Cara Membuat ID Card, Do It Yourself (DIY)

cara-buat-id-card
Salah satu langkah dalam membuat ID Card ialah melakukan press panas PVC dengan mesin laninasi. Foto - bintan wrapping sticker variasi

Cara Membuat ID Card, Do It Yourself (DIY) - Sebelum saya menuliskan artikel ini, sudah lebih dahulu saya posting bahan ID Card. Kali ini, seperti janji saya, adalah menulis langkah demi langkah cara membuatnya.

Bagi yang belum tahu ilmunya sama sekali, pasti bingung bagaimana caranya membuat ID card. Dengan membaca uraian saya ini Insya Allah kalian paham dan bisa mencoba membuatnya sendiri.

Perlu saya tegaskan, cara membuat ID card di sini bukan ID card yang timbul. Yang ada huruf atau angkanya timbul, melainkan ID card biasa.

Cara Membuat ID Card

Harus saya ingatkan bahwa praktik membuat ID card ini bisa dilakukan jika kalian sudah memiliki peralatan dan bahannya secara lengkap.

Nah, sekarang paham kan jika cara bikin ID card tidak sesulit yang dibayangkan. Cara buat ID card sendiri bisa dilakukan dengan ilmunya, benar?

Demikian artikel Cara Membuat ID Card, Do It Yourself (DIY), semoga bermanfaat bagi kalian. ***

1. Buatlah Desain

Tahapan ini bisa dilakukan di komputer atau laptop. Paling mudah jika pesanan datang dari instansi pemerintah atau swasta.

Mengapa? Karena mereka pasti sudah memiliki desain standar, dengan logo dan warna yang memang sudah ditetapkan seperti itu. Kalian hanya tinggal mengubahnya, mengganti foto, mengubah namanya dan seterusnya.

2. Cetak di Printer

Berikutnya desain yang sudah dibuat diatur di halaman CorelDRAW atau Photoshop. Ingat, hasil cetakan harus terbalik atau mirror.

Kertas yang dipakai untuk mencetak adalah kertas PVC tipis yang memiliki salah satu lapisan di salah satu sisinya.

Cetaklah desain mirror pada lapisan PVC tipis yang tidak ada lapisannya. Jangan salah, cek terlebih dahulu bagian mana yang ada lapisannya dan tidak.

3. Pasangkan pada PVC Tebal

Langkah selanjutnya, hasil cetakan mirror di PVC tipis dilipat, karena ada ID card dua sisi. Bagian depan identitas pemiliknya, bagian belakang alamat atau keterangan lain.

Bagian depan dan belakang harus sama. Tips yang penting di sini ialah, buatlah outline ukuran hairline pada desain baik depan atau belakang. Gunanya untuk memudahkan pemasangan di PVC Tebal.

Jika sudah, kelupas plastik pada kedua sisi PVC yang tebal. Letakkan PVC tebal ini di tengah PVC tipis yang sudah dicetak mirror.

4. Heatpress

Nyalakan mesin laminasi, nyalakan juga tombol panasnya, buat suhunya di 130. Ketika lampu penanda panas sudah sesuai pengaturan, press kertas PVC tadi. 

Sebaiknya proses ini diulang lebih dari sekali biar antara PVC tipis yang ada desainnya dan PVC tebal sebagai lapisan tengah ID card menyatu dengan sempurna.

5. Potong dengan ID Card Punch Machine

cara-buat-id-card-2

Selanjutnya masukkan "ca;on" ID card tadi ke ID Card Punch Machine. Geser-geser biar pas posisinya, kalau sudah pas tekan tuas penekannya.

Maka PVC Tebal dan tipis yang menindihnya di permukaan atas dan bawah membentuk ukuran Id card standar.

5. Kelupas Lapisan PVC Tipis

Langkah terakhir ialah mengelupas lapisan tipis pada permukaan ID Card atas dan bawah. Di sinilah pentingnya mengetahui kertas PVC tipis yang memiliki lapisan.

Kalau salah mencetak mirror, misalnya justru desain dicetak di PVC tipis pada bagian yang ada lapisannya maka dipastikan cara membuat ID card kalian gagal.

Sebab, pada bagian akhir ialah mengelupas pelapis pada PVC tipis. Dengan dikelupas, maka hasil cetakan yang ada di bagian dalam pun muncul, tidak lagi terhalang lapisan karet tipis yang bisa dilepas.

6. Kasih Rumah ID Card

Jangan lupa sertakan juga rumah ID card. Lengkapi juga dengan yoyo atau talinya yang bisa ditarik memanjang dan menggulung sendiri jika dilepas.

Nah, sekarang paham kan jika cara bikin ID card tidak sesulit yang dibayangkan. Demikian artikel Cara Membuat ID Card, Do It Yourself (DIY), semoga bermanfaat bagi kalian. ***

0 Response to "Cara Membuat ID Card, Do It Yourself (DIY)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel