Mesin Oudoor? Baca Penjelasannya di Sini!

mesin-outdoor
Mesin oudoor Liyu Platinum Solvent. Sumber foto: liyuprinter.com

Mesin outdoor pada dasarnya kebalikan dari mesin indoor yang sudah saya buat artikelnya. Bukan mesinnya yang ditaruh di luar ruangan ya sobat, melainkan hasil cetakannya untuk keperluan luar ruangan.

Pengertian mesin outdoor adalah mesin digital printing outdoor yang menghasilkan cetakan yang dapat diletakan di luar ruangan dan tahan cuaca. Tahan cuaca di sini artinya mampu bertahan meski kepanasan dan kena hujan. Tetapi daya tahan tadi lebih ke kekuatan tintanya sih.

Mesin outdoor biasanya  digunakan untuk mencetak bahan seperti banner, neon box, spanduk, billboard dan bahan-bahan sejenisnya. Biasanya, mesin ini dapat mencetak dari 3,2 meter hingga 5 meter. 

Meski demikian, kebanyakan para pelaku usaha percatakan memilih mesin printing outdoor yang memilik lebar cetak 3,2 meter. Dengan lebar mesinnya, maka kalian harus menyiapkan sebuah ruangan khusus sebelum berencana membuka usaha ini.

Tinta yang digunakan pada mesin ini adalah tinta solvent, dengan ciri-ciri diantaranya memiliki daya tahun yang dapat diandalkan. Materialnya dipilih oleh para ahli tinta sehingga mampu bertahan terhadap kondisi di luar ruangan.

Kelemahan tinta jenis solvent hanya pada baunya yang membuat mereka yang tak terbiaas menciumnya terasa agak bagaimana begitu. Namun belakangan mulai ada yang menggunakan tinta Eco Solvent, UV Curable dan Latex untuk digunakan di mesin outdoor.

Jika keinginan kalian ialah melayani pesanan Billboard, Umbul-umbul, Pilkada, Spanduk, Baliho, Neonbox, Banner, Hanging Banner, Car Signage (Iklan mobil / Bus), Wallpaper, Backdrop sejenisnya maka pilihannya adaah mesin printing outdoor.

Adanya anggapan atau pendapat pada masyarakat jika mesin digital printing outdoor hanya untuk mencetak gambar yang besar dengan resolusi yang rendah sudah mulai terkikis. Pasalnya teknologi semakin terus berkembang dan kualitas mesin oudoor juga senantiasa diperbarui.

Selain China, sejumlah merek yang sudah lebih dahulu dikenal pun turut membuat mesin outdoor ini. Mereka diantaranya Konica Minolta, Epson, Toshiba, Ricoh, Seiko, Fuji Film Dimantix (Spectra) dan XAAR.

Sementara resolusi cetakan juga beragam bergantung pada teknologi yang digunakan, misalnya:

  • Resolusi Rendah - Teknologi XAAR 128
  • Resolusi Sedang - Teknologi Seiko dan XAAR PROTON 382
  • Resolusi Tinggi - Teknologi dari Konica Minolta dan Spectra
  • Resolusi Super Halus - Teknologi dari Epson DX5

Sampai di sini, kalian sudah memahami mesin outdoor bukan? Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Mesin Oudoor? Baca Penjelasannya di Sini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel