Bahan ID Card yang Dibutuhkan Jika Ingin Buka Usaha

bahan-id-card-1
Sumber foto: tangkapan layar youtube calon boss

Bahan ID Card yang Dibutuhkan Jika Ingin Buka Usaha - Jika Anda adalah karyawan sebuah kantor pemerintah atau swasta, ID Card menjadi benda yang wajib dikenakan saat jam kerja. 

ID Card adalah semacam tanda pengenal yang gunanya mempermudah orang lain mengetahui siapa yang sedang berhadapan dengannya. 

Sekilas penampakan ID Card seperti sama saja, padahal tidaklah demikian. Ada beberapa jenis bahan ID Card yang beredar di pasaran saat ini.

Bahan ID Card yang Dibutuhkan

Usaha ID Card bisa dikatakan cukup menjanjikan. Karena pada zaman sekarang rupanya komunitas, grup atau perkumpulan pun mengharuskan anggotanya memiliki ID Card.

Berikut ini adalah bahan ID card yang harus kalian siapkan jika ingin membuka usaha pembuatannya.

Kamera

Kamera ini fungsinya untuk mengambil foto orang yang nantinya wajahnya ada dalam ID Card. Namun sekarang kamera ini bisa diganti dengan ponsel. Banyak ponsel keluaran terkini yang memiliki hasil foto maksimal.

Komputer

Komputer di sini bisa personal computer atau laptop. Fungsi utamanya yang berurusan dengan ID Card ialah mendesain. Sementara softwarenya silakan gunakan CorelDRAW atau photoshop. 

Perlu ditekankan di sini, hendaknya komunikasikan dahulu desain yang sudah kalian buat dengan konsumen. Bisa saja ada koreksi. Hal ini perlu untuk menghindari kesalahpahaman.

Oh, ya, di dalam desain sangat penting kalian tahu ukuran ID Card yang biasa digunakan. Sebaiknya kalian selalu menyimpan hasil desain pesanan karena tak menutup kemungkinan suatu hari nanti ada teman sekantornya yang akan membuat ID Card juga.

Printer

Karena ini berurusan dengan ID Card, maka tidak semua tinta bisa digunakan. Kalau menggunakan tinta biasa apalagi yang murahan, pastinya tidak akan sempurna hasilnya.

Yang harus diingat, ID Card bisa saja kena panas atau sesekali kehujanan. Bayangkan kalau dicetak dengan tinta biasa dan murahan, mblobor ke mana-mana nantinya.

Tinta yang bisa digunakan bisa berjenis pigment atau art paper. Kalian bisa membelinya di toko printer atau komputer. Harga tinta pigment lebih mahal ketimbang artpaper.

Mesin Laminasi

Bahan membuat ID Card lainnya ialah mesin laminasi. Kalau kalian pernah melaminasi KTP atau Ijazah, nah itulah mesinnya. Di pasaran harganya tak sampai Rp1 juta.

Mesin ini gunanya melengketkan antarlapisan bahan ID Card. Tanpa mesin ini, sepertinya mustahil membuat ID Card. Saat digunakan untuk ID Card, tombol panas juga harus diaktifkan. Pakailah laminasi panas.

ID Card Punch Machine

ID Card Punch Machine atau yang lebih dikenal dengan alat plong, merupakan bahan pembuatan ID Card yang lain. Guna alat ini ialah memotong bentuk ID Card agar keempat sudutnya tidak membentuk runcing.

Oleh pabrikannya, besar lubangnya pasti sama dengan ukuran ID Card yang dipakai umum. Dengan alat ini maka hasil pemotongan ID Card lebih rapi. Cara mengoperasikannya pun gampang, cukup masukkan ID Card yang barus keluar dari mesin laminasi, paskan, lalu tekan gagang mesinnya.

ID Card Hole Maker

ID Card Hole Maker merupakan alat berbentuk seperti Tang yang berfungsi untuk membuat lubang pada ID Card. Pada umumnya tang jenis ini yang beredar di pasaran memiliki dua bentuk lubang yang dihasilkan, yakni bentuk oval dan bentuk lingkaran.

Jika kalian bicara bahan ID Card yang bagus, agaknya mesin ini patut dimasukkan ke dalam daftarnya. Cara menggunakannya pun gampang, tinggal tekan maka lubang pun terbentuk.

Bahan PVC ID Card

Nah ini nih bahan ID Card utama. Banyak juga yang menyebutnya bahan pvc id card, id card bahan pvc, bahan id card atm dan sebagainya. Mengapa PVC? Sebab bahannya memang PVC, namun bukan bulat seperti pipa yang sering diiklankan di tipi itu hehe.

Bentuknya lembaran seperti kertas, ukuran standarnya A4. Bahan ini selalu digandengkan dengan kertas transparannya. Bahan ID Card tebal adalah PVC. Jika tidak menggunakan PVC, maka ID Card akan lembek, lentur dan sangat tipis.

Rumah ID Card

bahan-id-card-2

ID Card yang terbuat dari bahan PVC sebenarnya bisa langsung dilubangi menggunakan ID Card Hole Maker. Namun kebanyakan konsumen memilih dimasukkan saja ke rumah ID Card yang warnanya sesuai keinginan mereka.

Sebaiknya saat berbelanja kalian membeli beberapa warna. Karena pasti ada konsumen yang menginginkan rumah ID Cardnya merah, hitam, transparan, putih dan sebagainya.

Bahkan saat ini rumah ID Card dibuat daru bahan lain. Seperti plastik, kain, kulit atau bahan sintetis lainnya.

Tali ID Card

Tali ID Card berfungsi untuk gantungan yang biasa dipakai dengan cara dikalungkan di leher. Selain dalam bentuk tali gantungan ada juga tali yang dikaitkan dengan Yoyo ID Card yang bisa dipakai pada saku baju.

Sangat cocok bukan jika kalian juga membuka usaha ini satu tempat dengan usaha sticker cutting atau sablon digital.

Semoga artikel Bahan ID Card yang Dibutuhkan Jika Ingin Buka Usaha ini berguna. Selanjutnya saya akan buat artikel tentang step by step membuat ID Card dengan bahan dan alat yang sudah dijelaskan di atas. ***

0 Response to "Bahan ID Card yang Dibutuhkan Jika Ingin Buka Usaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel