Pengertian Cutting Sticker

pengertian-cutting-sticker


cuttingstickerupdate - Cutting sticker sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Pengertian dan arti cutting sticker adalah sticker yang dibuat dari bahan sticker menggunakan teknik tertentu.

Ada cutting sticker yang dibuat secara manual. Saya ingat benar ketika masih kecil, di depan pintu masuk Pasar Gembong (saya menyebutnya pesapon), ada seorang penjual sticker menggunakan gerobak. 

Pada zaman itu, pasti kalian yang sekarang seusia saya (kelihatam kalau sudah tua hehe) dengan mudah menemukan para penjual kaset tepi jalan. Zaman itu belum ada compact disc (CD) apalagi flashdisk. Ponsel juga belum ada di Indonesia. Adanya hanya telepon rumah, itu juga bagi rumah yang ada di kota.

Cutting Sticker Manual


Nah, penjual yang saya ceritakan di depan Pasar Gembong itu jualan kaset bajakan dan sticker. Baru sekarang saya paham jika sticker yang dijualnya secara eceran adalah hasil sablon. Tak heran jika kadang terlihat tintanya yang mblobor atau luntur.

Gambarnya sangat jadul banget, ada gadis-gadis seksi dan merek-merek seperti Kenwood, Recaro, merek Honda, Suzuki, Yamaha dan sejenisnya.

Selain itu ia juga menjual bahan sticker yang saya ingat benar, mereknya DCFix. Nah, jika sobat ada yang menggunakan merek ini sekarang, itu merek warisan zaman dahulu. Wajib dilestarikan.

Kalau sobat mau buat tulisan sendiri, sama penjualnya akan dibuat dengan gunting. Ia akan menggunakan kotak-kotak di bagian belakang bahan sticker. Karena di sana ada kotak-kotak per centimeter. Jadi nulisnya kebalik biar saat dipasang normal.

Itulah teknik cutting sticker manual. Butuh kesabaran dan hasilnya belum tentu memuaskan. Mengapa? Karena bagi yang jiwa seninya kurang, ia akan memotong huruf A dengan W sama lebar hehe.

Cutting Sticker Otomatis


Saya sendiri tidak tahu pasti sebenarnya sejak tahun berapa ada masuk mesin cutting sticker di Indonesia. Yang pasti setelah merebaknya teknologi komputer. Saat saya SMA saya juga nggak yajin sudah ada yang mengimpor mesin cutting dari Jepang atau Amerika.

China saya jamin tahun itu belum memproduksi mesin cutting yang sekarang justru membanjiri pasaran di negeri ini.

Dengan teknologi baru ini, membuat cutting sticker menjadi lebih mudah. Tinggal mendesain tulisan atau pola apa yang akan dicutting, maka mesin yang akan memprosesnya. Jadi tak perlu capek-capek menggunakan gunting atau cutter.

Penggunaan mesin cutting juga membuat dunia sticker berkembang pesat. Masyarakat pun pelan pelan mulai paham arti dan manfaat cutting sticker. Dari yang awalnya untuk motor dan mobil, kemudian meluas hingga ke papan nama, sablon digital dan sebagainya.

Apa Itu Plotter


Cutting sticker hanya bisa dibuat dengan warna terbatas, bukan gradiasi atau warna yang bercampur. Misalnya dari kuning ke kuning kemerahan lalu ke merah. Jika pun dibuat seperti itu, harus ada tiga bahan sesuai warna. Antar warna ada batas potongannya. 

Mesin cutting ada juga yang menyebutnya dengan plotter. Biasanya hanya membaca garis atau outline dari desain yang akan dicutting. Mendesain untuk cutting stiker juga butuh kesabaran karena antar bentuk tak bisa disatukan dalam satu kali proses cutting.

Mudahnya demikian, saya contohkan sobat akan membuat cutting sticker bentuk lingkaran berwarna merah, di tengahnya ada logo bintang warna putih. Sobat harus mengambil bahan sticker berwarna putih, pasang di mesin plotter lalu cutting lingkarannya. Lalu ambil bahan sticker warna merah untuk menghasilkan pola bintangnya. 

Kemudian sobat harus membuang bagian dari bahan sticker di luar bentuk lingkaran dan bintang tersebut. Selanjutnya, dengan masking tape (plastik bening berperekat untuk mengangkat bagian per bagian bahan sticker untuk disatukan atau ditempelkan di media yang akan dipasangi sticker),

Tempelkan pada pola bintang merah, angkat sehingga lapisan bahan stiker terangkat dan terkelupas dari lapisan kertas licin di bawahnya.

Dengan hati hati tempelkan pada pola lingkaran berwarna putih. Jangan sampai tidak presisi, sebab jika sudah menempel akan susah melepaskannya. Dari proses inilah akhirnya tercipta cutting sticker. 

Untuk cutting sticker ukuran kecil, akan dilapisi masking tape pada bagian atasnya. Ini untuk memudahkan pemasangan. Saat plastik ini dikelupas, sticker akan menempel di bawahnya, saat sticker sudah dipasang di bodi belakang ponsel misalnya, ratakan dengan jari, lalu kelupas plastiknya.

Dari gambaran tersebut, bisa dikatakan membuat cutting sticker memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi, apalagi jika desainnya banyak warna. Jika ada 10 warna berarti sebanyak itu juga Anda harus melakukan pemotongan bahan. Belum proses menyatukannya.

Sebutan Lain


Cutting sticker ternyata memiliki beberapa sebutan yang kadangkala membuat kita harus menahan senyum. Ada yang menyebutnya sticker mesin, sticker komputer dan sticker timbul.

Kalau yang sebutan sticker mesin atau komputer mungkin karena membuatnya menggunakan mesin yang dibantu teknologi komputer,

Sedangkan istilah sticker timbul karena sticker cutting kalau terpasang jika diraba akan tarasa timbul.

Di Tanjungpinang, saat awal menggeluti usaha ini saya justru mendapati sebutan khusus dari para konsumen. Mereka menyebutnya tempelan. Artinya sesuatu yang ditempel.

Demikian penjelasan singkat saya mengenai pengertian dan arti cutting sticker, semoga bermanfaat bagi teman teman... salam sticker.***

2 Responses to "Pengertian Cutting Sticker"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel