Cara Pasang Cutting Sticker di Mobil, Motor, Kaca dan Helm

cara-pasang-sticker-di-mobil

Cara pasang cutting sticker sepertinya mudah. Namun sejatinya diperlukan keahlian khusus. Atau kalau menurut saya sendiri, butuh keberanian. Ini yang sebenarnya modal utama. 

Asalkan yakin dan berani sudah menyelesaikan ketakutan jika memasang sticker itu susah. Apalagi ditambah belajar pada orang yang benar, saya percaya lulus ujian pasang sticker cutting.

Cutting sticker bisa diaplikasikan di berbagai media. Ada yang di bodi mobil, kaca mobil, kaca rumah, etalase jualan, helm dan sebagainya.

Pada dasarnya cara memasangnya tak jauh berbeda. Yang paling berbeda adalah cara memasang cutting sticker di kaca.

Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang memasang sticker cutting di berbagai media. Kalau sobat ingin cepat selesai gampang. Serahkan saja kepada ahlinya, yaitu para tukang sticker.

Tetapi siapa tahu diantara sobat ada yang ingin mencobanya sendiri. Kalau sobat ingin membaca persiapan pemesangan cutting sticker bisa baca di sini.

Cara Pasang Cutting Sticker di Mobil

cara-pasang-cutting-sticker-di-mobil

Saya ambil contoh sticker yang dipasang ialah tulisan di belakang mobil bak terbuka. Biasanya mobil seperti itu membutuhkan tulisan sebagai penanda.

Kan ada tuh yang mobilnya dipakai untuk berjualan air bersih atau menerima jasa pindahan. Sticker cutting di sini digunakan sebagai alat promosi sehingga orang lain melihatnya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Persiapkan alat-alatnya seperti hotgun, jarum atau peniti, penyemprot air yang sudah diisi air dicampur sabun sedikit dan penggaris.

2. Semprot bagian mobil yang akan dipasang sticker cutting. Setelah itu gunakan kain lembut untuk mengelapnya. Sobat juga bisa menggunakan rakel untuk menyaka airnya.

3. Lakukan berulang kali sampai yakin permukaan bodi mobil yang akan dipasangi sticker benar-benar bersih.

4. Keringkan atau bila sobat melakukannya di bawah matahari, biarkan saja juga akan kering.

5. Untuk membuatnya benar-benar bersih bukan hanya dari debu tetapi juga minyak atau sejenisnya, gunakan alkohol. Pakai spons atau kain lembut.

6. Posisikan sticker cutting yang akan dipasang. Atur sisi kanan kiri dan atas bawah agar posisinya benar-benar simetris.

7. Setelah yakin lurus dan simetris, robek bagian tengah backing papernya atau bisa juga di salah satu sudut. Lalu lekatkan masking tapenya agar menempel.

8. Selanjutnya backing papernya pelan-pelan sambil salah satu tangan menggosok permukaan masking tapenya dengan rakel.

9. Yakin sticker cutting sudah menempel secara baik? Kelupas saja masking tapenya pelan-pelan. Jangan buru-buru sobat, siapa tahu masih ada salah satu ujung huruf yang belum menempel sempurna.

10. Selesai dan alhamdulillah dapat pemasukan lagi hari ini hehe.

Jika membaca tutorial di atas, saya percaya sobat pun bisa melakukannya sendiri.

Cara Pasang Cutting Sticker di Motor

cara-pasang-cutting-sticker-di-motor

Setelah kita belajar memasang sticker cutting pada mobil, sekarang giliran tutorial untuk sepeda motor.

Sudah lazim zaman sekarang sepeda motor pun minta distickeri agar mbois, keren, kekinian dan membuat penampilannya lebih trendi.

Sama seperti pada mobil, biasanya pemasangan cutting sticker untuk motor dilakukan oleh pemilik jasa pemasangan. Sobat bisa datang ke tempat-tempat usaha cutting sticker untuk memasangnya. Referensi terkait ada di sini ya sobat.

Namun daripada penasaran seperti apa sih caranya, di sini akan saya uraikan langkah-langkahnya.

Berikut step by stepnya:

1. Bersihkan bagian sepeda motor yang akan dipasangi cutting sticker. Semprot dengan air yang sudah dicampur air sabun. Bersihkan permukaan bodi tadi dengan kanebo.

2. Ulangi beberapa kali sampai bersih. Bahkan jika perlu sobat bisa menggunakan alkohol untuk membersihkannya di bagian akhir pembersihan.

3. Biarkan permukaan bodi tadi mengering. Tidak usah dipakai hotgun untuk mengeringkannya, karena akan berpotensi merusak cat.

4. Ambil cutting sticker yang disiapkan, kalau ukurannya kecil langsung kelupas saja backing papernya.

5. Atur posisinya. Hati-hati jangan sampai menempel lebih dahulu sebelum benar-benar pas posisinya.

6. Jika stickernya agar besar jangan kelupas dulu backing papernya. Tetapi kelupas sedikit masking tapenya di ujung. Saat posisinya pas lekatkan ke bodi.

7. Bukalah backing paper secara perlahan lalu gunakan rakel untuk menggosoknya hingga semua sticker terpasang.

8. Kelupas masking tapenya. Kalau ada yang butuh sedikit tarikan misalnya lekukan, gunakan saja hotgun.

9. Selesai sudah pemasangan cutting stickernya.

Tidak susah bukan sobat? Kalau tidak mulai dari diri sendiri, kapan lagi akan berani?

Cara Pasang Decal Sticker di Motor

cara-pasang-sticker-di-motor

Sobat pernah melihat jenis sticker yang hampir menutup penuh bodi sepeda motor? Jenisnya adalah printing atau cetakan medin digitak printing.

Warnanya bisa sangat beragam karena dibuat dengan semprotan tinta solvent yang tahan air dan tidak luntur dalam waktu lama. Tidak jarang sticker dacal ini dilapis plastik.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Potong bagian-bagian sticker sesuai polanya. Ada memang penjual yang sudah menggunakan contour cut sehingga sobat tinggal melepaskannya. Namun jika ukurannya besar tetao wajib dipotong mengikuti pola menggunakan gunting atau cutter.

2. Seperti biasa, bersihkan beberapa kali permukaan bodi yang akan dipasang sticker decal.

3. Pada bagian samping motor, buatlah lipatan terlebih dahulu pada bagian tengah. Jadikan sebagai bagian awal untuk proses meratakannya. Jika dibutuhkan, buatlah sobekan kecil di tengahnya agar stickernya bisa ditempel di bodi.

4. Penting, ada bahan sticker decal yang memiliki perekat kuat. Jangan sampai setelah dipasang ada yang kurang sempurna dan sobat harus mengangkatnya lagi. Posisikan sticker pada medianya. Kerjakan terlabih dahulu bagian atas baru melanjutkan pada bagian bawah. Gunakan hotgun ya sobat.

5. Sementara untuk bagian bodi depan sobat buatah lipatan terlebih dahulu secara vertikal. Tekan ujung atas dan bawah lalu tinggal ratakan.

6. Meski bukan keharusan tetapi akan lebih baik jika diikuti, Yakni sobat seyogyanya mengerjakan pola bagian bawah terlebih dahulu baru bagian atas. Selanjutnya samping kanan dan kiri.

7. Jika pemasangan full wrapping, ikuti saja langkah-langkah di atas. Dahulukan bodi depan lalu ke belakang baru samping kanan dan kiri. AWas ya sobat, kadang ada desain yang menonjolkan garis, jangan sampai salah pasang sehingga antar bagian tidak bertemu.

Proses pemasangan sticker decal wajib menggunakan hotgun. Jika sampai sekarang sobat masih menggunakan korek gas, lebih baik diganti dengan hotgun. 

Apalagi saat ini banyak pilihan merek. Kalau yang mahal seperti Bosch, Krisbow dan merek premium lain belum terbeli, beli saja merek Selery yang murah meriah.

Cara Pasang Cutting Sticker di Kaca Mobil

Sobat pasti pernah melihat sebuah mobil dengan kaca depan atau belakang dihiasi cutting sticker. Biasanya kata-kata lucu, nama klub otomotif atau tulisan brand terkenal.

Sesulit apakah cara memasang cutting sticker pada kaca mobil? Baiklah sobat, ikuti saja langkah-langkahnya yang akan dijelaskan di bawah ini.

Yuk perhatikan poin demi poinnya:

1. Bersihkan kaca mobil dengan air yang dicampur sabun. Kalau tak ada sabun, gunakan saja cairan pembersih piring. Ingat hanya beberapa tetes sudah bisa digunakan pada sebotol air ukuran penyenprot stendar.

2. Jangan pasang saat kaca masih basah. Untuk itu usahakan permukaannya kering. Sobat bisa ngobrol dahulu dengan pemilik mobilnya sambil menunggu kering. Ramah adalah hal penting dalam sebuah usaha, setuju gaes?

3. Tempalken cutting sticker yang sudah disiapkan. Saya tak harus menjelaskan bagaimana cara membuat cutting sticker, karena hal tersebut sudah saya kupas di artikel sebelumnya. Usahakan posisinya didiskusikan dengan pemiliknya, karena di mobil ada wiper. Ia akan bergerak saat hujan, dan sobat harus hindari pemasangan sticker yang terkena sapuannya.

4. Kelupas sedikit backing papernya, lalu gunakan rakel atau squeez dengan permukaan beludru untuk menggosoknya. Pastikan cutting stickernya menempel sempurna barulah lepaskan masking tapenya.

Demikian proses pemasangannya sobat. Hati-hati karena ini pemasangan di kaca mobil, jangan sampai ada masalah dengan pemasangannya. Lebih baik hati-hati daripada sobat kena komplain.

Cara Pasang Cutting Sticker di Kaca Rumah

Bahan sticker yang paling umum dipasang pada kaca rumah ialah sandblast. Ada yang bentuknya polos tanpa motif. Karena topik artikel ini soal cutting sticker, maka yang saya maksud di sini ialah sandblast dengan motif.

Untuk membuat motif pada sandblast harus menggunakan mesin cutting sticker. Artikel lengkap tentang mesin cutting sticker bisa sobat baca artikel berikut ini.

Ikuti langkah-langkahnya agar hasilnya maksimal. 

1. Bersihkan kaca jendela, pintu atau kaca di bagian rumah lainnya. Pastikan tak ada debu yang melekat. Jangan anggap ah hanya sebutir debu. Karena sandblast tidak akan terpasang mulus jika ada debu yang terjebak di dalamnya.

2. Sandblast yang sudah dicutting pasti sudah ditentukan ukurannya. Karenanya sobat tidak perlu memotong tepinya.

3. Semprot permukaan kaca dengan air yang dicampur sedikit sabun. Harus rata dan jangan sampai ada bagian terlewatkan.

4. Lepaskan backing paper sandblast dan semprot juga bagian belakang sandblast yang berperekat. Kalau kesulitan mengerjakannya sendiri sobat bisa mengajak seorang teman.

5. Lekatan pada permukaan kaca. Mengapa dibutuhkan air campuran sabun? Di sinilah pentingnya, karena sandblast masih bisa digeser-geser untuk mencari posisi paling tepat.

6. Semprot permukaan sandblat dengan air campuran sabun. Lalu gosok pelan-pelan dengan squeeze atau rakel dengan ujung kain halus. Kalau rakel sobat gunduk semua, lapisi bagian ujungnya dengan kain halus atau tisu.

7. Sapu dan gosok secara merata saat sandblast masih basah. Pasti ada yang bertanya, bagaimana bisa diangkat sandblastnya jika ada cuttingan di sana? Ingat, saya pernah mengupas masalah ini dalam artikel khusus tentang sandblast. Coba sobat browsing di blog ini tentang teknik potong setengah putus pada sandblast.

8. Tinggal saja sobat. Iya benar, tinggal pulang setelah langkah ke 7 selesai.

9. Esok harinya silakan datang lagi saat sandblast sudag menempel sempurna. Percaya kan? Ketika sudah kering maka goresan pisau mesin cutting sticker terlihat jelas. 

10. Kelupaslah bagian-bagian mana yang harus dibuang dan mana yang harus dibiarkan menempel. Dengan teknik potong setengah putus maka pekerjaan ini akan mudah.

Demikianlah sobat proses memasang sandblast dengan motif. Mudah bukan? Sobat juga bisa membacanya di sini.

Cara Pasang Cutting Sticker Helm

cara-pasang-cutting-sticker-di-helm

Sekarang ini semua benda bisa dipasangi cutting sticker. Termasuk helm tentu saja. Sobat juga penasaran ingin tahu seperti apa caranya memasang cutting sticker pada penutup kepala pengaman pengendara motor ini?

Berikut langkah-langkahnya:

1. Cukup bersihkan permukaan bagian helm yang akan dipasangi sticker. Nggak usah diguyur air hehehe.

2. Kalau stickernya kecil-kecil langsung buka saja dan tempel. Kalau sekiranya ada bagian berkerut, pansakan dengan hotgun.

3, Kalau stickernya lumayan lebar, katakan saja bentuknya lingkaran 10 x 10 centimeter, di sini sobat akan menemukan kesulitannya. Karena permukaan helm itu cembung, maka tepi stickernya pasti tak bisa menutup sempurnya.

4. Ambil hotgun, kalau nggak ada pinjam hairdryer milik istri dan gunakan untuk memuaikan stickernya. Gunakan ujung jari untuk melekatkan bagian tepi stickernya, pelan-pelan saja.

5. Jika menginginkan pemasangan stickernya lurus, misalnya list LTD helm yang banyak diminta. Gunakan potongan sticker lebar 3 milimeter sepanjang bulatan bagian belakang helm. Pasang sticker tipis ini sebagai pembatas atas bawah.

6. Selenjutnya gunakan sticker tipis tadi sebagai panduan agar sticker bagian kanan dan belakang sama tinggi. Gunakan hotgun biar menempel sempurna.

Nah, sobat kini sudah paham bagaimana membuat helm kalian lebih cantik kan?

Cara Pasang Cutting Sticker di Rambu-rambu

cara-pasang-cutting-sticker-di-rambu-rambu

Selain memasang sticker untuk mobil, motor, kaca, helm, maka hal lain yang kadang dilakukan tukang sticker ialah memasang rambu-rambu. Mungkin lebih tepat memasang sticker rambu-rambu ya hehe.

Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pasang sticker dasar pada pelat rambu-rambu yang sudah dipotong sesuai ukuran standar. Jangan buat ukuran sendiri ya sobat karena rambu-rambu sudah memiliki ukuran tersendiri. Kalau perlu gunakan air dicampur sabun agar rata.

2. Tunggu sticker latar kering benar. Lalu siapkan cutting sticker yang biasanya berupa tanda entah orang menyeberang, belokan ke kanan atau kiri, ada lokasi seperti ATM dan masjid dan sebagainya.

3. Tempelkan di atas sticker dasar lalu cari posisi yang tepat. Kalau tidak yakin apakah posisinya sudah pas banget, coba panggil anak gadis tetangga lalu tanyakan apakah posisi sticker cuttingnya sudah pas?

4. Jika sudah pas, kelupas ujungnya dan lipat backing papernya lalu lekatkan masking tapenya. Sobat sudah memiliki awal untuk memulai pemasangan.

5. Tarik pelan-pelan backing papernya dan gosok stickernya dengan rakel, kape atau squeeze yang halus. Buang saja rakel yang permukaannya tidak lagi rata.

6. Lepaskan masking tapenya secara perlahan untuk menampilkan keindahan cutting sticker pada rambu-rambu.

Tak terasa sobat banyak sudah tutorial pemasangan cutting sticker pada mobil, motor, kaca mobil, kaca rumah, helm dan rambu-rambu. Semoga bermanfaat dan terima kasih. ***

0 Response to " Cara Pasang Cutting Sticker di Mobil, Motor, Kaca dan Helm"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel