Bisnis Stiker Rumahan yang Menguntungkan

usaha-stiker-rumahan

Bisnis stiker rumahan yang menguntungkan. Bisnis stiker merupakan peluang usaha yang masih bisa kalian pikirkan bahkan di masa pandemi. Jangan selalu berpikir ah sekarang kan zaman pandemi, banyak PHK, masak sih buat toko stiker?

Orang-orang cerdik cendekia meninggalkan petuah bijak buat kita. Yaitu lebih baik mencoba meski gagal ketimbang tidak pernah melakukannya sama sekali. Tetapi berdasarkan pengaman, usaha ini bisa tetap dibuka dengan beberapa catatan.

Usaha cutting sticker, jika kita mau membuka mata tumbuh semakin subur di Indonesia. Salah satu buktinya begitu mudahnya kalian menemukan toko stiker di kota tempat tinggal kalian.

Zaman dahulu, toko stiker pasti adanya di kota-kota besar. Mesinnya juga masih mahal, belasan atau bahkan puluhan juta. Berbeda dengan saat ini, dengan Rp5 juta bahkan kurang sudah bisa memilikinya.

Namun hari ini, kebangetan kalau di kota kalian nggak ada sebuah pun toko stiker. Itu kabar menyedihkan buat para klien yang membutuhkan benda ini. Tetapi di satu sisi merupakan peluang yang sangat besar untuk dicoba.

Usaha Stiker Rumahan

Nah, kan banyak tuh yang mikirnya lama banget, zaman begini bukannya nyari kerja malah bikin usaha. Lah, lihatlah my friend, banyak sekali tetangga dan teman kita yang mendapatkan surat PHK. Banyak yang resign dari their job.

Mengapa harus rumahan? Alasan yang paling masuk akal ialah kalian tak membutuhkan biaya sewa toko, tempat atau rumah toko alias ruko. Ya jangan gunakan ruang tamu keluarga, nanti tamu yang datang kebingungan dong mau duduk di mana.

Selain itu kalau di ruang tamu nanti dikira ruang dekorasi bukan toko stiker. Kalau ada bekas ruangan buat toko yang lama nggak dipakai, bisalah dimanfaatkan.

Nggak perlu besar-besar amat kok, ukuran 3 x 3 meter saja sudah oke itu. Ingat my friends, yang kita bicarakan is small business not giant business. Artinya cukup untuk menempatkan sebuah meja dengan komputer di atasnya.

Lalu yang penting cukup untuk menaruh cutting sticker machine atau plotter. Mesin ini paling panjang sekitar 120 centimeter. Kalau ada yang lebih lebar biasaya jarang dipakai. Yang umum di Indonesia justru yang berukuran 60 centimeter.

Terserah kalian mau menggunakan made in china atau made in USA or Japan atau negara lain. Pokoknya harus ada mesin cutting karena ini penting banget.

Mau pakai US Cutter, Mimaki plotter, Graphtec or Roland up to you gaes. Atau Jinka plotter, Redsail, Innograph, Teneth dan lainnya juga monggo saja.

Kan halaman rumah kalian bisa digunakan sebagai tempat untuk memasang stiker di kendaraan klien. Kalau halamannya luas bisa menerima kedatangan mobil, sementara yang kecil cukuplah menerima konsumen motor.

Bisnis Cutting Stiker

Usaha cutting stiker harus dibahas dalam sub judul tersendiri karena hingga hari ini masih banyak yang membutuhkan penjelasan. Maksudnya banyak warga belum tahu kalau stiker itu ada jenisnya.

Yang sudah membuka bisnis stiker bertahun-tahun pasti pernah menerima calon konsumen yang masuk ke toko. Namun saat ditanya mau membuat stiker apa, yang bersangkutan akan bingung.

Dia tidak tahu sama sekali ada die cut sticker, kiss sticker, cutting sticker atau printing sticker.

Nah, salah satu stiker ialah cutting. Cutting dari kata memotong dan sticker ya artinya stiker. BUkan berarti toko kalian menerima jasa memotong-motong stiker, melainkan menerima jasa pembuatan stiker dengan teknik potong.

Menulis kata potong jadinya ingat sticker plotter machine. Kalau kalian memiliki anggaran terbatas, bisa membeli small sticker cutting machine seperti Jinka yang 30 cm, CraftRobo yang lebarnya 20 cm atau Silhouette Cameo yang lebar potongnya 30 cm.

Bisnis cutting stiker ini akan dibutuhkan banyak orang. Baik pemilik mobil atau motor, kantor pemerintah, kantor swasta dan sebagainya.

Usaha Stiker Motor

Bagi kalian yang baru membuka usaha stiker, tak ada salahnya sementara waktu menerima pekerjaan yang terkait sepeda motor. Jangan remehkan bro, motor sticker bisa cukup menguntungkan jika kalian kreatif.

Coba perhatikan bagaimana di setiap bagian sepeda motor yang ditunggangi para pembalap MotoGP penuh dengan nama sponsor. Nggak ada salahnya kan melakukan apa yang disebut teknik ATM, yaitu amati, tiru dan modifikasi.

Salah satu yang ditiru dari motor pebalap itu ialah stiker velg. Mengapa harus kreatif?

Dulu, stier velg motor hanya garis tanpa variasi. Kemudian diberi tulisan. Lalu berkembang tak lagi hanya lurus. Hal ini juga lantaran perkembangan velg yang tak lagi berukuran kecil namun lebar seperti pada motor KLX, Supermoto dan motor-motor matik besar lainnya.

Usaha cetak stiker akan terus berkembang sesuai perkembangan zaman. Kalau kalian mengikuti dunia stiker, pasti tak pernah berpikir jika Jepang memiliki produk JDM. Begitu banyak varian JDM Sticker, hingga akhirnya menyebar desainnya ke seluruh dunia.

Bisnis Stiker Nama

Jenis usaha ini bisa dikatakan sangat sederhana. Nama yang saya maksud di sini bisa berarti nama kantor, instansi atau lembaga. Nah, bisnis stiker rumahan bisa menyasar peluang seperti ini.

Setiap orang atau kantor yang ada kegiatan di dalamnya nyaris semuanya butuh papan nama. Dan papan nama ini seakan sudah menjadi hal yang harus ada.

Bisa kalian bayangkan jika sebuah usaha rumahan yang memproduksi kaos dengan printer DTG tidak dilengkapi papan nama. Ingat, kalian memang bisa mengandalkan media sosial untuk promosi.

Pikirkan bahwa tidak semua orang bisa melek teknologi dengan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu beberaoa kiash ada yang kesasar setelah mengikuti peta di dunia maya.

Jika kalian memiliki link ke pemerintahan, cobalah ajukan penawaran untuk pembuatan papan nama kantornya. Bayangkan, dalam satu pemerintahan daerah memiliki banyak OPD.

Belum lagi instansi swasta. Dan besar kecil atau ukuran stiker nama kantor pasti tidak sama. Ada yang besar dengan anggaran besar dan ada juga yang sedang, bahkan kecil.

Dan jangan lupa, sudah lazim di setiap kantor ada ruangan-ruangan khusus bagi para pejabat. Nah itu juga peluang bagi pemilik usaha stiker. Dari contoh tersebut bisa dikatakan bisnis cutting sticker bisa hidup hanya dengan menjalin kerja sama dengan orang pemerintahan.

Stiker Usaha

Usaha stiker rumahan juga bisa diaplikasikan untuk para pemilik usaha. Stiker usaha tidak jauh berbeda dengan apa yang saya tulis ai atas. Intinya adalah mencari para pemilik usaha lalu menawarkan stiker cutting untuk pembuatan papan nama usaha.

Stiker usaha contohnya Penjahit Rapi, Pangkas Rambut Modern, Rumah Makan Laris, Persewaan Mobil Percados dan sebagainya.

Kalau yang besar-besar misalnya, Kampus Universitas Wrapping, Biro Perjalanan Wisata ke Jepang, Bank Bambang dan sebagainya. Nama-nama yang saya sebutkan adalah contoh. Jangan cari pula nanti mencari di mana Bank Bambang.

Semakin tua usia dunia ini, akan semakin beragam jenis usaha yang membutuhkan jasa bisnis stiker rumahan. Sesuatu yang dahulu tak terpikirkan dijadikan usaha sekarang sudah biasa.

Bisnis Stiker HP

Kalian tahu garskin? Itu lho pelapis casing handphone atau ponsel. Memang, setiap pembelian ponsel pasti dilengkapi casing. Namun sifat manusia ialah selalu tidak puas dengan apa yang ada.

Maka dari itu bisnis stiker pembuatan garskin pun memiliki pasar tersendiri. Untuk latar gambarnya sangat mudah, kalian bisa membuka internet. Carilah gambar yang diinginkan para konsumen.

Nah, untuk usaha bisnis stiker HP membutuhkan satu perangkat lagi yakni scanner. Nggak usah yang mahal, murah asalkan bisa. Dengan Rp300.000-an ribu sekarang sudah dapat scanner bagus.

Gunanya ialah merekam ukuran casing ponsel sesuai ukuran yang pas. Hasil scan inilah yang diolah di aplikasi grafis di komputer. Tinggal tempelkan saja gambar latar comotan dari internet, kasih nama atau tulisan lain dan cetak.

Bisnis cutting sticker garskin juga membutuhkan printer. GUnakan saja printer rumahan merek Epson. Empat warna cukuplah, tetapi kalau ingin hasil warnanya sempurna ya gunakan saja Epson enam tinta. Kalian bisa memilik yang seri Epson L800 atau L1800.

Paket Usaha Stiker Label Nama

Kalau yang ini belakangan juga banyak dicari orang. Karena pandemi Covid 19, justru semakin banyak warga yang kreatif. TIdak sedikit orang sukses membuka usaha dari rumah.

Ada yang membuat jamu dalam kemasan botol plastik, makanan ringan, dan berbagai jenis dagangan lain. Produk-produk tadi membutuhkan label nama. Biasanya berisi nama usaha dan nomor telepon serta gambarnya produk yang dijual.

Di sini, seperti bisnis stiker hp, kalian membutuhkan printer. Gunanya ialah mencetak di kertas stiker. Sementara untuk memotongnya sesuai pola desain silakan gunakan mesin cutting stiker.

Paket Usaha Stiker

Kalau kalian rajin membuka internet dan mencari-cari informasi, maka banyak sekarang paket usaha stiker yang ditawarkan.

Jenisnya beragam, terserah kalian mau mengambilnya yang mana. Diantaranya ada paket mesin cutting, printer dekstop dan mesin heatpress. Bahkan ada yang menyertakan Printer DTG untuk sablon kaos. Dengan membeli paket usaha stiker ini sebenarnya sudah bisa membuka usaha stiker rumahan.

Sebagai langkah awal bisa kalian membeli paket yang terdiri dari mesin cutting stiker merek Silhouette Cameo, printer Epson ecosolvent mini dan heatpress. Penjelasan ini bisa dipilih untuk usaha cutting sticker pemula.

Mesin cuttingnya bisa dipakai untuk memproduksi stiker cutting seperti kebanyakan orang. Sementara printernya bisa dimanfaatkan untuk membuat stiker printing. Dan mesin heatpressnya silakan dimaksimalkan agar bisa mendapatkan pemasukan dengan menerima sablon satuan.

Kemitraan Usaha Cutting Sticker

Meski kalian hanya usaha stiker rumahan, namun memiliki kemitraan dengan bidang lain itu perlu. Beberapa hal yang bisa dicoba agar penghasilan lebih bagus diantaranya dapat dibaca di bawah ini.

Jika ada pembuat buket balon, kalian bisa menerima pembuatan stiker cuttingnya. Polanya selalu salam kok, paling Happy Birthday nama seseorang lalu dilengkapi ucapan dari lalu diberi hiasan bunga, bintang dan sebagainya.

Pembuat buket balon bukan hanya melayani mereka yang berulang tahun, melainkan juga wisuda, pernikahan, ultah pacar, ultah saudara, hari kelahiran dan sebagainya.

Masih terkait dengan usaha stiker motor, kalian bisa bekerja sama dengan pembuat pelan nomor kendaraan. Pemilik mobil atau sepeda motor pasrui enyukai jika nomor kendaraan mereka tampak rapi.

Lihatlah bagaimana pelat noor aslinya yang dikeluarkan Samsat, cat putihnya sangat tidak rapi. Sebenarnya sih memang tujuannya bukan bagus dan tidaknya, melainkan bentuk legal dari keberadaan sebuah kendaraan bermotor dan ketaatan membayar pajak.

Tetapi kalau tulisannya sangat rapi, pasti mereka lebih senang. Dan untuk membuatnya rapi ialah dengan cutting sticker.

Kemitraan juga bisa dijalin dengan pemilik usaha teralis. Mereka kan bisa dengan mudah membuat kerangka neon boks. Nah ajak mereka untuk menerima pembuatan papan nama.

Tukang teralis yang bertugas membuat kotak papan nama sementara kalian memasang tulisannya. Silakan cari kemitraan lain agar usaha stiker rumahan kalian lebih maksimal dan dikenal banyak orang.

Bisnis Stiker Rumahan Online

Maksudnya kalian harus melek informasi teknologi. Saya sudah membuat artikel tentang bagaimana mengenalkan tempat usaha stiker dengan Google My Business atau Google Bisnisku.

Agak lain ya? Memang seperti itulah seharusnya. Percaya atau tidak, sebagian besar tukang stiker di Indonesia hanya menjual produknya melalui media sosial. Entah itu Facebook, Twitter, Pinterest dan Instagram.

Padahal ada tool yang disediakan Google untuk mengoptimalkan sebuah usaha. Google juga terus mengembangkan apa yang disebutnya SEO lokal. 

Sebagai contoh, saya membuatkan Inilah Stiker dan Bintan WRapping yang dikelola adik-adik saya di Google My Business.

Dan tahukah kalian apa yang dihasilkan darinya? Hampir separo dari pelanggan baru datangnya dari sini. Karena mereka dari rumah saat mencari produk stiker cutting yang dibutuhkan.

Demikianlah uraian saya tentang usaha stiker rumahan, semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Bisnis Stiker Rumahan yang Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel