Mesin Seaming Banner, Fungsi, Jenis dan Harganya

Mesin seaming adalah mesin yang digunakan untuk melipat vinyl tepian banner agar rapi. Ia juga bisa digunakan untuk menyambung banner yang ukuranya besar.

Saya coba mengetikkan kata seam di Google Translate, keluar artinya dalam Bahasa Indonesia sebagai lapisan. Ketika saya tambahkan ing di belakangnya, artinya menjadi jahitan. Dengan arti seperti itu kita bisa mengira-ira kegunannya.

Sistem yang digunakan pada mesin seaming ialah menyatukan lapisan plastik menggunakan hawa panas. Sudah lazim diketahui jika dua lapis plastik dipanaskan maka akan menyatu. Itulah cara kerja mesin ini pada penjelasan paling sederhana.

mesin seaming banner

Mesin seaming bisa dimanfaatkan untuk merapikan lipatan di tepi banner. Ini khususnya dilakukan untuk banner ukuran kecil. Mesin digital printingnya bisa mencetak sekali jalan dan selesai. Tepi banner harus dilipat agar rapi. Selain itu biasanya dilubangi dengan dipasang mata itik atau mata ayam. Ingat, bukan mata keranjang.

Sementara untuk banner atau baliho yang ukurannya besar pasti harus disambung. Sebelum muncul mesin ini, penyambungan dilakukan dengan memberikan lem perekat di kedua sisi bahan spanduk yang akan disambung. Lem yang lazim dipakai yaitu lem setan, begitu ditetes lekatnya kayak setan hehe.

Nah, penyambungan yang sempurna juga bisa dilakukan dengan mesin ini. Cara kerjanya yang praktis membuat pengusaha digital printing lambat laun meninggalkan cara lama dan membeli mesin ini demi kemudahan dan efisiensi waktu.

Jenis Mesin Seaming

Ada dua jenis mesin pelipat atau penyambung banner ini di pasaran. Meski fungsinya sama namun pengoperasiannya berbeda. Mana yang akan Anda beli, silakan dipikirkan sesuai keperluan.

Mesin Berjalan Otomatis

Mesin-Seaming-Banner-Portable

Pertama ialah mesin yang bisa dibawa-bawa atau istilahnya portabel. Ia memiliki ruas di bagian depan untuk membuka dan menutup pipa penyembur hawa panas.

Supaya bisa melekatkan lapisan banner, pipa tersebut harus dalam posisi menjepit di bawah roda. Ada tiga tombol yang terdapat pada badan mesin.

Tombol pertama sebagai pengatur kecepatan berjalannya mesin, lalu tombol kedua mengatur tingkat panas yang disemburkan sedangkan tombol ketiga mengatur panas secara digital.

Namun pada mesin keluaran terbaru hanya ada satu tombol. Tombol ini fungsinya sama. Untuk mengubah menu cukup menekan tombol ke bawah, lalu diputar. Jika sudah selesai setingan pertama, akan pindah ke setingan menu kedua, atur dan tekan tombol begitu seterusnya.

Saat mesin siap dioperasikan, ia akan ditempatkan persis di lipatan tepi vinyl banner. Ia akan berjalan secara lurus mengikuti tepi lipatan. Pada mesin terbaru bahkan dilengkapi infra red yang akan membantu jaraknya tetap sejajar dengan tepian vinyl.

Mesin jenis ini bisa digunakan untuk menyambung bagian antar banner berukuran besar. Caranya sama dengan saat merapikan tepian vinyl. Jika mesin berjalan keluar jalur, diarahkan lurus secepatnya.

Mesin Statis

mesin seaming banner duduk

Jenis kedua adalah statis atau posisinya diam. Saat mau merapikannya, maka banner ditempatkan di posisinya pada mesin. Dibutuhkan bantuan tangan untuk membantu tepian banner masuk ke roda dan dipanaskan oleh bagian mesin.

Jadi lurus atau tidak hasilnya tergantung bagaimana kalian membantu meluruskannya. Mesin seaming statis ini sangat bagus untuk merapikan lipatan pada tepi banner, bukan untuk menyambung antar bagian banner berukuran besar.

Harga Mesin Seaming Banner

Harga mesin ini sangat variatif. Banyak merek yang dijual di pasaran. Ukurannya juga bermacam macam. Berikut ini akan dijelaskan beberapa diantaranya.

Merek Powerpack SF 150 Watt

Oleh penjualnya, disebut dengan mesin seaming banner, mesin seaming, mesin seaming murah, mesin seaming duduk, mesin seaming fortable, mesin seaming spanduk, mesin lem banner, mesin perekat banner atau mesin perekat spanduk.

Continuos band sealer atau seaming sebagai mesin penyegel plastik atau banner pada produk baik ukuran kecil, sedang maupun besar. Bisa digunakan untuk jenis plastik seperti PE, PP dan Plastik Alumunium Foil.

Mesin ini menggunakan sistem eletronik untuk mengatur suhu dan conveyor berjalan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan serta kecepatannya.

Spesifikasinya, Voltage: 220V/50Hz; Motor Power: 50 Watt; Sealing Power: 500 Watt; Speed: 0 12 m/min; Temperatur Range: 0 300 C; Conveyor Size: 840 x 153 mm; Printing Type: Steel Wheel Embossing; Dimension: 860 x 480 x 380 mm; Weight: 35 Kg.

Harga yang dibanderol untuk mesin ini berkisar pada Rp3.985.000.

Merek Heavypack FR-900PL 250 Watt 

Oleh penjualnya diberi label sebagai mesin segel plastik continuous band sealer. Mesin ini sangat cocok untuk seal banner atau spanduk model selongsong bambu untuk keperluan promosi, pameran, kampanye, industri dan sebagainya.

Ia memiliki sejumlah kelebihan sebagai berikut:

  • Dilengkapi sistem operasi pengaturan melalui tombol untuk mempermudah & mempercepat proses penyegelan.
  • Kecepatan produksi bisa diatur sesuai keinginan.
  • Dilengkapi conveyor berjalan (Bisa dilepas).
  • Temperatur kontrol memudahkan kita untuk kontrol panas guna menyesuaikan dengan karakter jenis kemasan.
  • Emergency Stop.

Spesifikasinya, Voltase: 220V / 50-60 Hz; Daya Listrik: 650 Watt; Kecepatan Seal: 0-12 m / menit; Lebar Seal: 0, 6 - 1, 2 cm; Jarak Seal: Max 16 cm; Temperatur Pemanas Seal: 0-300* C; Mesin Size (PxLxT): 82 x 53 x 30,5 cm; Berat mesin (Gross): 33 kg.

Harga untuk mesin ini berkisar di angka Rp5,3 juta.

Sementara mesin yang lain spesifikasi tak jauh berbeda dijual dengan harga di antara rentang angka di atas.

Semoga artikel Mesin Seaming Banner, Fungsi, Jenis dan Harganya ini memberikan manfaat. ***

0 Response to "Mesin Seaming Banner, Fungsi, Jenis dan Harganya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel