Cara Membuat Neon Box Cutting Sticker

cara membuat neon box cutting sticker
Contoh papan nama, bedakan bahan stickernya
dengan pemasangan di neon box. F- dok pribadi
cuttingstickerupdate - Cara membuat neon box cutting sticker adalah bagaimana proses memasang sticker cutting pada neon box sebagai salah satu bentuk promosi. Dengan memasanh neon box, lokasi sebuah usaha diharapkan lebih mudaj ditemukan dan diingat oleh warga.

Sebenarnya cara membuat neon box cutting sticker tidak jauh berbeda dengan membuat sticker pada umumnya. Justru menurut saya kadang bisa lebih mudah karena desainnya yang sederhana. Hanya berupa logo dan tulisan yang tidak terlalu rumit.

Sebagai tukang cutting, saya di sini tidak menjelaskan bagaimana membuat kerangka neon box yang berupa rangka serta akriliknya. Jujur saja, selama ini jika saya mendapatkan pesanan neson box saya pasti beritahu konsumen jika saya hanya melayani jasa pasang stikernya saja.

Memang ada yang menyarankan saya bekerja sama dengan tukang teralis yang bisa membuat wadah neon boxnya, namun saya lebih menyukai hanya pasang sticker. Nah bagi sobat semua, untuk bekerja sama dengan tukang teralis atau tidak itu silakan ditentukan sesuai pribadi masing-masing.

Secara garis besar, cara membuat neon box cutting sticker bisa dijabarkan secara sederhana. Silakan dibaca dengan seksama agar sobat juga bisa mengerjakannya. Atau bagi orang awam juga bisa melakukannya.

Cutting Bahan Sesuai Desain

Tentang materi ini saya tidak menuliskannya panjang lebar. Saya sudah membuat beberapa tulisan yang membahas tentang hal ini. Yang ingin saya sampaikan di sini lebih ke penggunaan mesin cutting. Mengapa harus menggunakan mesin cutting?

Untuk menghasilkan potongan yang rapi. Jika manual dikhawatirkan ada goresn pisau yang tidak perlu. Lebih kepada bagaimana memberikan perasaan nyaman kepada konsumen. Dan sepertinya mereka akan lebih suka memberikan pesanan ke toko yang memiliki mesin cutting ketimbang yang masih menggunakan cara manual.

Pakai Sistem Basah

Saat pemasangan sticker cuttingnya ke neson box saya biasanya lebih suka menggunakan sistem basah. Air saya campur beberapa tetes cairan pembersih piring yang saya semprotkan merasa ke permukaan akrilik. 

Jika menginginkan hasil pemasangan yang mulus, sebelum pakai air campuran tadi bersihkan dengan air biasa lalu bersihkan airnya dengan squeeze. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari menempelnya debu. Apalagi jika toko sobat ada di tepi jalan besar, banyak debu debu beterbangan. Karena ukurannya sangat mungkin tak terlihat mata biasa.

Setelah yakin bersih, semprotkan air campuran pembersih piring tadi secara merata. Lakukan juga di bagian sticker cutting yang berperekat. Tentu saja backing papernya dibuang. Geser geser untuk mendapatkan ukuran dan posisi yang pas.

Lalu bersihkan air di bawah lapisan sticker agar mengalir keluar. Cara melakukannya searah saja, bisa dari tengah lalu ke arah kanan, Lalu dari tengah ke kiri. Atau dari kanan ke kiri dan sebaliknya serta dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Perhatikan Sudut

Neon box pada umumnya ada tulisannya. Baik dipasang tulisannya atau ditinggalkan tulisannya (dilobangi) tetap perhatikan sudut sudut hurufnya. Jangan asal tarik squeeze saat berada di sudut tulisan yang membentuk sudut siku.

Jika tidak hati-hati maka bisa saja metusak ujung-ujung huruf. Jika sobat melakukannya dengan teliti dan berulang kali, maka air akan hilang dari bawah lapisan sticker cutting sehingga perekatnya akan menempel ke akrilik.

Tumpuk Sedikit

Adakalanya harus menumpuk bahan sticker di permukaan neon box. Kalau saya, lebih memilih menyisakan tumpukan di sudutnya ketimbang saya potong pas. Misalnya ada lingkaran dari bahan warna hitam yang menutupi neon box berukuran diameter 50 cm.

Dilihat di desainnya, lingkaran itu ditutup warna merah lalu di tengah ada bintang warna kuning. Maka saya akan memotong bahan kuning dengan diameter 51 cm. Mengapa saya lebihkan, biar yang 0,5 cm bisa menutupi lingkaran dengan sempurna. Kalau dipotong pas 50 cm diameternya, bisa saja menyisakan sedikit celah.

Ingat, neon box berarti ada lampu di dalam kotak. Jika ada celah yang terbuka maka sinar lampu akan keluar sehigga mengurangi keindahan neon box tadi.

Ilmu Berikut Tak Kalah Penting Bro:

Cara Membuat Cutting Sticker dari A Sampai Z

Stiker Menyala, Apa Sih yang Dimaksud Konsumen?

Harga Cutting Sticker Mobil (Stripping Bodi Samping)

Gunakan Bahan yang Benar

Saya paham, banyak sekali teman yang menggunakan bahan sticker Oracal 651 untuk melapisi akrilik neon box. Padahal jenis ini cocok untuk sticker yang mendapatkan sorotan lampu dari depan. Kalau neon box, seharusnya sobat gunakan Oracal 830 dan 850.

Seperti pernah saya tuliskan di blog ini, Seri 8300 adalah jenis transparan, bisa diaplikasikan di neonboks sehingga lampu yang dikeluarkan tidak terhalang sticker.

Sedangkan 8500 adalah translucent cal. Translucent (semi transparan) adalah kebalikan dari jenis scothlite.

Scothlite akan berpejar apabila mendapat sinar dari depan, sedangkan translucent akan bersinar (sesuai warna sticker tersebut) apabila disinari dari belakang. Tentu cocok untuk advertising.

Demikian sobat, semoga bisa mendapatkan ilmu tentang cara membuat neon box cutting sticker. ***

0 Response to "Cara Membuat Neon Box Cutting Sticker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel