Stiker Velg Mobil untuk Percantik Kendaraan

stiker-velg-mobil
Eko dari Inilah Sticker mengerjakan pemasangan stiker velg mobil.

Stiker velg mobil untuk percantik kendaraan kini menjadi pilihan karena dianggap lebih murah dan cepat dibandingkan cat. Tak heran dari dunia nyata hingga dunia maya banyak ditemukan pelapak stiker ini.

Sering juga disebut skotlet velg mobil, adalah stiker cutting yang didesain agar bisa ditempelkan di bagian luar velg kendaraan roda empat. Sebelum marak seperti sekarang ini, orang lebih banyak mengaplikasikan stiker velg motor.

Untuk membuat stiker velg mobil maka diperlukan keahlian tersendiri. Baik bagi tukang desainnya maupun pemasangnya. 

Mengapa? Karena skotlet pelek mobil ini harus bisa pas ketika diaplikasikan. Jangan selisih satu centimeter, beberapa mili saja harus menambah pekerjaan. Misalnya kelebihan 2 milimeter, tidak mungkin dibiarkan karena membuat pemandangan tidak menarik.

Namun demikian, pemasangan stiker ini sedikit banyak masih tetap membutuhkan penanganan dengan pisau cutter. Dan bagi konsumen seharusnya wajar kalau ada beda satu atau dua milimeter dan difinishing dengan pisau manual.

Langkah Membuat Stiker untuk Velg Mobil

skotlet-velg-mobil
Pertama stikeri jari-jarinya, baru bagian lain.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa sobat lakukan jika ingin menerima jasa pembuatan dan pemasangannya.

1. Ukur Velg

Ukur diameter velg mobil yang akan dipasangi sticker. Kalau menggunakan penggaris besi tidak bisa karena bentuk rumah bannya, gunakan meteran. Meteran plastik yang biasa dipakai penjahit itu lho sobat.

Pembuatan stiker velg mobil tetap akan melakukan pengukuran manual. Okelah sobat jago mendesain, namun tanpa panduan ukuran sebenarnya tidak akan bisa dilakukan.

2. Foto Velg

Langkah ini bisa dilakukan bisa juga tidak. Harus dilakukan jika sobat tidak memiliki sketsa master bentuk mobil yang akan dipasangi sticker cutting velgnya. Namun jika menemukannya di internet, redesain saja bentuk velgnya. Kan ukuran mobilnya sudah ada di sketsa.

Bagi yang tidak punya masternya, ya foto saja bentuknya lalu transfer ke komputer. Semakin rumit bentuk skotlet velg mobil maka akan semakin jeli pula sobat harus mengerjakan desainnya.

Jangan sepelekan bentuk sederhana velg mobil, karena yang dibutuhkan ialah simetrsi saat dipasang. 

3. Trial and Error

Selanjutnya cobalah sobat potong pola stiker tadi dengan mesin cutting. Sobat pasti tahu bagian mana yang akan dijadikan ujicoba. Lalu tempelkan potongan tadi ke velg asli mobilnya.

Jika kelebihan terlalu banyak desain harus diubah. Jika terlalu kecil ubah atau besarkan sedikit. Selisih kelebihan atau kekurangan itu yang harus dicatat. Tips saya, lebih baik kelebihan sedikit daripada kurang.

4. Jari-jarinya Paling Penting

Dari sekian banyak bagian dari velg mobil, yang harus pas ialah jari-jarinya. Ada banyak jenis bentuk jari-jari velg mobil. Karena beda tahun biasanya juga beda bentuknya.

Jari-jari ini pada intinya sumber kekuatan sebuah velg mobil dengan asnya. Kalau padat tanpa jari kayaknya kok kurang nyeni ya sobat.

5. Jangan Cutting Utuh

stiker-untuk-velg-mobil
Langkah kedua pasang bagian tengah seperti ini.

Siapa tukang sticker yang tak menginginkan sistem kerja yang sekali pasang selesai. Namun adakalanya hal itu harus dihindari demi hasil yang bagus.

Sebagai contoh sticker velg mobil Toyota Innove keluaran pabrik tahun 2010. Ia memiliki velg yang sederhana namun jangan dianggap enteng dan dicuitting utuh. Cutting utuh maksud saya di sini dipotong langsung menyerupai bentuk velg dan jari-jarinya.

Kalau berdasarkan keterangan Izul dari Inilah Stikcer, lebih baik jari-jarinya dipasang terlebih dahulu. Baru potong bahan sepanjang ukuran velg melingkar. Potong setebal ring velgnya.

6. Ring Luar Paling Akhir

Pemasangan stiker pelek mobil atau skotlet pelek mobil membutuhkan beberapa kali tahap. Untuk contoh di sini, velg Toyota Innova tahun 2010, pasang dulu jari-jarinya yang berjumlah 10 tiap sisinya.

Kemudian potong pada lingkaran logo di tengah, potong lingkaran dengan diamater dalam dan luar yang sudah diukur.

Setelah selesai barulah pemasangan lis atau gari di ujung terluar velg mobil. Jangan lupa gunakan hotgun untuk menambah lengket bahan stiker sobat.

Manfaat Stiker Velg Mobil

skotlet-pelek-mobil
Urutan pemasangan stiker velg Toyota Innova 2010. Beda merek bisa saja beda caranya.

Ada beberapa manfaat memasang stiker untuk velg mobi, diantaranya ialah:

1. Mempercantik Penampilan

Bayangkan, kalau velg mobil awalnya sudah tak mulus lagi kemudian ditutup bahan sticker tentu akan tampak seperti barang baru.

2. Bisa Digonta-ganti

Maksudnya ialah, jika bosan dengan warnanya bisa dilepas lalu dipasang lagi dengan warna lain. Seperti kita ketahui, ada eatusan warna yang bisa dipilih. 

Sebagai contoh merek Oracal Jerman, satu seri saja atau puluhan warna. Baik jenis doff atau glossy.

3. Pengerjaan Cepat

Untuk menyelesaikan stiker untuk empat velg Toyata Innova rahun 2010, Izul dari Inilah Stiker hanya membutuhkan waktu satu jam. Itu dikerjakan berdua dengan temannya, Eko.

4. Menjaga Velg

Bahan sticker akan menjaga warna velg lebih awet. Namun saya rasa tidak untuk menjaga dari benturan atau goresan. 

Itulah tadi tulisan kali ini dari cuttingstickerupdate tentang stiker velg mobil. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman yang membuka usaha cutting sticker. ***

0 Response to "Stiker Velg Mobil untuk Percantik Kendaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel