Sablon Kaos Hitam? Ikuti 10 Langkah Berikut

sablon-kaos-hitam

Kaos hitam sablon? Sudah pasti gampang ditemukan di setiap toko pakaian, khususnya yang menjual busana kasual. Tak heran sablon kaos hitam menjadi pilihan tukang sablon rumahan.

Maraknya usaha sablon digital pun membuat mereka yang modalnya pas-pasan bisa tetap menjalankannya.

Yang dibutuhkan adalah mesin sablon kaos, terdiri dari mesin cutting sticker, printer, komputer, bahan sablon dan mesin sablon digital (heatpress). 

Uraian kali ini khusus nyablon dengan transfer paper untuk kaos warna hitam atau warna ya. Yang lupa cara nyablon kaos putih, baca di sini lagi deh hehe.

Transfer paper untuk kaos warna hitam atau warna lain selain putih ialah 3G Jet Opaque. Kertas ini buatan Neenah Ameria, sepabrik dengan JPSS yang sudah kita ulas sebelumnya.

Dengan teknik cetak dengan printer, maka sobat tidak akan kesulitan membuat kaos hitam sablon emas. Atau kaos hitam sablon kuning, silver dan sebagainya.

Juga kaos merah, kuning, biru, ungu, oranye, cokelat dan segala warna selain putih disablon desain buatan sendiri. Menarik bukan?

Sablon Kaos Hitam? Ikuti 10 Langkah Berikut

Biar hasilnya bagus, sobat ikuti ya penjelasan tentang prosesnya berikut ini.

1. Siapkan Desain

Hal ini tentu bisa dilakukan di laptop atau komputer. Soal apakah sobat akan menggunakan pewarnaan CMYK atau RGB, sobat yang tahu apa yang dibutuhkan.

Karena desain yang akan dibuat merupakan karya sendiri, sebaiknya dibuat sebagus mungkin. Biar hasil sablon kaos digital kita keren dan bisa menggoda orang untuk memesan.

2. Cek Merek 3G Jet Opaque

Jangan lupa cek bagian belakang kertas transfer paper yang akan digunakan untuk sablon kaos hitam. Perhatikan di belakang akan tercantum mereknya.

Sekarang banyak dijual transfer paper, katanya bagus untuk kaos hitam sablon kuning atau silver dan apalah. Kalau saya memang dari awal sudah menggunakan 3G Jet Opaque.

3. Cetak di Printer

Selanjutnya siapkan selembar transfer paper 3G Jet Opaque pada printer. Kualitas cetak juga terkait jenis printer yang sobat gunakan.

Saran saya, kalau untuk urusan cetak mencetak apalagi sablon digital, gunakan printer Epson. Epron empat warna sudah bagus, tetapi kalau ada yang enam warna lebih bagus.

Penting, jika JPSS untuk kaos putih dicetak mirror, maka 3G Jet Opaque dicetak normal.

4. Rapikan Tepi Desain dengan Mesin Cutting

Masih ingat teknik contour cut? Gunakan saat memotong bagian tepi desain agar mengikuti pola. Untuk kertas transfer paper ukuran A3 atau A4, sobat bisa memotongnya dengan Silhouette Cameo.

Yang ukuran A4 bisa juga sobat menggunakan CraftROBO, sama-sama satu pabrikan dengan Silouette Cameo. Cuma beda ukuran lebar material potong.

Kalau nggak punya mesin cutting, gunakan gunting atau pisau cutter.

5. Panaskan Kaos ke Mesin Heatpress

Letakkan kaos hitam atau semua warna kecuali putih ke mesin sablon kaos berupa heatpress atau pemanas. Lalu tekanlah kaos selama kurang lebih 5 detik.

Gunanya agar permukaan kaos yang akan disablon halus dan rata. Juga mengurangi kelembaban serat kain kaos.

6. Atur 3G Jet Opaque di Kaos


Angkat kaos dari mesin heatpress, letakkan di meja kerja yang biasa sobat gunakan. Kelupas bagian belakang kertas transfer paper sehingga tersisa lapisan yang tadi dicetak pakai printer.

Ini juga perbedaannya dengan sablon kaos putih. Kalau kaos putih bagian belakang kertas tak perlu dilepas, langsung dibalik karena dicetak mirror.

Kalau sablon kaos hitam gambar desain tidak dibalik, hanya bagian belakangnya dilepas. Jangan keburu nafsu ya, tahan untuk langsung menekan mesin heatpress.

7. Pasang Silicon Sheet

Lapisi bagian atas 3G Jet Opaque dengan selembar silicon sheet. Biasanya silicon sheet diberikan cuma-cuma oleh toko kertasnya dengan syarat pembelian minimal sekian lembar.

8. Amankan dengan Laminasi Tahan Panas 

Biar posisi 3G Jet Opaque tidak bergeser-geser maka tempel sudut-sudut silicon sheet dengan laminasi tahan panas. Maksudnya saat mau dipress kadang terpaan angin kipas angin bisa mengacaukan semuanya.

9. Atur Suhu Mesin Heatpress

Penting, aturlah tingkat suhu panas mesin heatpress di angka 177 derajat dan lama pengepresan 15 detik. Lalu turunkan tuas mesin heatpress, tunggu hingga alarm berbunyi.

10. Press Sekali Lagi

Segera setelah tuas diangkat angkat kaos ke meja, tunggu dingin. 

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan maka press sekali lagi, namun lama pengepresan hanya 10 detik. Mengapa? Biar sablon kaos hitam dengan mesin sablon digital hasilnya maksimal.

Itulah sahabat langkah-langkah sablon kaos hitam dengan transfer paper 3G Jet Opaque. Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Sablon Kaos Hitam? Ikuti 10 Langkah Berikut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel