rata.
  • Tempelkan desain transfer paper, panaskan dengan suhu dan lama tekanan sesuai dengan bahan atau kain kaos. Karenanya penting memahami sifat kain agar pas berapa lama memanaskannya.
  • Dinginkan, lalu kelupas transfer paper maka sya la la la sudah jadi sablonnya.

Transfer Paper Dark

  • Cetak desainnya nggak pakai mirror, biasa saja.
  • Potong tepi desain menggunakan gunting, jangan kasih lebih, pepetkan saja pada outlinenya.
  • Kelupas lapisan transfer paper. Letakkan desain pada kaos yang sudah dipanaskan lima detik di mesin heatpress.
  • Pasang selember kertas teflon atau kertas kue di atas desain. Kedua jenis kertas ini tahan panas.
  • Panaskan dengan heatpress, setelah sekian detik angkat tuasnya, dinginkan dan ambil kertas teflon atau kertas kuenya.

2. Sablon Kaos dengan Sublimasi

Mesin sablon kaos digital kedua ialah untuk metode sublimasi. Sebenarnya sablon sublimasi hampir sama dengan menggunakan sistem transfer print. 

Desain dicetak di kertas sublim atau transfer (transpaper). Selanjutnya dirolling dengan suhu minimum 200 derajat celcius di atas bahan yang mau disublim. 

Kalau mau lebih cepat, pakai sistem heatpress. Yang harus kalian perhatikan, teknik sublimasi ini disarankan untuk kaos berbahan polyester. 

Sebaiknya jangan terapkan metode sublimasi pada bahan katun. Teknologi sublim juga terus berkembang, baik dari soal mesin atau tekniknya.

3.Sablon Kaos dengan Metode Cutting

Sablon dengan metode cutting? Benar, betul.... nggak salah. Untuk metode ini sebenarnya sangat simpel dan gampang dilakukan. Namun pertama yang harus saya ingatkan, kalian harus memiliki mesin cutting sticker.

Proses Sablon

  • Buatlah desain seperti biasa di komputer. Berikutnya sesuaikan ukurannya agar tidak kebesaran atau kekecilan pada kaos saat diaplikasikan.
  • Siapkan bahan polyflex yang mereknya bisa kalian pilih. Mau pakai produk Tiongkok boleh, buatan Korea monggo, Jepang silakan, Amerika nggak dilarang.
  • Posisikan bahan tadi pada mesin cutting. Lalu potong desain yang ada di komputer dengan cara dimirror.
  • Kelupas bagian dari Polyflex yang tidak terpakai, hingga menyisakan gambar yang akan disablon pada kaos.
  • Letakkan kaos pada mesin heatpress, panaskan lima detik (baca cukup lima detik jangan sampai lima jam hehehe), lalu letakkan polyflexnya dengan plastiknya di bagian atas.
  • Panaskan dengan heatpress sekian waktu, dinginkan lalu kelupas plastiknya. Maka sablon Polyflex jadi, cobalah raba, terasa timbul bukan?

4.Sablon Kaos Metode DTG

Mesin sablon kaos digital ke-4 ialah Dot to Garment atau DTG. Yang ini terasa sangat mudah karena tinggal desain di komputer, masukkan kaos ke dalam printer yang sudah domodifikasi sedemikian rupa.

Maka tinta akan langsung disemprotkan di atas kaos sesuai warna dan desain yang ada di desain.

Nah, kalian mau gunakan metode yang mana?

Potensi Mesin Sablon Kaos Digital

Jika kalian melihat menjamurnya usaha sablon kaos, itu seharusnya sudah menjadi sebuah tanda bahwa peluang usaha sablon kaos cukup menjanjikan.

Namun jangan hanya satu tahun mengamatinya, kalau mereka tetap eksis di tangah kemajuan zaman, kalian boleh meremaikannya dengan usaha yang sama.

Bahkan ada yang mengatakan kepada saya, bisnis sablon kaos tak ubahnya makanan. Yang membedakannya makanan bisa basi kalau nggak laku hari itu, sementara sablon kaos tidak seperti itu.

Namun diperlukan juga strategi untuk mengurangi risiko usaha, yakni tidak memproduksi kaos untuk stok, melainkan menerapkan sistem pre order untuk mencegah kerugian desain yang diproduksi tidak laku.

Demikianlah artikel 4 Mesin Sablon Kaos Digital Paling Banyak Diminati, semoga bermanfaat. Jaga kesehatan dan yuk berdoa corona segera berlalu. ***

0 Response to "4 Mesin Sablon Kaos Digital Paling Banyak Diminati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel