FAQ Terkait Printer Dot To Garment

Dalam berbagai forum tentang printer Dot to Garment (DTG) banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan. Bukan hanya pemula, mereka yang sudah sekian lama menggunakannya juga butuh jawaban.

Karena Printer DTG banyak digunakan di berbagai negara untuk menyablon, pertanyaan pun semakin kompleks.

printer-dtg

Secara umum berikut ini adalah daftar pertanyaan yang paling sering diajukan terkait Printer DTG.

Pertanyaan: Jenis grafis apa saja yang bias dicetak dengan Printen DTG?

Jawab: Hampir semua hal - dari potret hingga logo hingga desain khusus bisa dicetak. Kunci sebenarnya adalah kualitas grafis yang sobat cetak.

Juga kontras yang baik, resolusi tinggi, gambar bitmap ukuran besar dan vektor akan menghasilkan sablon berkualitas.

Tanya: Apakah yang Disebut Bitmap?

Jawab: Gambar bitmap juga disebut gambar raster, terbentuk dari piksel. Piksel adalah titik-titik kecil warna solid yang membentuk apa yang sobat lihat di layar komputer.

Sebagian besar monitor komputer menampilkan sekitar 70 hingga 100 piksel per inchi. Jumlah sebenarnya tergantung pada pengaturan monitor dan layar sobat.

Printer sobat membutuhkan lebih banyak data gambar daripada monitor. Untuk membuat gambar bitmap secara akurat, printer desktop khas membutuhkan 150-300 ppi (piksel per inchi). 

Hasil terbaik untuk printer, saya ambil contoh merek Summit DTG diperoleh dengan gambar 300 dpi (titik per inchi). 

Semua gambar yang dipindai adalah bitmap, dan semua gambar dari kamera digital adalah bitmap. Format bitmap umum termasuk bmp, jpg, tiff, gif, png, dan psd.

Tanya: Lalu apakah gambar vector itu?

Jawab: Gambar vektor terdiri dari objek individual yang dapat diskalakan. Objek-objek ini didefinisikan oleh persamaan matematika daripada piksel, sehingga mereka selalu render pada kualitas tertinggi. 

Objek dapat terdiri dari garis, kurva, dan bentuk dengan atribut yang dapat diedit seperti warna, isian, dan kerangka. 

Mengubah atribut objek vektor tidak mempengaruhi objek itu sendiri. Sehingga sobat dapat mengubah warna, bentuk atau ukuran gambar vektor tanpa mempengaruhi kualitas. 

Resolusi tidak relevan ketika bekerja dengan gambar vektor pada komputer. Sampai siap untuk dicetak, maka sobat akan menggunakan resolusi tertinggi yang direkomendasikan untuk mendapatkan kualitas tertinggi. 

Gambar vektor memiliki banyak keuntungan. Tetapi kelemahan utamanya tidak cocok untuk menghasilkan citra foto-realistis.

Sekarang perangkat lunak grafis dan seniman grafis mulai menghasilkan gambar yang hampir foto-realistis.

Gambar vektor biasanya terdiri dari area warna atau gradien yang solid. Tetapi tidak dapat menggambarkan nada halus foto yang berkelanjutan.

Itu sebabnya banyak gambar vektor yang Anda lihat cenderung memiliki penampilan seperti kartun. 

Format vektor umum termasuk cdr (CorelDRAW), ai (Adobe Illustrator) dan eps. 

Harap dicatat bahwa gambar bitmap juga dapat disimpan sebagai jenis file ini. Menyimpan gambar vektor sebagai jenis file bitmap, seperti jpg atau bmp, akan mengubah gambar menjadi bitmap.

Tanya: Dapatkan mengubah Bitmap menjadi vector untuk mencetak di Dot to Garment?

Jawab: Bisa, caranya dengan menggunakan perangkat lunak yang dirancang untuk mengkonversi gambar ke vector. 

Beberapa program perangkat lunak memiliki program pelacakan otomatis, seperti PowerTrace® yang disertakan dalam CorelDRAW® Graphics Suite. 

Program Tracing atau pelacakan otomatis umumnya bekerja paling baik pada gambar sederhana seperti logo. 

Untuk desain yang sangat rumit, sobat banyak perlu tracing gambar secara manual. Itu artinya membuka gambar dalam program grafis vektor seperti CorelDRAW atau Adobe Illustrator.

Lalu menggambar bentuk vektor manual, menggunakan gambar asli sebagai panduan yang dapat sobat ikuti.

Tanya: Dapatkah mengubah vector ke bitmap?

Jawab: Sangat mudah. Semua program grafis vector akan memungkinkan sobat menyimpan atau mengekspor gambar vector sebagai gambar bitmap. 

Pastikan sobat memiliki vektor pada ukuran yang benar sebelum menyimpan sebagai bitmap. Setelah gambar disimpan sebagai bitmap, membuat perubahan apapun menjadi jauh lebih sulit. Juga memberikan dampak negatif pada kualitas.

Tanya: Dapatkah saya scan gambar dan langsung mencetaknya dengan Printer Dot to Garment?

Jawab: Tentu saja. Pastikan gambar cukup besar dan memiliki kontras yang cukup untuk memindai dengan baik. Gunakan pengaturan scan pada 300 dpi atau lebih tinggi. 

Ingat bahwa gambar yang dipindai adalah bitmap. Ia tidak dapat diubah ukurannya tanpa kehilangan kualitas. 

Tergantung pada gambar yang tepat dan hasil yang diinginkan, sobat mungkin dapat sedikit mengubah ukuran gambar dengan sedikit kehilangan kualitas yang nyata.

Namun jangan berharap untuk scan gambar seukuran dompet dan mencetaknya sebagai gambar 8 x 10 tanpa mengurangi kualitasnya.

Tanya: Apakah hasil sablon dengan Printer DTG sangat detil?

Jawab: Seharusnya bisa. Namun semuanya tergantung kualitas Printer DTG-nya.

Printer DTG berkualitas seperti Summit Dot to Garment mampu menghasilkan grafis dengan hingga 2880 dpi. Direkomendasikan 1440 x 720 dpi. 

Banyak desain terlihat sempurna pada 1440x720 dpi. Jarang menggunakan resolusi yang lebih tinggi. Sekadar referensi, sablon tradisional hanya menggunakan sekitar 72 dpi.

Tanya: Berapa banyak warna yang akan dihasilkan printer DTG?

Jawab: Tinta CMYK memungkinkan sobat untuk menghasilkan jutaan warna yang berbeda. Ini adalah warna tinta yang sama yang digunakan oleh 4 printer proses warna saat mencetak brosur atau potongan cetak profesional lainnya.

 Tanya: Apakah ada rahasia untuk mendapatkan hasil cetakan mengagumkan dengan DTG?

Jawab: Rahasianya adalah dalam karya seni. Semakin baik karya seni, semakin baik cetakannya. Jika konsumen sobat hanya membutuhkan teks dan logo, itu mudah.

Namun jika konsumen menginginkan karya seni, sobat harus menguasai perangkat lunak dan sentuhan  seni. Pemahaman yang kuat tentang mode warna CMYK versis RGB, gambar bitmap vs gambar vector, dan resolusi bitmap vs ukuran cetak akan sangat membantu usaha sobat.

Tanya: Adakah bedanya mencetak pada kaos putih dan gelap dengan Printer DTG?

Jawab: Ketika mencetak pada garmen putih, sobat hanya menggunakan tinta CMYK - garmen IS latar belakang putih. 

Ketika mencetak pada pakaian gelap, sobat akan mencetak lapisan tinta putih terlebih dahulu. Selanjutnya mencetak warna CMYK di atas lapisan putih. 

Lapisan tinta ekstra ini akan membuat tinta lebih tebal pada garmen dan sobat akan merasakan perbedaannya. 

Sobat mungkin juga melihat sedikit perbedaan warna jika mencetak gambar yang sama pada pakaian putih dan pakaian hitam. 

Hal ini karena tinta berwarna meresap lebih dalam ke dalam pakaian putih. Sementara pada pakaian hitam tinta berwarna terikat ke bagian atas lapisan tinta putih.

Tanya: Apakah tinta untuk DTG khusus?

Jawab: Iya. Salah satu produsen tinta ternama seperti Dupont dan Image Armor akan menjamin kualitas tintanya. 

Tinta DTG tersedia dalam botol 125 ml, 250ml, 500 ml, dan 1 liter. 

Tanya: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencetak kaos pada printer DTG?

Jawab: Ini tergantung pada desain dan model printer tertentu. Tetapi desain standar berukuran 10 x 10 inchi pada kaos putih pada 720 dpi akan dicetak dalam waktu sekitar satu menit dengan Summit DTG. 

Kaos gelap memerlukan lapisan putih untuk dicetak terlebih dahulu. Dengan demikian akan memakan waktu lebih lama.

Tanya: Apakah saya perlu mengepres kaos setelah pencetakan dengan DTG?

Jawab: Ya. Gunakan heat press set reguler pada 338 derajat F dan tekan selama 90-120 detik. Itu untuk kaos ringan  (60 detik untuk poliester 100%). Atau 60 detik x 2 untuk warna gelap.

Tanya: Apakah tinta dari printer DTG tahan cuci?

Jawab: Ya, ketika tinta benar benar menyatu dengan kain juga dengan printer premium. Sobat mungkin kehilangan sekitar 1% dari tinta selama pencucian awal.

Jika sobat kehilangan lebih banyak, perlu menyesuaikan waktu pengaturan panas atau suhu. 

Sebaiknya sobat melakukan uji coba bahan  berbeda dengan tekanan panas heatpress lalu cucilah. Saran terbaik, cucilah kaos dengan air dingin lalu jangan jemur di bawah matahari langsung. 

Jangan gunakan pemutih juga untuk menjaga keawetan hasil cetak.

Tanya Apakah ada perangkat lunak khusus atau RIP diperlukan untuk pencetakan DTG?

Jawab: Perangkat lunak RIP diperlukan untuk mencetak dengan tinta putih. Kembali ke contoh Summit DTG sudah termasuk paket perangkat lunak DevStudio RIP (Raster Image Processor). 

Software ini akan memaksimalkan penuh printer. Termasuk kemampuan untuk mencetak dengan tinta putih dan warna transparan.

Tanya: Mudahkah menghubungkan Printer DTG ke komputer?

Jawab: Mudah, tinggal instal drivernya lalu colokkan abel USB untuk terhubung ke komputer.

Tanya: Apakah ada catu daya khusus (UPS) yang diperlukan untuk printer Summit DTG?

Jawab: Sebenarnya tidak karena banyak printer DTG Premium menggunakan daya AC reguler 115V. Tetapi kalau listrik di lingkungan sobat sering padam, gunakan saja UPS untuk keamanan.

Tanya: Jenis kain apa yang dapat saya cetak dengan printer DTG?

Jawab: Sobat dapat mencetak pada hampir semua kain yang tidak akan rusak oleh proses pengaturan panas dan yang akan menyerap tinta. Katun 6,1 ons bekerja sangat baik karena menyerap tinta dengan sangat baik. 

Campuran katun-poli juga bekerja dengan baik. Tetapi semakin sedikit kapas dalam campuran kainnyasemakin kurang bagus hasil sablonnya.

Jika ingin menggunakan poliester hati-hati karena sifatnyatidak menyerap tinta dengan baik. Kalau memang ingin menggunakannya ada pra-perawatan poliester yang tersedia yang membantu mengikat tinta ke poliester. Tinta putih tidak dapat digunakan sepenuhnya pada poliester saat ini.

Tanya: Apakah tinta Printer DTG tak akan tembus ke bagian dalam kain?

Jawab: Kebanyakan bahan katun tidak akan tembus sampai ke belakang. Namun untuk kain yang lebih tipis disarankan menggunakan kertas kraft untuk mencegah tembusnya warna.

Tanya: Apakah tidak diperlukan spray tack (adhesive spray) untuk menahan kain sebelum menggunakan printer DTG?

Jawab: Perekat tidak diperlukan kecuali pakaian tidak bisa diletakkan secara datar pada pelat printer.

Tanya: Bisakah mencetak di bagian seperti lengan baju atau kaos?

Jawab; Bisa jika sobat, asalkan dapat diatur rata pada pelat. Ada printer DTG yang dilengkapi pelat tucloc sehingga membuat pekerjaan seperti ini sangat mudah dilakukan.

Tanya: Dapatkan Printer DTG mencetak di kertas lalu ditransfer ke kaos?

Jawab: Hal ini tidak disarankan. Alasannya sifat tinta yang digunakan memang didesian agar langsung disemprotkan ke kain saat printer berjalan. Jika ingin sablon dengan cara tersebut, pakai saja transfer paper.

Tanya: Sistem operasi apa yang diperlukan untuk printer DTG? Bisakah bekerja di Mac?

Jawab: Direkomendasikan Windows 7 dan yang lebih baru. Namun untuk mesin tertentu justru meminta lebih. Seperti software DevStudio RIP memerlukan Windows 10. 

Tidak ada dukungan untuk mencetak dari Sistem Operasi Mac saat ini. Jangan khawatir, pengguna Mac memungkinkan menginstal Windows sebagai sistem operasi kedua. 

Tanya: Apa spesifikasi komputer yang disarankan untuk perangkat lunak RIP?

Jawab: Persyaratan sistem untuk perangkat lunaknya ialah prosesor cepat. Usahakan RAM tinggi, memori grafis khusus untuk hasil terbaik.

Tanya: APakah diperlukan teknisi untuk menginstal Printer DTG? Seperti menginstal mesin cetak besar?

Jawab: Tidak. Sobat dapat menyeting printer DTG kurang dari satu jam tanpa bantuan teknisi. Manual yang disediakan pada setiap pembelian printer harus dibaca.

Ikuti panduan yang dicantumkan di dalamnya. Jika kurang paham silakan menghubungi toko tempat sobat membelinya. Tips penting, carilah toko yang menjual DTG dan memberikan fasilitas pendampingan.

Itulah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar Printer DTG. Semoga informasi yang saya unggah ini bisa memberikan manfaat. ***

0 Response to "FAQ Terkait Printer Dot To Garment"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel