Perbedaan Spanduk dan Banner, Ukuran, Bahan dan Mesinnya

Pesan spanduk? Pesan banner? Pesan spanduk banner? Harus diakui masih banyak masyarakat yang bingung tentang perbedaannya. Bahkan tidak sedikit yang mengartikan keduanya hanya beda sebutan, pada intinya sama saja.

perbedaan-spanduk-dan-banner
Salah satu contoh spanduk yang ada di Bintan Wrapping Sticker Variasi, Tanjungpinang. Meski bentuknya sama, antara spanduk dan banner ada bedanya. Foto - dok pribadi

Spanduk dan banner merupakan promosi offline yang sangat memasyarakat. Hal ini bisa ditandai dengan banyaknya usaha percetakan. Masyarakat juga tak harus lagi membayar ongkos yang mahal untuk mencetaknya. Harganya sudah semakin murah, tempat pembuatannya juga sangat banyak.

Pengertian Spanduk dan Banner

Pengertian Spanduk

Merupakan media promosi yang dicetak menggunakan bahan flexy yang akan dipasang secara memanjang atau horizontal. Coba perhatikan saat berkendara di kota kalian, banyak sekali spanduk yang dipasang do kanan kiri. Semuanya berisikan promosi atau pemberitahuan sesuatu yang dianggap harus diketahui khalayak ramai.

Penempatannya bisa banyak cara. Ada yang dibentangkan di pagar bangunan, digantung di teras dan menyesuaikan kreativitas pemasangnya. Media promosi ini harus dibentangkan secara kuat agar semua materinya bisa terbaca dengan jelas.

Yang agak sulit ialah kala membentangkannya di atas jalan. Dibutuhkan tali yang kuat di empat sudutnya. Pada sisi kanan dan kiei biasanya dimasukkan kayu untuk menarik banner agar cukup rata. Tak jarang spanduk jatuh karena pemasangan yang tidak profesional.

Pengertian Banner

Sementara banner pada prinsipnya sama dengan spanduk. Pada awalnya lebih banyak digunakan di dalam ruangan. Bentuknya bisa horizontal atau vertikal, menyesuaikan bidang yang akan dipasanginya.

Saat ini semakin banyak masyarakat memahami kegunaan banner. Sehingga sangat mudah ditemukan di toko-toko, bank, mall dan fasilitas umum lainnya. Yang ingin tahu lebih jauh tentang mesin seaming, bisa baca di sini.

Ukuran Spanduk dan Banner

Ukuran spanduk pada umumnya yang banyak dipesan ialah 80 cm × 200 cm, 90 cm × 200 cm, 100 cm × 250 cm, 150 cm × 300 cm. Namun itu bukan ukuran yang kaku, ukuran lainnya juga bisa dibuat dengan pertimbangan mesin printernya. Selain itu disesuaikan juga dengan seberapa banyak informasi yang ingin disampaikan.

Semakin banyak materi yang ingin disampaikan, maka ukurannya bisa semakin lebar. Sementara banner ukurannya juga beragam, mulai 60 × 160 cm, 80 × 180 cm, 80 × 200 cm. Keduanya dicetak menggunakan tinta berbasis solvent yang mampu melekat kuat dan cepat kering di bahan. 

Printer yang digunakan adalah large format atau mesin cetak besar. Di pasaran mereknya beragam demikian juga harganya. Jika ingin membeli yang bekas juga sudah banyak yang yang menyediakannya. 

Bahan Spanduk dan Banner

Ada perbedaan soal bahan yang digunakan untuk mencetak spanduk dan banner. Untuk bahan spanduk biasanya digunakan yang sifatnya ringan. Karena terkait dengan pemasangan di luar ruangan juga yang membuat bahan spanduk diusahakan mudah dilipat. Karena kalau bahannya berat, kalian mungkin bisa membayangkan jika harus diantar di tempat yang jauh dan dipasang di tempat yang tinggi.

Meski sifatnya ringan, namun bahan untuk media promosi ourdoor ini juga kuat. Bahannya yang dominan digunakan oleh pemain digital printing ialah flexy dan cloth banner. Jika diraba permukaannya, bahan ini memiliki tekstur menyerupai kain.

Sebenarnya kedua bahan di atas juga lazim diguanakn juga untuk mencetak banner. Namun ada bahan lain yang juga bisa digunakan media promosi yang awalnya ditujukan untuk pemasangan dalam ruangan ini. Bahan lain itu namanya Albatros dan PVC banner. Untuk penempatan dalam ruangan, kedua material inilah yang kerap dipakai.

Tempat Pemasangan

Sebuah informasi tentang dibukanya sebuah wahana permainan air di sebuah kota terpampang benar di sebuah perempatan jalan. Dengan demikian setiap pengguna jalan yang melintasinya bakal melihat informasi tadi.

Informasinya berupa nama wahana, tanggal pembukaan, fasilitas yang disediakan, gambar wahana, tiket tanda masuk serta jam kerja. Ini adalah contoh spanduk. Demikian juga dengan sesosok wajah yang terpampang cukup besat di tepi jalan sebuah pusat keramaian. Ia akan maju sebagai kepala daerah atau wakil rakyat. Semua yang dijelaskan di atas adalah contoh spanduk.

Demikian juga dengan informasi di atas pintu masuk sebuah stadion sepakbola, pintu masuk masjid, sekolah, di depan gerai penjual pulsa, nasi pecel dan sebagainya. Semuanya bisa dikategorikan sebagai spanduk. Cirinya ialah dipasang di luar, bukan dalam ruangan. Karena iru ukuran spanduk bisa sangat besar tergantung ukuran tempat pamasangannya.

Sementara jika ditemui selembar pengumuman kenaikan harga sebuah merek ponsel yang dipasang di dinding bagian dalam sebuah toko ponsel, itulah contoh banner. Karena dipasang di dalam ruangan, biasanya ukuran banner juga tidak terlalu besar. Namun ada juga yang ukurannya besar misalnya backdrop wisuda sebuah perguruan tinggi, musyawarah nasional sebuah organisasi dan sejenisnya.

Mesin yang Digunakan

Untuk banner yang diletakkan di dalam ruangan, bahannya bisa berbeda dengan bahan yang juga bisa digunakan untuk keperluan outdoor. Nah, mungkin Anda sering mendengar mesin printing indoor dan outdoor. Dari sinilah akan dijelaskan doal mesin yang dipakai untuk menghasilkan spanduk atau banner.

Mesin cetak yang tepat untuk pembuatan spanduk ialah mesin outdoor, sementara untuk keperluan mencetak banner digunakan mesin indoor. Kedua jenis mesin ini sudah didesain untuk keperluan berbeda. Termasuk tintanya. Untuk tinta spanduk karena dipasang di luar kena hujan dan panas tentu saja dibutuhkan tinta khusus. Demikian juga untuk mesin indoor, karena mesin ini belakangan juga digunakan untuk mencetak decal untuk motor dan mobil sehingga warnanya harus tajam dan jelas serta awet.

Jenis Spanduk dan Banner

Berikut ini beberapa contoh spanduk dan banner yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Spanduk

Secara garis besar terdapat tiga jenis spanduk di pasaran. Ketiganya ialah spanduk sablon, spanduk spray atau spanduk semprot dan yang terbaru spanduk printing.

1. Spanduk Sablon

Cocok untuk kebutuhan yang mendesak dan butuh banyak. Banyak tukang spanduk sablon yang mampu mencetak ratusan lembar dalam sehari. Namun spanduk ini memiliki kelemahan terutama soal catnya yang mudah luntur kena hujan apabila ngoplosnya kurang pas.

2. Spanduk Spray

Disebut juga dengan spanduk semprot. Jenis media promosi ini bisa digunakan untuk warung makan dan sebagainya sesuai peruntukannya. Kelebihannya ialah lebih tahan lama terhadap cuaca namun satu sisi pengerjaannya membutuhkan waktu yang lebih lama.

3. Spanduk Printing

Inilah yang sedang booming seteah munculnya printer ukuran besar. Kelebihannya semua warna bisa ditampung sehingga membuat orang yang melihatnya lebih fokus. Kelemahannya masih terbilang mahal. 

Jenis Banner

Di Indonesia pada umumnya dikenal tiga jenis banner. Sama seperti spanduk, banner juga memiliki kelebihan dan keurangannya masing-masing. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Mini X-banner

Silakan diletakkan di atas meja karena tidak akan menganggu. Dengan informasi yang terpampang di atas meja, desainnya menarik maka tak menutup kemungkinan akan memberikan dampak yang maksimal kepada orang yang membacanya. 

Jenis ini sekarang tak hanya ditemukan di kantor seperyi bank, dealer dan pelayanan lain, melainkan juga dijumpai di restoran atau tempat makan. Jika dulu kalau mau mesan makan pramusaji mengambil daftar menunya terlebuh dahulu baru dibaca satu orang, lalu menunya diputar bergiliran. Dengan mini x-banner banyak yang bisa membacanya karena posisi menunya berdiri. 

2. X-banner

Mengapa disebut X baner, karena tiang penyangga di bagian belakang bentuknya X. Tiang penyangganya terbuat dari bahan alumunium ringan hingga bisa dibawa ke mana saja. Dengan tiang yang sama bisa digunakan untuk memasang beberapa kali banner dengan desain dan informasi berbeda.

3. Roll banner

Roll adalah bahasa Inggris, kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia bisa dimaknai gulung atau menggulung. Banner ini memang bisa digulung karena memiliki tabung khusus. Roll banner adalah banner berbentuk gulungan, dimana penggunaannya sangat praktis, hanya perlu ditarik dari sisi atas ke bawah untuk dapat terlihat secara keseluruhan. 

Nah, apakah kalian juga tahu perbedaan iklan dan reklame? Semuanya dibahas di blog ini. Semoga artikel Perbedaan Spanduk dan Banner, Ukuran, Bahan dan Mesinnya ini memberikan tambahan wawasan baru. Pembuatan spanduk dan banner di Pulau Bintan bisa dilayani di Bintan Wrapping Sticker Variasi, samping Kafe Ala Bunda deretan Kafe Bolan, Bintan Centre Tanjungpinang atau ketikkan saja di Google.***

0 Response to "Perbedaan Spanduk dan Banner, Ukuran, Bahan dan Mesinnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel