Mengenal Mesin Indoor Lebih Dekat

mesin-indoor
Sumber foto: dosign.en.made-in-china.com

Mesin indoor pasti nggak asing lagi bagi kalian yang selama ini berkecimpung dalam urusan cetak-mencetak. Bukan mencetak undangan perkawinan atau acara sunatan. Juga bukan mencetak papan nama dada.

Cetak-mencetak yang dimaksud di sini ialah mencetak stiker yang dipajang di ruangan atau sudut lain dengan harapan dibaca banyak orang. Nah semuanya itu nggak lepas dari arti kehadiran mesin indoor.

Pengertian mesin yang saya kutip dari wikipedia ialah Mesin adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau alat membantu mempermudah pekerjaan manusia. 

Biasanya membutuhkan sebuah masukan sebagai pemicu, mengirim energi yang telah diubah menjadi sebuah keluaran, yang melakukan tugas yang telah disetel.

Sedangkan indoor saat saya menginputnya ke dalam Google Terjemahan artinya dalam. Bisa mengandung pengertian di dalam rumah atau gedung.

Dengan demikian dapat kita simpulkan mesin indoor adalah mesin yang digunakan untuk mencetak sesuatu yang lebih cocok jika dipasang di dalam ruangan. Bukan di luar ruangan yang harus berhadapan dengan panas matahari kalau kemarau.

Atau basah-basahan melulu setiap hari jika musim penghujan datang. Apalagi di kondisi iklim yang kadang nggak menentu, bisa dengan cepat hujan lalu panas dan begitu seterusnya.

Mesin indoor juga disebut mesin digital printing indoor yang membutuhkan tinta untuk mencetak. Kualitas tinta yang digunakan tentu sangat berpengaruh terhadap hasil atau kualitas hasil cetakannya. 

Mungkin kita semua masih ingat pepatah ada harga ada rupa, ya begitulah setidaknya. Jika kalian memiliki mesin indoor namun menggunakan tinta asal-asalan, ya bersiap saja ditinggalkan konsumen.

Banyak juga yang menyebutnya dengan mesin cetak indoor, mesin indoor biasanya banyak digunakan untuk mencetak albatros, sticker, backlite dan lainnya. Kemampuan mesin ini dapat mencetak ukuran berkisar 1,6 meter.

Tinta yang digunakan untuk mesin indoor adalah eco solvent. Baunya tidak terlalu menyengat hidung jika dibandingkan dengan solvent. Karena dibuat untuk mencetak sesuatu yang dipasang di dalam ruangan, maka tinta ini tidak tahan terhadap air atau sengatan sinar matahari.

Mesin ini mampu menghasilkan cetakan yang sangat baik untuk kondisi dalam ruangan, seperti xbanner, poster, foto, dan lain-lain. Mesin printing berbsis printhead ini biasanya sering digunakan untuk jasa cetak digital printing, serta bisnis cetak pada bahan sticker. 

Mesin printing indoor ini mampu mencetak pada material seperti stiker, photo paper, canvas, pvc paper, bahkan pada bahan polyflex printable.

Oh,ya, soal mengapa tinta mesin cetak indoor menggunakan tinta eco solvent yang tidak terlalu bau, jawabannya mungkin bisa kita tebak. 

Kalau di sebuah ruangan ada papan pengumuman atau banner dan sebagainya yang terpasang namun bau tinta cetaknya menyengat pasti nggak betah berlama-lama di ruangan tersebut ya teman-teman.

Demikianlah artikel singkat mesin indoor, semoga bermanfaat bagi kalian. ***

0 Response to "Mengenal Mesin Indoor Lebih Dekat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel