Cutting Sticker untuk Pelat Nomor Kendaraan

sticker pelat nomor kendaraan


cuttingstickerupdate
- Font pelat kendaraan seharusnya menjadi salah satu pemasukan sobat yang membuka usaha cutting sticker. Meski terlihat sangat sederhana, sebenarnya huruf plat kendaraan di Indonesia unik. 

Sepintas tampilan font standar plat nomor kendaraan ini seperti Arial dan keluarganya. Namun jika kalian cermati tidak akan sama. Keunikannya ada di beberapa huruf seperti Q, I dan beberapa lainnya. 

Kalian bisa menjalin kerja sama dengan sejumlah pembuat pelat nomor atau hanya membuka jasa cutting untuk nomor kendaraan.

Mesin cutting sticker tak harus digunakan hanya untuk membuat cutting sticker berupa gambar, logo atau tulisan. Lebih jauh dari itu, manfaatkan mesin cutting sticker Anda untuk hal lain yang juga menghasilkan uang.

Pernahkah Anda terlintas bahwa begitu banyak kendaraan lalu lalang di depan rumah, berseliweran di jalan raya, adalah target operasi. Asal jangan target buron karena kriminalitas hehe.

Perhatikan bahwa setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi pelat nomor kendaraan yang dikeluarkan oleh Samsat. Memang ada yang memodifikasinya, entah itu ukuran pelatnya yang lebih kecil, bentuk huruf dan angkanya atau bentuk lain.

Huruf Pelat Kendaraan se-Indonesia

jenis-font-pelat-kendaraan


Jika kalian memiliki master jenis font plat nomor mobil atau motor di Indonesia itu berarti sudah memiliki model untuk melayani konsumen di seluruh Indonesia. Jenis huruf pada plat nomor kendaraan yang beredar di Indonesia memang dicetak dengan model yang khas.

Tanda pajak yang dikeluarkan Samsat ini memiliki bentuk standar yang unik. Jika dicari di internet atau koleksi daftar font di komputer atau laptop kalian, saya rasa sulit menemukan yang mirip 95 persen. Apalagi ketika keluar dari Samsat, kadang cat putihnya tidak rapi.

Pemilik kendaraan bermotor nyatanya menginginkan bentuk huruf atau angka font plat mobil dan motornya lebih rapi. Tepian hurufnya benar-benar rata. Dan jika ini yang dicari, jawabannya sebenarnya ada di kios kalian semua.

Enaknya melayani konsumen yang membutuhkan kode huruf plat nomor kendaraan di Indonesia ialah tinggal memilih daerahnya mana. Sebab dari daftar seluruh kode wilayah, tak lepas dari huruf A sampai Z. Sementara untuk angkanya juga demikian, tak akan keluar dari angka 0 sampai 9. Kalau 11 misalnya, tinggal gabungkan dua angka 1.

Font Plat Nomor Indonesia Bukan Huruf Jadi


Cobalah sobat cari adakah jenis font yang sama persis dengan font pelat nomor keluaran Samsat? Nggak ada, karena memang itu font yang sudah dimodifikasi. Ada font yang mirip tetapi tidak 100 persn persis.

Tips membuat master angka dan huruf sesuai dengan ukuran peda pelat nomor kendaraan aslinya ialah dengan scanner (Baca artikel saya tentang Kegunaan Scanner di Usaha Cutting Sticker). Kalau tidak ada scanner, ya foto saja banyak banyak pelat pelat nomor kendaraan yang diparkir dekat rumah Anda.

Mana yang untuk motor, mana yang mobil bedakan. Kalian harus mengumpulkan huruf A sampai Z, angka 0 sampai 9, serta tanggal tahun berupa angka 0 sampai 9 dengan ukuran yang lebih kecil.

Lalu masukkan fotonya ke komputer, ikuti bentuk huruf dan angkanya dengan pen tool atau freehand tool di CorelDraw. Jika Anda pakai scanner, dipastikan hasil scan sama persis dengan ukuran aslinya yang dikeluarkan Samsat.

Jika pakai foto ponsel, harus diukur manual. Ukur pelat nomor aslinya, lalu ukur pada desain. Jika dirasa sudah pas, cutting satu satu. Kemudian coba tempelkan pada pelat nomor aslinya, past atau tidak. Jika terlalu kecil, besarin dikit. Jika terlalu besar, kecilin dikit.

Jika terlalu tebal, kurusin dikit, jika terlalu kurus gemukin dikit. Trial and error-lah pokoknya. Jika sudah punya file masternya, pekerjaan akan semakin mudah. Bila ada yang datang pesan cutting sticker untuk pelat nomor kendaraan tinggal copy paste saja.

font-pelat-kendaraan


Saya memang bukan pembuat pelat nomor polisi, namun para pembuat pelat nomor kendaraan kakilima di kota saya adalah pelanggan setia. Bukan hanya satu pesanan mereka datang, beberapa bahkan minta dicuttingkan satu meter penuh.

Baca Juga:

Cara Instal Driver Teneth dan Plug In CorelDraw

Yuk Sablon Kaos dengan Mesin Cutting Sticker

Mengganti Lapisan Pelindung Jalur Pisau Cutting Sticker

Mereka sudah memberikan rincian huruf anunya sekian baris, angka anunya sekian baris, nomor anu untuk tanggal tahun sekian baris.

Bagi sobat yang tidak ingin ribet ngumpulin satu-satu huruf atau angkanya, bisa beli ke saya dengan harga Rp100.000 untuk satu jenis yaitu standar. Kalau lengkap termasuk yang tebal, tipis, lidi baik motor dan mobil Rp500.000.

Demikian tutorial ini saya buat semoga tak bingung lagi membuat sticker pelat nomor kendaraan. 

Bukan Font Nomor Rangka Kendaraan


Hingga hari ini masih saja banyak pembaca blog ini yang menghubungi saya untuk menanyakan tentang file nomor dan angka pelat kendaraan ini. Namun yang mereka tanyakan sebebarnya bukanlah barang yang saya tuliskan di halaman ini.

Yang ditanyakan mereka ialah jenis font no rangka kendaraan bermotor, yakni huruf yang tercetak di nomor rangka kendaraan. Terus terang saja kalau untuk jenis font di atas saya tidak tahu. 

Kode Area Pelat Nomor Kendaraan

Berikut ini adalah Daftar Kode Pelat atau Tanda Kendaraan Bermotor di Indonesia berdasarkan wilayahnya.

Jawa Tengah


kode-pelat-nomor-jawa-tengah

 Daerah Istimewa Yogyakarta


kode-pelat-nomor-yogyakarta

DKI Jakarta

kode-pelat-nomior-dki-jakarta

Jawa Barat

kode-pelat-nomor-jabar

Banten

kode-pelat-nomor-banten

Jawa Timur

kode-pelat-nomor-jatim

Bali

kode-pelat-nomor-bali

Nusa Tenggara

kode-pelat-nomor-nusa-tenggara

Kalimantan

kode-pelat-nomor-kalimantan

Sulawesi

kode-pelat-nomor-sulawesi

Papua

kode-pelat-nomor-papua

Maluku

kode-pelat-nomor-maluku

Sumatera

kode-pelat-nomor-sumatera

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman semua. ***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel