Stiker Menyala, Apa Sih yang Dimaksud Konsumen?

stiker menyala
Stiker menyala adalah istilah untuk bahan
stiker jenis reflektif. Foto - otosia.com
cuttingstickerupdate
- Stiker menyala, sebutan ini pasti pernah sobat stiker dengar langsung dari konsumen. Jangan dahulu underestimate atau merendahkan seseorang hanya karena sebuah sebutan. Biar nggak senewen yuk coba kita perjelas sebutan tadi.

Secara kata-kata, menyala adalah kondisi yang terang atau seperti bolam. Jika mendapatkan pertanyaan seperti itu silakan sobat sobat larikan ke stiker cutting dengan bahan reflektif. Jika sobat menyediakan bahan stiker dengan merek seicholite, prolite, xlite, goodlite, kiwalite, 3M, avery denison, oralite, itulah jawabannya.

Tak salah, konsumen memang banyak tak tahu jika bahan stiker yang bisa menyala kalau kena sinar kala gelap ialah reflektif. Mereka hanya mencari istilah gampangnya saja. Tergantung bagaimana sobat-sobat menafsirkannya.

Stiker Menyala Tak Selalu Terbaik

Saya biasanya memberikan penjelasan panjang lebar kepada para konsumen mengenai sticker yang akan mereka buat. Pertanyaan saya standar saja, seperti mau stiker cutting atau printing. Maklum saja, masih banyak warga yang memang tidak mengenal sama sekali cara membuat stiker.

Dan saya pernah, bukan hanya sekali, menunggu calon konsumen yang harus menelepon kantornya dahulu hanya untuk memastikan pesanannya setiker printing atau cutting.

Lalu saya tanya digunakan di mana, indoor atau outdoor. Mengapa ditanyakan hal seperti ini, karena bahan untuk outdoor dan indoor berbeda, apalagi kalau mintanya stiker cutting. Bahan berkualitas rendah akan gampang memudar warnanya, sedangkan bahan bagu tahan tahunan.

Kalau di awal percakapan calon konsumen langsung menyebut bahan bagus, yang menyala, saya jelaskan lagi. Belum tentu bahan menyapa itu bagus untuk dibuat stiker di berbagai kegunaan. Jika ingin awet saya justru tidak menyarankan pakai reflektif buatan China.

Daripada hanya mengejar nyalanya namun ketahanannya hanya beberapa bulan. BIasanya kalau saya jelaskan calon konsumen tambah bingung hehehehe. Tetapi begitulah saya mengedukasi warga, seperti saat saya jualan stiker beberapa tahun lalu.

Kalau untuk Rambu, Jangan Sembarangan

Namun kalau ada konsumen datang minta dibuatkan stiker rambu-rambu, biasanya saya arahkan ke stiker menyala. Mengapa? Karena sedikit banyak saya juga mengerti, tanda peringatan yang akan dipasang bertujuan untuk membantu pengguna jalan.

Kaitannya dengan keselamatan dan nyawa manusia. Saya juga menanyakan apakah rambu yang dibuat membutuhkan menyala yang sangat terang saat malam hari. Jika iya dan untuk di jalan, maka saya berikan penjelasan sebaiknya menggunakan reflektif high density dengan daya pendar yang sangat tajam.

Merek-merek bahan stiker seperti Oralite, Kiwalite, 3M bisa menjadi pilihan. Bahan-bahan ini mampu memantulkan cahaya meski jarak dari lampu kendaraan masih cukup jauh. Hal ini tentu sangat membantu pengendara kendaraan yang belum memahami kondisi jalan yang dilalui.

Sebenarnya pemerintah juga sudah membuat aturan mengenai perlunya stiker menyala yang wajib ditempel di bagian belakang truk atau tronton dan mobil boks agar bisa memberikan tanda posisinya kepada pengendara di belakangnya.

Baca Juga:


Stiker Menyala untuk Keselamatan

Sering, bahkan terlalu sering konsumen meminta dibuatkan stiker rambu-rambu namun minta menggunakan reflektif kelas menengah atau yang bahannya jelek. Mereka beragumen anggaran dari kantornya cekak. 

Selain itu kalau pesannya cukup banyak, saya harus order bahan terlebih dahulu. Sebab kebanyakan saya menyediakan stok reflektif kelas menengah. 

Pernah saya mendapati konsumen pegawai pemerintahan yang memang datang ke toko sambil membawa bahan stiker sendiri. Rupanya ia sudah browsing terlebih dahulu dan sempat komunikasi dengan saya via WhatsApp. Namun kala itu saya nggak punya bahan yang diminta lalu saya sarankan menghubungi para distributor bahan di Jakarta.

"Saya memilih membeli bahan stiker mahal daripada mengorbankan nyawa pengguna jalan, Mas," tuturnya.

Agaknya, sebagai tukang stiker kita juga perlu memberikan pemahaman tentang sifat dan kualitas bahan stiker yang kita gunakan. 

Semoga artikel ini membantu sobat semua memahami apa itu stiker manyala. ***


0 Response to "Stiker Menyala, Apa Sih yang Dimaksud Konsumen?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel