Tinta Eco Solvent untuk Mesin Indoor

tinta-eco-solvent

Tinta ini kebalikan dari tinta solvent yakni digunakan pada mesin Indoor. Harga tinta ini lebih mahal dibandingkan dengan tinta solvent, karena dijual perliter. Oleh karena itu, daya tahan dan kualitas hasil yang dicetak pun lebih bagus dibandingkan dengan mesin outdoor.

Pada tinta ini pun harus disesuaikan dengan printhead yang digunakan, tidak boleh asal sama seperti tinta solvent. Sebagi contoh, jika kalian menggunakan mesin printhead Epson DX5, maka kalian harus menggunakan tinta yang kompatibel.

Biasanya, tinta yang digunakan itu diaplikasikan pada bahan seperti albatross, luster atau bahan yang sering digunakan adalah luster. Walaupun daya tahan hasil cetak terbilang bagus, namun untuk memperkuat kalian harus melakukan laminasi lagi agar lebih optimal.

Ecosolvent adalah jenis tinta terbaru. Tinta ini hasil dari pemngembangan tinta sebelumnya yaitu tinta solvent yang banyak digunakan untuk keperluan mencetak format besar di luar ruangan. 

Ecosolvent tidak memiliki bau yang menyengat, sehingga aman diinstal pada ruangan tertutup yang tidak memiliki ventilasi yang baik. Jenis tinta ini biasanya digunakan untuk mencetak promosi dalam ruangan dan luar ruangan karena daya tahan tintanya yang tahan lama atau awet jika terkena air hujan dan sinar matahari. 

Dengan memiliki mesin ecosolvent kalian dapat mengerjakan dua kebutuhan cetak sekaligus seperti spanduk outdoor dengan bahan flexi atau mencetak X banner, roll up banner dan cetak stiker pada permukaan bahan yang berbeda seperti stiker vinyl, albatros, one way vision, luster dan lainnya

Ada 2 jenis ukuran yang dimiliki oleh mesin ecosolvent ini yaitu ukuran 3.2 m, biasanya dapat mencetak dengan kecepatan tinggi dan khusus digunakan untuk keperluan outdoor sedangkan mesin berukuran 1,5 m dikhususkan untuk mencetak indoor saja. 

Menggunakan mesin ecosolvent ini membuat kalian harus menggunakan tinta yang harganya tidak murah juga karena aman dan ramah lingkungan. Jika kalian menggunakan mesin yang terkenal maka bersiaplah dengan harga sparepart yang mahal, sebaliknya jika memiliki mesin china maka harga sparepart nya pun cukup terjangkau.

Jika kalian sudah mengerti tentang pilihan mesin cetak solvent dan ecosolvent dalam industri percetakan komersial, maka sekarang kalian sudah dapat memutuskan jenis mesin yang kalian butuhkan. 

Berkonsultasilah dengan sales mesin untuk mendapatkan informasi seperti harga, kecepatan cetak, ciaya cetak, dan kondisi ruangan yang dibutuhkan. Sehingga kalian memiliki gambaran untuk menentukan harga jual, target dan biaya instalasi mesin pilihan kalian.

Tinta eco solvent memiliki warna yang tersuspensi dalam pelarut biodegradable ringan, yang berarti bahwa tinta hampir tidak berbau karena tidak mengandung banyak senyawa organik yang mudah menguap. 

Tinta ini sebenarnya sudah ada sejak awal 2000-an dan awalnya dirancang untuk pekerjaan papan nama umum. Kemudian berkembang dan dijadikan tinta untuk mesin outdoor.

Bau yang tidak menyengat menjadi salah satu tanda jika tinta eco solvent cukup ramah lingkungan. Hal ini juga tidak perlu membuat kalian terlalu pusing jika ingin menempatkan mesin printing kalian karena urusan bau tintanya.

Karena dibuat dengan senyawa organik yang kurang mudah menguap maka akan membuat kartrid cetak eco-solvent tidak begitu merusak atau memburuk pada komponen printer kalian. Karenanya kalian juga tidak harus setiap hari membersihkannya atau terlalu sering.

Mencetak dengan tinta eco-solvent memang membutuhkan lebih banyak panas agar cepat kering. Jenis bahan turut mempengaruhinya. Mengingat daya tahan tintanya tidak tahan lama, maka pergunakanlah tinta eco solvent hanya untuk mencetak pekerjaan yang umurnya untuk satu atau dua tahun. ***

0 Response to "Tinta Eco Solvent untuk Mesin Indoor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel