Mengapa Harga Cutting Sticker Lebih Mahal Dibandingkan Printing?

Harga cutting sticker lebih mahal dibandingkan stiker printing, hal ini memang demikian adanya. Adakah penjelasan yang mudah dimengerti sehingga konsumen tidak lagi bertanya-tanya.

Pertanyaan di benak konsumen juga tak bisa disalahkan. Karena memang tidak semua dari mereka memahami apa itu cutting sticker dan apa pula printing sticker. Terutama di daerah pedalaman, masih banyak warga yang mengira stiker ya cuma satu jenis.

harga-cutting-sticker-papan-nama
Harga cutting sticker untuk papan nama SPBU ini lebih mahal dibandingkan jika dibuat dengan teknik cutting sticker. Foto - bintan wrapping

Sekilas, hasil dari printing sticker lebih bagus karena semua warna bisa dibuat. Konsumen juga tak perlu lama menunggu. Untuk desain sederhana seperti pengumuman kepemilikan tanah atau banner untuk jualan, desainer tinggal mengambil template koleksinya lalu mengganti tulisannya.

Selanjutnya mesin printing large format yang akan bekerja secara otomatis atas masukan dan perintah dari komputer.

Sementara untuk hasil cutting sticker hanya bisa beberapa warna. Kadang desain yang dibawa konsumen saat sudah menjadi cutting sticker ada warna yang jauh berbeda. Misalnya biru muda menjadi biru tua. Untuk memesan sebuah cutting sticker banyak warna, harganya bisa berlipat-lipat dibandingkan printing sticker.

Faktor Pendorong Harga Cutting Sticker Lebih Mahal

Pasti ada penjelasan yang logis dan masuk akal sehingga konsumen memahami perbedaan harga tersebut. Berikut ini akan coba saya beberkan beberapa hal sebagai alasannya.

1. Tinta dan Bahan Sticker

Mesin printing menggunakan tinta yang bentuknya cair. Semakin banyak jumlah warna yang ada pada mesin digitak printing, maka akan semakin banyak warna yang bisa dikeluarkannya. Prinsipnya sama dengan printer rumahan yang ada di kantor atau rumah Anda. Bedanya hanya soal ukuran dan jenis tinta. Tinta yang dipakai printer besar sudah ditancang agar langsung kering.

Sementara untuk cutting sticker, warnanya tak bisa dibuat sendiri seperti pada mesin digital printing. Jika Anda ingin membuat tulisan dua baris seperti ini:

TERSEDIA warna merah

LONTONG SAYUR warna putih

maka desainer akan memasukkan bahan warna merah ke mesin cutting sticker untuk memotong tulisan TERSEDIA. Setelah itu ia akan mengeluarkan bahan sticker merah yang sudah memotong tulisan TERSEDIA.

Berikutnya ia akan memasukkan bahan sticker berwarna putih untuk membuat tulisan LONTONG SAYUR. Jika proses pemotongan dua bahan sticker dengan dua warna berbeda tadi selesai, bukan berarti sticker siap ditempelkan.

Karena fungsi pisau pada mesin cutting sticker hanya memotong pola, maka tugas manusia untuk membuang bagian yang tak terpakai. Selanjutya sticker yang sudah terbentuk dilapisi dengan masking tape, berupa plastik bening yang gunanya mengangkat sticker dari release papernya. Setelah sticker menempal pada bidangnya, masking tape-nya dikelupas sehingga otomatis hanya tulisan TERSEDIA LONTONG SAYUR yang teringgal di kaca.

2. Proses Pengerjaan

Jika Anda memiliki desain dengan banyak warna yang diunduh dari internet dan ingin dijadikan sticker, pilihannya adalah printing sticker. Karena tinggal mencetak, hanya menyesuaikan ukuran sesuai kebutuhan konsumen. Sementara jika Anda ngotot ingin dibuatkan cutting sticker, maka akan muncul pertanyaan dari pemilik usahanya.

Misalnya, ukurannya berapa? Penting untuk Anda ketahui, printing sticker tidak memiliki masalah apapun soal ukuran dan banyak warna. Namun untuk cutting sticker, kemampuan manusia untuk mengopeki stiker sangat terbatas. Okelah, mesin cutting bisa memotong huruf dengan tinggi hanya 5 milimeter. Namun mampukah manusia mengopekinya sehingga huruf-hurufnya tertata sempurna? Tidak!

Bisa jadi semakin kecil ukurannya, semakin murah harga printing sticker. Namun semakin kecil bentuk dan ukuran cutting sticker, harganya akan semakin mahal.

3. Lapisan atau Layer

Apakah Anda saat ini sedang memegang sebuah printing sticker? Cobalah raba permukaannya. Halus dan rata, tidak ada bagian warna yang terlihat atau terasa lebih menonjol dibandingkan warna lainnya. Itu karena proses printing memang mampu melakukannya, dengan satu perintah sticker utuh akan keluar.

Lalu cobalah raba permukaan cutting sticker. Meski hanya satu warna, akan terasa tepi polanya. Apalagi jika jenisnya sticker tumpuk, maka akan lebih terasa. Di mana pembuat sticker menumpukkan beberapa warna sehingga membentuk sebuah pola. Bisa dikatakan pada cutting sticker ada susunan layer atau lapisan.

4. Ketahanan

Dalam kondisi normal, cutting sticker bisa lebih tahan lama. Contoh yang sangat mudah ditemukan ialah pada papan nama perusahaan besar yang masih mengutamakan tampilan. Bank, BUMN lain dan instansi pemerintah lain masih banyak yang mempertahankan penggunaan cutting sticker pada papan namanya di depan kantor. Hal ini dilakukan karena tak mau setahun sekali harus menggantinya dengan yang baru, begitu seterusnya.

Dengan bahan yang kualitasnya sangat bagus, tulisan yang dibuat menggunakan cutting sticker bisa tahan tiga sampai lima tahun. Tiga tahun jika terkena angin, hujan, panas dan lima tahun jika tempatnya terlindungi dari panas secara langsung.

Cutting atau Printing Tergantung Kebutuhan

Dengan artikel ini, saya berharap Anda sudah memiliki gambaran mengapa soal harga memiliki perbesaan. Hal penting yang ingin saya sampaikan di sini ialah, mau sticker jenis apa yang Anda butuhkan seyogyanya disesuaikan. Jika Anda butuh membuat logo klub otomotif untuk acara mendadak dan banyak warna, silakan masuk ke usaha digital printing.

harga-cutting-sticker-menu-dagangan
Harga cutting sticker untuk daftar menu dagangan seperti ini dihitung berdasarkan ukuran panjang dan tingginya. Foto - bintan wrapping

Sementara jika Anda ingin memasang tulisan pada kendaraan operasional dinas tertentu yang sederhana, hanya tulisan saja, maka cutting sticker bisa Anda coba. Demikian juga untuk papan nama kantor, papan nama jabatan yang digantung di depan pintu dan sejenisnya, jangan gunakan printing. Jika..... Anda menginginkan daya tahan dan eye catching. 

Semoga penjelasa saya ini menjadi jawaban atas pertanyaan Mengapa Harga Cutting Sticker Lebih Mahal Dibandingkan Printing? ***


0 Response to "Mengapa Harga Cutting Sticker Lebih Mahal Dibandingkan Printing?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel