Panduan Lengkap Mendirikan Bisnis Digital Printing

bisnis digital prinitng
Bisnis digital printing adalah salah satu usaha yang zaman sekarang banyak dilirik orang. Hal ini tentu saja karena permintaan akan produknya masih bagus. Orang pun tak ragu berinvestasi.

Saat mau membuka bisnis digital printing, yang dipikirkan hampir semua orang ialah peralatan apa saja harus disiapkan. Juga hal-hal lain yang mendukung berjalannya usaha ini. Tentu pemikiran tersebut wajar mengingat dibutuhkan modal yang harus dikeluarkan.

Jika membuka bisnis digital printing secara membabi buta hanya karena punya uang, bisa menyesal di kemudian hari. Untuk itu perlu pemikiran dan persiapan matang agar usaha yang dilakukan berdiri kokoh dan mampu berkembang.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus sobat siapkan atau rencanakan jika ingin membuka bisnis digital printing. Silakan baca uraiannya di bawah ini secara teliti agar paham dan mendapatkan gambaran yang cukup.

Mesin Digital Printing

Ini adalah peralatan yang mutlak atau wajib. Wajib itu artinya harus ada. Memang bisa sih tanpa mesin digital printing, misalnya nebeng punya teman. Namanya juga nebeng gaes, tentu harus sabar kalau kerjaan sobat dikerjakan belakangan. Lha nebeng kok selalu minta duluan hihihihi.

Memilih mesin digital printing juga butuh rumus. Yaitu agar kehadirannya benar-benar maksimal. Ini penting menjadi catatan bagi para pemula, harus tahu kira-kira apa saja yang akan menjadi produk usahanya. Dengan keterbatasan modal, dituntut kejelian agar bisa membelinya.

Di pasaran ada banyak penjual mesin digital printing. Menjadi pelaku bisnis digital printing pun seakan sangat mudah. Tinggal beli mesin yang dilihat di internet, lalu transfer dan beres. Awas, bisa jadi bukan beres malah nanti boros.

Meski uangnya terbatas dan membeli mesin digital printing murah, tentu sobat tak ingin hanya mendapatkan mesin yang murahan, bukan? Ada kecepatan cetak, resolusi cetak yang berkaitan dengan mesin tadi.

Ada satu hal penting, begini: bila modal sobat terbatas namun memiliki orderan yang kencang, gunakan mesin digital printing cepat walaupun sedikit lebih mahal. Dengan demikian derasnya orderan tetap bisa terlayani. Ujung-ujungnya modal untuk membeli mesin digital printing segera balik.

Siapa hayo yang nggak suka kalau modal usahanya kembali pulang. Sementara kalau sobat benar-benar pemain baru yang belum punya banyak klien atau calon klien, maka mesin digital printing yang paling terjangkau dapat menjadi solusi. 

Semakin murah mesin printing, kecepatan cetaknya juga lebih lambat. Namun jika memiliki referensi yang lengkap maka tetap ada merek mesin digital printing harga terjangkau yang tetap bisa diandalkan.

Bahan atau Media

bahan digital printing
Kalau mesin digital printing harus ada, selanjutnya bahan atau medianya juga wajib tersedia. Bahan yang digunakan akan berbeda, tergantung akan diaplikasikan di mana hasil cetakan tadi.

Misalnya, untuk membuat spanduk atau baliho biasanya digunakan media Frontlite. Frontline pun ada dua jenis, yaitu model matte atau doff dan glossy. Merekanya banyak, beda merek beda ketebalan. Menggunakan bahan yang pas akan menghasilkan cetakan yang yahud. 

Kalau ingin membuat wallpaper, bahannya juga berbeda lagi. Karena mengingat kegunaan dan fungsinya, maka untuk wallpaper harus digunakan bahan yang baunya tidak menyengat. Lha iya, kalau wallpapernya bau materialnya nanti tamu yang datang pusing. Kacau deh.

Yuk kita ketahui beragam media untuk bisnis digital printing. Jenis-jenis yang banyak dipakai diantaranya:

  • Media Wallpaper
  • Flexi (Fontlite & Backlite) – China / Korcin
  • Sticker Ritrama (Putih – Black Out – Glossy – Matt)
  • Sticker Ekonomis
  • Cloth
  • One Way Vision
  • Mika
  • Vinly PU (Untuk di tempel di kaos dapat di cetak) – Flesso

Tinta

Beda dengan mesin cutting yang hanya membutuhkan bahan dengan warna, mesin digital printing membutuhkan tinta. Persoalan tinta juga cukup rumit lantaran ada kaitannya dengan print head. Asal sobat tahu, print head merupakan komponen utama mesin digital prinitng yang harganya tidak murah.

Setiap mesin menggunakan print head dengan umur tertentu. Namun umur terpanjang itu tak akan sobat capai jika salah menggunakan tinta yang cocok atau sesuai. Ibarat mencari pacar, kalau nggak sehati atau senada isinya berantem tiap hari. Mendingan tiap hari, kalau tiap jam, bisa bangkrut karena ngisis paket kuota melulu untuk berbalas kemarahan.

Dan jangan berpikir kan bisa dinati dengan print head merek lain. E ee, jangan begitu sobat. Belum tentu merek lain bisa diterima sistem mesin digital printing milik sobat. Gunakan saja pepatah lama, yang sejak SD sampai anak saya SD tetap berguna, yaitu malu bertanya sesat di jalan.

Tanya dahulu dengan detil dan lengkap kira-kira bagaimana dengan tinta yang cocok. Saya rasa penjual mesin digital printingnya akan dengan senang hati memberikan penjelasan. Kan dia juga jualan. Tetapi memang kadang ada juga penjual yang nakal ya, semoga yang seperti ini bukan untuk sobat hehe.

Mesin Seaming

Mesin seaming adalah alat yang penting ketika sobat akan menyambung banner berukuran besar. Misalnya ada order baliho salah satu pasangan calon yang ukurannya sangat lebar. Sementara mesin digital printing sobat tidak cukup untuk sekali cetak.

Caranya bagi ukurannya, lalu cetak per bagian. Nah, gunanya mesin seaming itu membantu merekatkan atau menyambungkan banner. Kalau tidak ada peralatan ini sobat akan kesulitan mengerjakannya. Manual bisa tetapi hasilnya kurang maksimal dan tentu saja memakan waktu. Idih waktu kok dimakan kwkwkwk.

Ring atau Mata Itik Plus Alat Press

mata itik banner
Pernah melihat spanduk atau banner atau baliho? Kalau belum pernah silakan sobat keluar dari tempat sekarang, lalu lihat sekeliling. Kalau ketemu datangi, amati tepi tepinya, biasanya bagian atas dan bawah. Akan terlihat ring atau cincin atau biasa disebut mata itik.

Lubang-lubang ini memudahkan saat memasang banner atau baliho. Karena fungsi mata itik tadi ialah untuk mengikat. Karena lubang itu akan dimasuki tali atau kawat maka alat ini juga penting. Untuk memasang mata itik di tepi spanduk, maka digunakan mesin press.

Ingat ya bukan mesin press sablon kaos, melainkan mesin press mata itik.

Ruang Kerja

Sebuah usaha yang keren tentu saja memiliki sebuah ruangan untuk tempat bekerja. Seperti perusahaan yang akan lebih dipercaya jika memiliki kantor. Ruang kerja bagi bisnis digital printing bukan sekadar gagah-gagahan.

Bagaimana sobat akan mencetak spanduk atau banner kalau tak ada ruang kerja? Selain itu bagi teknisi pemasang mesin digital printing akan melihat bagaimana suhunya dan kelistrikannya. 

Katakanlah mesin sobat satu setengah meter, pasti membutuhkan space lain untuk sobat memasang bahan, membentang bahan serta tempat lalu lalang karyawan.

Jangan sampai kaki orang tersangkut di hasil cetakan hanya karena terlalu sempitnya ruang kerja yang ada. Ngirit itu ada batasnya. Tidak semua harus diirit kalau itu urgent untuk diadakan. Menjaga lebih baik daripada mengobati.

Pendingin Ruangan

Mungkin bagi sobat yang belum sama sekali memiliki bisnis digital printing berpikir membali AC atau pendingin ruangan kan bisa belakangan. Paling juga karyawan kalau bilang kepanasan bisa digunakan kipas angin. Kalau satu kurang ya pasang lima biar jendidilen atau kedinginan. 

Padahal..... fungsi pendingin ruangan yang utama bukan buat tubuh sobat atau karyawan. Melainkan untuk membuat mesin digital printing lebih awet. Kalau nggak percaya, lihat spesifikasi mesin-mesin merek tertentu, pasti ada anjuran agar dipasang di ruangan berpendingin udara.

Stablilizer

Pernah bertamu ke rumah teman lalu tiba-tiba listriknya nggak stabil? Kebetulan rumah teman di tepi pemakaman umum, pasti yang muncul di benak sobat adalah ih syereeeem. Padahal baru melihat lampu kok redup sendiri, terang sendiri, begitu seterusnya.

Sama sobat, mesin digital prinitng juga butuh listrik yang stabil. Bukannya takut hantu, melainkan akan merusak komponen di dalamnya kalau tegangan tidak terjaga. Untuk itulah dibutuhkan stabilizer, yang artinya alat penyetabil tegangan listrik.

UPS

Tentu saja untuk bisnis digital printing bukan power bank ponsel yang dimaksud. Lebih tepatnya adalah UPS atau alat yang mampu menyimpan tenaga listrik untuk jangka waktu tertentu. Mengapa alat ini juga penting, karena saat listrik padam dan mesin harus menyelesaikan kerjanya sudah pasti listrik tak boleh terputus.

Nah UPS inilah yang mendapatkan delegasi untuk menjaga pasokan daya listrik ke mesin dan komputer tetap aman sampai pekerjaan mencetak selesai. Kekuatan UPS berbeda-beda, yang membadakannya ialah lamanya mampu menyimpan cadangan daya listrik.

Komputer Khusus

Untuk mengoperasikan mesin, dibutuhkan minimal satu unit komputer. Spesifikanya juga jangan lemot-lemot amatlah. Ya miminal prosesor Core i-3, tetapi kalau lebih tinggi ya lebih buagus to om. Di dalamnya harus ada RAM minimal 2 GB.

Spesifikasi tadi akan banyak berkaitan dengan proses ripping, yaitu dari desain mentah ke desain dalam versi yang dikehendaki mesin digital printing. Ini pekerjaan berat bagi komputer. Pasti konsumen sobat lari ke tempat lain kalau merasa terlalu lama menunggu cetakannya nggak rampung-rampung.

Selain komputer khusus mesin, harus ada komputer lain untuk keryawan bagian desain. Kalau punya dana, bagus juga siapkan komputer satu di ruang tamu. Karena ada juga klien yang sudah mempunya file jadi sehingga tinggal copy ke folder kerja lalu diserahkan ke bagian pencetakan.

Software Grafis

Di dunia bisnis ini, sobat harus mencari orang-orang dengan performa terbaik. Maksud saya memiliki kemampuan mendesain yang sangat bagus. Ingat, akan banyak konsumen datang hanya dengan ide di kepalanya.

Desainer grafis yang baik akan dengan mudah menangkap keinginan konsumen lalu mewujudkannya di layar komputer. Nah, sehabat-hebatnya karyawan atau tukang desain sobat kalau tanpa software grafis seperti CorelDraw atau Photoshop ya boong.

Desainer Grafis

Kali ini kita bicarakan orangnya, bukan softwarenya. Sama sih, ada software tetapi tak ada yang menggunakannya ya nggak akan tercetak order yang banyak itu. Kalau menurut legenda dibuatnya Candi Prambanan hanya dalam waktu semalam, apa bisa begitu juga cetakan sobat?

Nggak Nyesel kalau Baca Ini:

Perbedaan Mesin Cutting Jinka dan Jinka Pro (Update 2020)

Apa Fungsi Cutting Mat di Mesin Cutting Cameo?

Pakai Software Unduhan, Silhouette Cameo 3 Tak Bereaksi

Cari orang orang yang profesional di bidangnya. Profesional itu menyeluruh, skillnya, attitude, sifat, bagaimana menghadapi pelanggan dan lain sebagainya.

Operator Mesin

Sesuai namanya, operator bertugas untuk mengoperasikan mesin digital printing milik sobat. Orang ini akan berhubungan langsung dengan mesin digital printing. Jika ketemu norang yang pas, maka akan tercipta paduan yang bagus sehingga memuaskan.

Carilah penjual mesin digital printing yang menyediakan kursus singkat bagaimana menangani mesin. Dengan begitu seorang operator tidak akan meraba-raba. Jangan pula gunakan operator yang sok tahu. Hal yang harus ada pada operator ialah kebersihan menurutnya.

Jangan sampai mesin yang harganya tidak murah, pakai ngutang ke bank hehe, rusak hanya karena operator sobat sembrono.

Demikianlah ulasan panjang lebar tentang hal-hak penting sebelum terjun ke bisnis digital printing. ***

0 Response to "Panduan Lengkap Mendirikan Bisnis Digital Printing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel