Kemitraan Usaha Cutting Sticker di Kala Pandemi

kemitraan-usaha-cutting-sticker

Kemitraan Usaha Cutting Sticker di Kala Pandemi - Pandemi Covid-19 adalah sebuah momen yang tidak disangka bakal selama ini. Bagi kalian yang menekuni usaha stiker, saatnya memikirkan kemitraan usaha cutting sticker.

Dilansir dari accurate.id, ada beberapa pengertian dari kemitraan.

Partnership atau kemitraan adalah suatu jenis bisnis yang mana terdapat suatu perjanjian formal yang terjadi di antara dua orang atau lebih.

Perjanjian itu dibuat dan juga disepakati untuk bisa menjadi rekan pemilik, saling melakukan pendistribusian tanggung jawab untuk bisa menjalankan organisasi dan berbagai pendapatan ataupun kerugian yang terjadi di dalam bisnis.

Untuk di Indonesia sendiri, seluruh aspek terkait kemitraan ini sudah diatur di bawah ‘PP 17/2013’. 

Secara khusus, peraturan ini menjelaskan bahwa kemitraan adalah hubungan yang dijalin antara dua atau lebih orang ataupun institusi yang sudah menerima untuk bisa saling berbagi keuntungan yang diperoleh dari bisnis di bawah pengawasan seluruh anggota ataupun nama anggota lain.

Sedangkan berdasarkan KPPU.GO.ID kemitraan adalah suatu kerjasama di dalam keterkaitan usaha secara langsung ataupun tidak langsung, atas dasar saling percaya, membutuhkan, memperkuat dan menguntungkan yang melibatkan para pebisnis UMKM ataupun pebisnis besar.

Selain itu, laman resmi Investopedia juga menjelaskan bahwa kemitraan adalah suatu perjanjian formal yang dilakukan antar kedua belah pihak atau lebih untuk bisa mengurus suatu bisnis dan membagi keuntungannya.

Tentu saja yang ingin saya sampaikan di sini kemitraan usaha cutting sticker yang sederhana. Saya yakin juga, lebih banyak pebisnis stiker di Indonesia yang kakilima dibandingkan yang sudah melengkapi diri dengan badan usaha seperti CV atau PT.

Kemitraan usaha cutting sticker bisa dilakukan dengan usaha yang sebenarnya nggak jauh berbeda. Atau, meski terlihat nggak ada hubungannya sebenarnya masih ada benang merahnya.

Kemitraan Usaha Cutting Sticker

Kita tahu, pandemi Covid-19 belum bisa dipastikan kapan berakhir. Nggak ada salahnya juga kalian menyegerakan menjalin kemitraan agar usahamu tetap jalan meski corona masih ada.

Berbagai usaha yang mungkin saja bisa kalian ajak kerjasama ialah:

Bengkel Kendaraan

Motor atau mobil yang masuk bengkel pasti membutuhkan sentuhan mekanik atau montir. Ada yang sakitnya parah atau ringan.

Dengan memajang beberapa contoh produk sticker cutting kalian di bengkel, ada kemungkinan pelanggan bengkel akan melihatnya.

Pelat Nomor Kakilima

Jangan remehkan peran tukang pelat nomor kakilima, sebab pemesan benda ini akan tetap selalu ada.

Mereka membutuhkan sticker cutting yang kebanyakan untuk ditempel di bagian atas huruf dan angka yang timbul. Dengan sticker cutting maka huruf dan angkanya akan terlihat lebih rapi.

Tempat Cuci Kendaraan

Siapa tahu setelah melihat kendaraannya bersih lalu terbersit hasrat pemiliknya untuk menempeli dengan sticker cutting.

Kalau yang dicari nggak ada, kalian bisa berpesan kepada Kemitraan Usaha Cutting Sticker yang dalam hal ini pemilik tempat cuci kendaraan.

Maksudnya apa saja pesanan yang ditanyakan konsumennya, lantas kalian buatkan sesuai pesanan itu.

Tempat Fotokopi

Ini sebenarnya tempat yang cocok dijadikan Kemitraan Usaha Cutting Sticker. 

Karena di sini pasti ada barang-barang yang sebenarnya satu keluarga dengan sticker. Ada spidol, ada cutter dan sebagainya.

Itulah tadi beberapa contoh usaha lain yang bisa dijajaki sebagai Kemitraan Usaha Cutting Sticker yang kalian miliki. Selain itu, kalian bisa menjajaki tempat yang lain. 

Harus Saling Menguntungkan

Satu hal yang harus dijaga ketika menjalankan kemitraan ialah kedua belah pihak harus sama-sama mendapatkan keuntungan. Jangan mentang-mentang yang kalian titipi sticker cutting adik ipar lalu nggak ada hasil buat mereka.

Sebaiknya kalian dengan calon mitra bertemu langsung untuk membahas bagaimana perhitungan keuntungan dan sebagainya. Pertanyaan yang pasti akan kalian terima saat membahasnya ialah, siapa yang akan memasang stikernya?

Jika dari pihak mitra, tentu ada hitung-hitungannya tersendiri. Demikian juga kalau mitra hanya menyediakan etalase, kalian yang mengisi koleksi sticker cuttingnya, biar konsumen membeli dan memasangnya sendiri.

Kalau menusrut saya, kemitraan harus dijalankan dengan keterbukaan. Saling memahami perannya masing-masing.

Pandemi jangan membuat kalian mundur, harus tetap bersemangat. Tinggalkan cara-cara lama dan mulailah membuat terobosan yang menguntungkan.

Semoga artikel Kemitraan Usaha Cutting Sticker ini bermanfaat. ***

0 Response to "Kemitraan Usaha Cutting Sticker di Kala Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel