Teknik Cutting Sticker 3 Warna

cuttingstickerupdate - Membuat cutting sticker lebih dari satu warna membutuhkan ketelitian. Karena salah menempelkan atau bergeser sedikit akan berpengaruh kepada hasil akhirnya. Apalagi jika membuat cutting sticker lebih dari dua warna. Yang saya bahas di sini adalah cutting sticker tumpuk.

Sebenarnya yang dubutuhkan untuk membuat cutting sticker tiga warna hanyalah sebuah tanda di sudut bahan cutting sticker. Penanda ini juga ikut dicutting. Bentuknya boleh bulat, segitiga, kotak atau sebagainya.

Misalnya kita mau membuat gambar tengkorak warna hijau, ada tulisan di bawah sampingnya berwarna putih dan backround hitam. Bahan sticker hitam sebagai tempat untuk menempelkan tulisan dan gambar tengkorak.

sticker cutting 3 warna


Saat masih bekerja di software grafis, saya sebut saja CorelDraw, saat desain tengkorak ini belum dipisah pisah per warna untuk dicutting, ada baiknya pada bagian atas kanan dan kiri dibuatkan tanda lingkaran atau kotak.

Dengan demikian pada bahan putih ada tanda yang sama, pada bahan hijau juga ada dan demikian pula pada bahan sticker warna hitam.

Untuk apa tanda tersebut? Di situlah kunci pembuatan cutting sticker tiga warna agar semua menempel secara presisi di tempat yang dikehendaki.

Sistem ini tidak menggunakan air sama sekali. Yang penting Anda bisa menempelkan tanda dengan tepat, dipastikan cutting sticker tiga warna akan selesai dengan sempurna.

Di sini tengkorak yang ada di layer atau lapisan paling atas, akan disatukan dengan bahan putih yang ada tulisannya. Pertama bahan putih dipasang masking tape. Setelah masking tapenya dilepas, sticker dibalik di atas meja yang rata. Backing tape yang tadi dilepas digunakan untuk menutup seluruh bagian cutting sticker.

Namun dua tanda di atasnya jangan ditutup untuk pedoman. Selanjutnya ambil bahan hijau berpola tengkorak. Tak usah dimasking tape. Kemudian tempelkan pola tulisannya pada bahan berwarna putih.

Agar lurus dan tidak lari saat menyatu, tempelkan dengan cermat dan pas tanda pada pola tulisan dan pola dana tengkorak. Setelah menempel tepat, lepas masking tape pada bahan putih dari belakang. Sekarang gambar tengkorak dan tulisannya sudah menyatu.

Baca Juga:

Cutting Sticker untuk Pelat Nomor Kendaraan

Cara Instal Driver Teneth dan Plug In CorelDraw

Yuk Sablon Kaos dengan Mesin Cutting Sticker

Untuk menempelkannya di background hitam caranya sama saja. Ada hal cukup penting saat melakukan pembuatan dan penumpukan sticker cutting lebih dari dua warna dengan teknik ini. Yaitu usahakan masking tapenya agak kaku.

Mengapa demikian? Jika masking tapenya sangat lentur atau tipis, baru mau ditumpuk kadang nempel secara tak sengaja. Mungkin kena angin dari kipas angin di toko sobat. Kalau sempat terjadi, wah pasti sobat merasa jengkel. Ssst... nggak usah dibagi-bagi ya jengkelnya.

Salam cutting sticker.



0 Response to "Teknik Cutting Sticker 3 Warna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel