Cara Membuat Cutting Sticker dari A Sampai Z

cara membuat cutting sticker
Cara membuat cutting sticker, tidak selamanya
mudah. Foto - instagram/stickersiluet
cuttingstickerupdate - Cara membuat cutting sticker yang akan saya tuliskan di sini khusus untuk sobat yang baru akan memulai bisnis usaha ini. Atau juga kalian yang ingin tahu seperti apa sebenarnya proses pembuatan cutting sticker. 

Dengan memahami cara membuat cutting sticker, setidaknya bagi kalian yang ingin memesan bisa mengira-ira apakah desain yang diinginkan bisa dibuat. 

Karena tidak semua desain yang diinginkan konsumen bisa dibuat stickernya. Ada beberapa hal yang membuat tukang sticker menyanggupi atau menolak permintaan pembuatan sticker cutting.

Bagi orang awam, membuat sticker cutting biasanya hanya dilihat saat bahan dipotong pada plotter atau mesin potong khusus. Padahal dibutuhkan beberapa proses sebelumnya agar desain bisa dipotong secara otomatis.

Untuk memberikan gambaran lengkap, saya akan menjelaskan secara komplit langkah A sampai Z, dari bahan polos sampai siap dipasang di media yang diinginkan.

Membuat Desain

contoh sticker printing
Langkah pertama yang pasti dilakukan tukang sticker ketika mendapatkan order ialah membuka layar laptop atau PC-nya. Di komputer ini sudah terpasang program grafis, saya jamin di Indonesia didominasi oleh pengguna CorelDraw. Kalau soal versinya beragam, ada yang masih menggunakan versi 5.0 atau versi terbaru.

Desain yang dibuat sesuai dengan keinginan konsumen. Ada kalanya dilakukan dengan cepat. Misalnya pesanan sticker menu makanan seperti Bakso Malang, Sate Ayam Madura dan sebagainya. Atau yang paling mudah ialah sticker papan nama kantor. Karena untuk nama kantor pasti jenis huruf (font) standar, seperti Arial Black atau Futura yang tebal.

Yang patut diketahui, mesin cutting tidak bisa memotong gambar. Jadi selama ini saya banyak menerima pertanyaan dari beberapa orang di seluruh Indonesia yang sudah keburu membeli mesin cutting. Sayangnya mereka tidak belajar sebelumnya, dikira gambar apapun yang masuk ke layar CorelDraw bisa langsung dipotong.

Mesin cutting hanya bisa memotong garis. Jadi kalau kalian ingin memotong bahan sticker membentuk lingkaran, buat saja lingkaran menggunakan tool circle di CorelDraw. Jangan import gambar bola lalu memberikan perintah cutting. Dipastikan mesin tak akan bereaksi.

Dengan membaca artikel ini, saya harapkan sobat yang memang sama sekali tak memiliki bayangan tentang cara membuat cutting sticker kini mulai paham. Jadi ketika sobat menyerahkan gambar, misalnya Doraemon dan minta dibuatkan sticker cuttingnya, pasti tak bisa cepat. Membuat sticker banyak warna tidaklah mudah.

Desainer akan mendesain ulang, meniru garis-garis yang membentuk karakter Doraemon dahulu. Karena, sekali lagi, mesin cutting hanya bisa membaca garis bukan gambar. Dan garisnya harus dengan tebal hairline (kebanyakan untuk mesin cutting China).

Menentukan Ukuran

Langkah selanjutnya ialah menentukan ukuran, Maksudnya di sini ialah berapa centimeter sticker cutting yang sobat pesan. Misalnya tulisan Jual Ikan Serba Rp10.000, sobat minta ukuran lebar tuliasn 80 cm, tinggi 12 cm, Maka desain diseting dengan ukuran lebar (panjang kanan ke kiri atau kiri ke kanan) 80 cm dengan tinggi 12 cm.

Yang sering juga dipertanyakan oleh konsumen yang duduk di samping desainer ialah ingin melihat seperti apakah hasilnya sticker pesanannya nanti. Padahal layar CorelDraw hanya mewakili skala, ukuran semestinya akan terlihat pada hasil potongan bahan sticker.

Menyiapkan Bahan Sticker

Setelah ukuran disepakati, (seharusnya harga juga sudah disepakati jika sudah sampai tahap itu hehe), selanjutnya ialah menyiapkan bahan. 

Ini nih yang juga sering menjadi masalah antara konsumen dan tukang sticker. Konsumen menginginkan bahan yang warnanya seperti warna motor yang dibawanya. Dan saya atau sobat tukang sticker nggak punya warna yang sama.

Begini sobat semua, warna sticker cutting menyesuaikan dengan warna bahan  yang sudah dibuat di pabriknya. Jadi bagi konsumen, kalau memang tidak bisa mendapatkan warna yang sama persis dengan cat motor, ganti dengan warna yang mendekati.

Berbeda dengan stiker printing, di mana semua warna yang diinginkan bisa dibuat karena stiker jenis ini menggunakan tinta. Sama seperti printer rumahan kalian.

Proses Pemotongan

cara membuat cutting sticker huruf melengkung
Sticker seperti ini butuh masking tape.
Foto - instagram/stickersiluet
Sebelum dipasang pada mesin cutting sticker, antara bahan dengan desain harus hampir sama. Kalau lebar desain 30 cm, tinggi 30 cm juga, maka bahan yang disiapkan harus lebih lebar dari 30 x 30 cm. Mengapa? Karena mesin cutting memiliki tuas penjepit yang memiliki jarak tertentu.

Ada msein cutting yang lebar antar tuas penjepit bahan bisa diatur sesukanya sehingga tak terlalu menjadi soal. Namun ada kalanya mesin cutting memiliki jarak antar tuas penjepit sudah ditentukan dari pabriknya. Jika itu yang didapati maka bisa saja yang diambil ialah bahan selebar 45 cm (ukuran standar bahan sticker pendek).

Sebelum perintah diberikan di komputer, maka wajib diatur berapa ketajaman pisau cutting dan kecepatannya. Rumusnya sederhana, semakin besar ukuran desin yang dipotong dan bentuknya sederhana, atur saja kecepatan potongnya maksimal biar cepat selesai. Dan sebaliknya.

Dan silakan berikan perintah potong dari komputer. Maka jarum mesin cutting akan bergerak otomatis mengikuti desain yang ada di komputer. Biarkan saja caranya bergerak, mau dari atas ke bawah, menyerong, meloncat-loncat antar huruf, itu normal.

Tunggu hingga selesai cutting baru potong bahan yang sudah ada jejak desain stickernya menggunakan cutter di mesin. Mesin cutting memiliki penampang untuk memudahkan pemotongan bahan setelah proses cutting selesai.

Tahapan Cara Membuat Cutting Sticker Paling Rumit

cara membuat cutting sticker ukran kecil
Ngopeki sticker cutting seperti ini harus sabar.
Foto - instagram/stickersiluet
Mengapa langkah selanjutnya saya kasih sub judul seperti di atas? Karena pekerjaan ini bisa jadi tahapan yang paling membosankan atau malah membuat males. Padahal cari uang lho, ya, seharusnya tidak boleh malas hehe.

Tidak ada istilah yang pas untuk proses ini, tetapi saya lebih suka menyebutnya dengan mengopeki. Maksudnya, melepas bagian bahan sticker yang tidak termasuk bagian yang akan dipasang. Gini saja contohnya biar gampang, kalau sobat memesan sticker berupa bentuk bintang segi lima, maka bahan di luar bentuk bintang akan dibuang.

Itu kalau bintang, kalau menerima pesanan sticker yang ukurannya kecil-kecil bagaimana bos? Ya harus sabar satu persatu melepasnya. Di sinilah biasanya konsumen paham jika cutting sticker tidak bisa dibuat jika ukurannya terlalu kecil. Kalau minta dipotong huruf setinggi 4 mm, ya menangis darah saat ngopeki hua hua hua.

Menyusun Sticker Cutting

Proses ini pasti dilakukan jika sticker yang dibuat lebih dari satu warna. Misalnya sticker bintang segilima dua warna. Warna bintangnya kuning sedangkan outline atau bagian tepinya warnanya hitam. Maka setelah bahan warna hitam dipotong dan bahan warna kuning dipotong, saatnya menyatukan.

Bintang warna kuning sitempel dengan masking tape, yaitu plastik bening yang berfungsi mengangkat sticker. Lalu diangkat sehingga ikut terangkat, lalu ditempelkan di bahan sticker hitam. Proses ini manual. So para konsumen, jangan terlalu murka bila sticker tumpuk yang dibuat jaraknya ada yang tidak pas, melenceng satu milimeter itu wajar.

Kalau yang harus disusun berupa gambar banyak warna, bisa dibayangkan ribetnya. Habis itu konsumen minta harga yang murah, hadeuh....

Melapisi Masking Tape

Proses sudah hampir selesai, begitu bentuk sticker cutting sudah siap maka akan diselimuti dengan masking tape. Mengapa? Untuk memudahan konsumen memasangnya di tempat yang diinginkan.

Masih ada yang tidak dimasking karena berpikir akan disusun satu per satu hurufnya. Contohnya saat ada pesanan tulisan dengan huruf kapital, bukan huruf sambung. Bisa dibayangkan kalau bentuknya setengah lingkaran dan harus dipasang satu persatu. Bisa bisa tidak simetris.

Agar pemasangannya simetris dan mudah, perlu perangkat tambahan ya masking tape tadi. Jadi, silakan buka masking tapenya, angkat sticker cuttingnya ke media yang disiapkan. Pastikan tempatnya benar, lalu gosok bagian atasnya sehingga rata menempel di media.

Akhirnya, lepaskan masking tapenya sehingga hanya sticker cuttingnya yang tertinggal di kaca jualan, papan nama, bodi mobil, kaca mobil, jendela dan sebagainya.

Sssst, Jangan Lupa Bayar

Kalau yang terakhir sih bukan termasuk tahapan cara membuat sticker cutting, tetapi sangat penting antara konsumen dan produsen. Artinya ada barang ya ada uang. Jangan begitu pesanan selesai pura-pura lupa langsing pergi heheheh.

Bayarlah sesuai perjanjian karena di sini sebenarnya terjadinya kehidupan yang damai. Begitulah sobat penjelasan saya mengenai cara membuat cutting sticker. ***

0 Response to "Cara Membuat Cutting Sticker dari A Sampai Z"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel