Sablon DTF, Cara dan Keunggulannya

sablon-dtf-23621
Hasil sablon DTF diklain lebih lama dan tidak retak-retak. Foto - youtube/bk official

Sablon DTF adalah teknik yang baru dikembangkan oleh para ahli sablon. DTF merupakan singkatan dari Digital Transfer Film atau Direct Transfer Film.

Selain diklaim memiliki kualitas yang lebih bagus bahkan dibandingkan dengan Direct to Garment (DTG) sekalipun, sablon DTF juga masih bisa melayani pesanan satuan.

Secara singkat, pengertian sablon DTF adalah metode sablon dengan tinta khusus untuk transfer gambar dengan kertas film. Uniknya teknik ini menggunakan tepung lem/ bubuk lem sablon sebagai perekat di kaos.

Serbuk ini ikut di press dengan suhu tertentu untuk menghasilkan sablon dengan maksimal. Dengan panas dan periode yang tepat di heatpress, maka hasilnya akan memuaskan.

Perlengkapan Sablon Kaos DTF

Sebelum memasuki materi utamanya, kalian harus menyiapkan sejumlah alat untuk bisa melakukan sablon DTF. Perelatan yang dimaksud ialah sebagai berikut:

  • Printer : gunanya mencetak desain yang sudah dibuat ke dalam kertas transfer paper.
  • Transfer Film DTF : adalah transfer paper yang direkomendasikan untuk proses sablon jenis ini.
  • Tinta DTF : merupakan tinta yang ada dalam printer yang memiliki kelebihan bisa mencetak di atas transfer paper dengan warna yang tajam dan jernih.
  • Hot Gun
  • Tepung sablon DTF : disebut juga dengan bubuk lem sablon adalah bubuk yang digunakan di atas kaos sebelum desain direkatkan.
  • Mesin press kaos : merupakan mesin heatpress yang berfungsi menempelkan hasil sablon ke atas permukaan kain kaos.

Cara Sablon DTF

Cara sablon atau cetak DTF di bawah ini akan menjelaskan secara lengkap langkah demi langkah melakukan sablon. 

  • Pertama, kalian harus menyiapkan file atau desain yang siap untuk dituangkan ke kertas transfer paper.
  • Kedua, pastikan bahwa file yang akan kalian cetak memiliki format PNG atau TIF. Gunakan software rip untuk mencetaknya.
  • Ketiga, ingat posisi desain harus dimirror (balik) serta print color langsung ditimpa tinta putih. Karenanya, untuk sablon DTF harus menggunakan tinta khusus warna dan putih.
  • Keempat, cetaklah desain yang sudah dibuat ke transfer paper.
  • Kelima, hasil cetak ditaburi atau lumuri dengan adhesive powder / bubuk lem sablon/ atau tepung dtf secara merata.
  • Keenam, agar tepungnya menyatu gunakan hotgun untuk memanaskannya. Selain itu agar menempel dengan tinta putih.
  • Ketujuh, siapkan mesin heatpress kaos. Atur tombol suhunya ke angka 165 derajat dengan lama tekanan 10 detik.
  • Kedelapan, press desain di kertas transfer paper. Tetapi sebelumnya letakkan selembar kertas teflon agar hasilnya lebih maksimal.
  • Kesembilan, kelupas hasil press tersebut. Sablon DFT pada dasarnya sudah selesai. Namun untuk mendapatkan hasil yang memeuaskan, pres sekali lagi dengan pengaturan suku dan timer di mesin press sama dengan yang sebelumnya.

Kelebihan Sablon DTF

Lantas, apa saja sebenarnya kelebihan dari sablon DTF? Sebaiknya kalian baca yang di bawah ini agar benar-benar paham.

Bisa Full Warna yang Tajam

Tentu saja hal ini erat kaitannya dengan tinta yang digunakan untuk sablon DTF. Salah satu jenis tinta yang bisa digunakan ialag pigment yang memiliki kelebihan menghasilkan warna cetak yang sangat tajam, pekat atau solid dan mengkilat.

Tak Mudah Retak

Mengapa sablon DTF diciptakan karena bertujuan agar hasilnya bisa lebih elastis. Selain itu salah satu penyakit sablon digital ialah retak-retak atau muncul garis-garisnya. Dengan bantuan tepung sablon, hal ini bisa dhindari.

Tidak Mudah Luntur

Hasil sablon kaos DTF juga tidak cepat pudar warna tintanya atau pudar. Hasil tes menunjukkan, meski dites dengan disikat namun warnanya tetap tajam. Hal ini tak lepas dari sifat dan kelebihan tinta pigment.

Cocok untuk Semua Media

Sablon DTF ini memang unik karena ternyata bisa diaplikasikan untuk semua media kain. Tentu saja kain di sini adalah yang tahan panas. Jenis kain yang bisa dipakai untuk sablon DTF diantaranya cotton combed, cotton carded, TC/ Polyester, cotton bamboo, cotton jepang dan lain sebagainya.

Semoga artikel Sablon DTF, Cara dan Keunggulannya ini bisa bermanfaat bagi kalian. ***

0 Response to "Sablon DTF, Cara dan Keunggulannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel