Apa Fungsi Cutting Mat di Mesin Cutting Cameo?

mesin cutting cameo
Mesin cutting cameo adalah produk Amerika yang keamdalannya sangat bisa sobat percaya. Meain ini memang diranvang untuk keperluan potong-memotong secara sempurna.

Berbagai hal sengaja dihadirkan sebagai fitur tambahan di mesin cutting dengan area lebar potong 30 centimeter ini. 

Salah satunya ialah disertakannya sebuah cutting mat pada setiap pembelian satu set mesin cutting Cameo. Saya garis bawahi ya, yang dapat cutting mat adalah saat sobat membeli mesin cutting Cameo baru.

Saya tegaskan lagi, baru di sini bukan baru diambil dari kamar, diambil dari rumah teman, melainkan baru buka bungkus dari toko. Jangan nanti beli mesin cutting cameo dari teman lalu nggak ada cutting mat-nya lantas nangis meraung-raung. 

Cutting Mat dan Artinya

Pada dasarnya cutting mat adalah selembar plastik yang ukurannya bisa masuk ke mesin cutting Cameo. Namun plastik ini bukan sembarang plastik. 

Ia memiliki sifat keras, bukan plastik yang lentur. Apalagi plastik kantong belanjaan atau kantong plastik hehe. Sifatnya hampir seperti mika yang bening atau buram itu.

Meski disertakan saat membeli mesin baru, nyatanya masih banyak yang tidak pernah menggunakannya selama mengoperasikan. 

Fungsi Cutting Mat

Cutting mat dibuat pasti memiliki kegunaan. Yup, bener sama sekali. Sobat sticker di seluruh dunia, cutting mat adalah persembahan dari mesin cutting Cameo yang menurut saya keren.

Peralatan ini akan sangat membantu tatkala sobat hendak memotong bahan sticker yang tipis banget. Dengan diletakkan atau dilekatkan di cutting mat, maka bisa mengurangi risiko kerusakan bahan akibat goresan pusau mesin cuttingnya.

Namun diantara sekian kegunaannya, yang paling penting ialah sobat bisa mengirit bahan sticker. 

Penjelasannya seperti ini, cutting mat memiliki lebar 30 cm-an. Kalau sobat mau memotong bahan sticker selebar 30 cm tentu tinggal memasukkannya ke mesin.

Berbeda jika ada sisa bahan sticker yang ukurannya hanya 10 cm x 3 cm. Kalau bagi sebagian besar tukang sticker, saya jamin bahan seukuran itu langsung masuk ke kantong sampah. Nggak berguna, nggak ada artinya, Huu huu huu, padahal kalau bahan lagi habis sama sekali suka mengais ngais tempat menyimpan bahan sticker.

Nah, jika sobat mendapatkan pesanan satu biji sticker cutting ukuran 8 cm x 1,5 cm masih bisa lho menggunakan bahan sisa tadi. Caranya, ambil cutting mat, lepaskan lapisan pelindungnya, tempelkan sisa bahan sticker tadi ke atasnya.

Jangan khawatir, permukaan bagian atas cutting mat memiliki perekat yang sangat tidak cepat habis daya lekatnya. Selanjutnya masukkan saja cutting mat ke mesin dan dengan alat ini nggak ada sisa bahan terbuang.

Hindari Debu dan Air

Menjaga cutting mat berarti menjauhkannya dari partikel kecil yang bisa dengan mudah menempel di bagiannya yang berperekat.

Saran saya, sehabis pemakaian mohon lekatkan kembali lapisan pelindungnya. Selain permukaan cutting mat aman dari kotoran, juga menjaga daya tahan perekatnya.

Kalau cutting mat sudah kena debu, ibaratnya pisau mesin cutting menerjang jalanan terjal penuh kerikil. Padahal kalau debu sudah nempel, waduuuh sulit membersihkannya.

Selain debu, musuh yang harus dijauhi cutting mat ialah air. Jika terkena air seharusnya jangan dibersihkan menggunakan kain yang berserabut. Karena serabut atau bulu bulu kain bisa tertinggal.

Demikian informasi saya tentang cutting mat, semoga menambah pemahaman sobat pemilik mesin cutting Cameo. ***

0 Response to " Apa Fungsi Cutting Mat di Mesin Cutting Cameo?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel