10 Fakta Mengenai Printer Kaos DTG

Teknologi sablon terus dikembangkan. Tak lain agar proses sablon bisa dilakukan manusia dengan cara yang semakin mudah. Lalu lahirlah printer kaos DTG.

Peralatan tersebut biasa disebut dengan DTG atau merupakan kependekan dari Dot to Garment. Artinya kurang lebih tinta yang langsung menuju bahan pakaian.

Bisa dikatakan, printer kaos DTG merupakan inovasi terbaru dalam dunia cetak atau sablon kaos. Dan ini mempengaruhi cara pandang masyarakat tentang cara menyablon.

printer-kaos-dtg

10 Fakta Printer Kaos DTG

Di bawah ini akan saya jelaskan beberapa hal yang terdapat pada printer yang sekarang sudah bisa diproduksi di dalam negeri. Printer lokal ini bisa menjadi pilihan bagi sobat yang belum memiliki dana untuk membeli yang merek impor.

1. Langsung Mencetak ke Kain

Teknik DTG memungkinkan sobat mencetak desain yang sudah dibuat langsung ke baju atau kaos yang disispkan untuk disablon. 

Semudah mencetak dokumen yang sering sobat lakukan dengan printer warna biasa. Bedanya, dengan DTG maka medianya bukanlah kertas melainkan kain baik itu baju atau kaos.

2. Gabungan Teknologi Head dan Tinta

Printer untuk cetak baju teknologi DTG lahir setelah para ahli menemukan perpaduan head dan tinta pada sebuah printer.

Mesin printer DTG ini adalah mesin printer kaos yang menggabungkan teknologi Piezo Printhead dan tinta khusus.

Dengan demikian tidak semua printer bisa digunakan dan tidak semua jenis tinta bisa dipakai untuk proses ini.

3. Mencetak Gambar Apa Saja

Cara kerja mesin printer DTG ini adalah mencetak gambar apa saja. Apa saja di ini artinya baik itu teks desain yang berbentuk vektor maupun sparasi foto.

Dengan memiliki DTG, sobat akan memiliki kesempatan menjual kaos dengan hasil cetak beresolusi sangat tinggi.

4. Terima Sablon Satuan

Memiliki printer kaos DTG berarti sobat sudah bisa melayani jasa sablon dalam bentuk satuan.

Zaman sekarang mengenakan kaos dengan desain sendiri dan tidak ada yang menyamai sudah lazim. Karena itulah distro-distro yang membuat produk terbatas tetap laku.

Karena kemudahan pengoperasiannya, DTG menjadi pilihan bagi sobat yang ingin masuk ke peluang jasa sablon satuan.

5. Sablon Tanpa Batasan Warna

Dengan menggunakan mesin ini maka sobat bisa menerima order kaos satuan. Sudahlah satuan, bisa request desain sesuka hati dan yang keren tanpa batasan warna.

Dengan tinta khusus untuk printer sablon DTG, maka sobat bebas mengekspolre kemampuan mendesain dengan menggunakan beragam warna.

6. Tidak Disarankan Cetak Massal

Nah, masih berhubungan dengan penjelasan nomor 4 di atas, printer kaos DTG tidak dianjurkan untuk cetak massal.

Misalnya sobat menerima permintaan sablon kaos untuk kampanye musim Pilkada. Pasti cetaknya kan banyak tuh. Nah di sini jangan gunakan teknik DTG.

Karena akan berisiko printhead panas dan cepat eror. Hal ini berbeda dengan sablon manual yang mengambil tenaga manusia. Kalau sobat masih kuat ya hajar saja.

7. Mencetak Sesering Mungkin

Printhead printer kaos DTG harus dijaga. Karena sifat tinta untuk sablon ini agak kental, maka disarankan untuk mencetak minimal sekali satu hari.

Ada yang menyarankan agar tinta yang sudah mengisi printhead tidak dibiarkan dalam waktu lebih dari 3 hari. Kalau tidak, kemungkinan tinta akan membuat mampet selang printer.

Kuncinya adalah jika Printer DTG sering dipakai maka tidak akan ada masalah. Namun bukan berarti mencetak massal 24 jam disuruh bekerja.

8. Hindari Kain Berserat Lebar

Printer kos DTG juga tidak dianjurkan bagi sablon pada kain yang memiliki serat lebar.

Contoh jenis kain berserat lebar ialah kain wool atau canvas. Jika dipaksakan maka hasilnya tidak akan maksimal.

Untuk bahan wool atau kanvas direkomendasikan menggunakan sablon Polyflex yang dicutting menggunakan mesin cutting atau plotter atau sablon manual.

9. Bukan Transfer Paper

Jangan salah ya sobat, printer kaos DTG tidak sama dengan sablon menggunakan transfer paper. 

Pembahan tentang cara menyablon kaos warna putih serta hitam (berwarna) sudah saya ulas lengkap di postingan sebelumnya.

Sablon transfer paper berarti menggunakan kertas transfer paper, butuh proses heating dengan alat pemanas atau heatpress untuk memasukkan desain ke kaos.

Sementara DTG sobat langsung mencetak ke kaos yang dipasang pada penampang printer. Jadi tinta langsung disemprotkan ke atas permukaan kaos.

10. Ada Lokal ada Impor

Terus berapa harga printer kaos DTG? Sobat memiliki dua pilihan yaitu buatan dalam negeri atau impor. Yah kalau kelebihan dan kekurangannya saya rasa sobat bisa memahaminya hehe.

Merek buatan anak negeri diantaranya:

  • Printer DTG A3 Super
  • Printer DTG A3 New Era
  • Printer DTG A3 Transformer
  • Printer DTG A3 New Transformer

Sedangkan yang buatan bule diantaranya:

  • Printer DTG Anajet
  • Printer DTG Viper
  • Printer DTG Epson F2000 Series
  • Printer DTG i-dot
  • Printer DTG Brother GT-361 & GT-381

Harga Printer Kaos DTG Terbaik

Berikut ini adalah beberapa harga printer DTG terbaik yang bisa memperlancar usaha di bidang sablon. Kalian bisa menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Yuk langsung saja cek harga dan keterangan printernya.

Beli Printer Kaos DTG di sini atau

Beli Printer Kaos DTG di sini atau

Beli Printer Kaos DTG di sini 

Semoga artikel mengenai printer DTG ini bermanfaat. ***

0 Response to "10 Fakta Mengenai Printer Kaos DTG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel