Harga Cutting Sticker Mobil (Stripping Bodi Samping)

Foto - bintanwrapping
Harga Cutting Sticker Mobil masih menjadi pertanyaan sejumlah sobat sticker yang dikirimkan ke kolom komentar, email maupun WhatsApp saya. Kali ini saya ingin membahas khusus menentukan harga cutting sticker untuk stripping bodi samping mobil.

Sudah jamak jika bagi sebagian pemilik mobil, stripping yang dipasang di bodi mobil mereka bagian kanan dan kiri menambah ganteng kendaraan mereka.

Sebenarnya, bagaimana untuk menentukan harga cutting sticker mobil khususnya stripping seperti saya jelaskan di atas?

Sobat sticker seluruh dunia, untuk menentukan harga yang harus kalian sampaikan ke konsumen tentu didasarkan pada beberapa hal berikut ini:

Berapa Banyak Bahan Terpakai

Ini adalah komponen atau hal yang paling mendasar bagi sobat semua untuk menentukan harga stripping bodi kanan dan kiri kendaraan roda empat.

Ada tips yang bisa kalian pakai, misalnya saat didesain stripping sisi mobil menghabiskan bahan tinggi 30 centimeter dengan panjang 2,5 meter.

Saya ambil contoh bahan yang dipakai adalah Oracal. Bahan sticker ini memiliki lebar 120 cm. Jika sobat mengukurnya memanjang sesuai ukuran desain sebenarnya, yakni 30 cm tinggi x lebar 2,5 meter tentu ada yang harus sobat korbankan.

Yaitu sisa bahan yang tersisa. Mengapa tidak disusun desain memanjang tadi menjadi beberapa bagian di bahan Oracal selebar 120 cm x 100 centimeter?

Bagaimana bisa? Bisa dengan catatan sobat harus mengukurnya secara tepat pada bagian sambungan misalnya pada pintu depan dan belakang. Mobil kan pasti memiliki lebar pintu baik depan dan belakang, sisi kanan atau kiri.

Dengan cara ini kalian lebih mudah menghitungnya. Misalnya bahan Oracal seri 651 per meter Rp70.000, ya tambahkan saja misalnya Rp70.000 sehingga bahan habis anggap saja Rp140,000. Kalau ditanya konsumen (hehe ada lho konsumen yang memang pingin tahu semianya) bilang saja ongkos desain yang berkali-kali minta ganti.

Selanjutnya tambahkan juga jasa pasang, di sana ada hotgun yang menyedot arus listrik. Juga jasa cutting dari bahan polos menjadi pola-pola stripping yang akan siap dipasang.

Katakanlah semuanya itu Rp60.000 sehingga untuk satu sisi bodi samping harganya Rp200 ribu lengkap. Sudah sama pasangnya. Kalau dua sisi ya Rp400 ribu, kecuali ada yang memang ingin dipasang cuma sebelah hi hi hi.

Ingat, Ada Bahan yang Lebih Mahal

Meski sama-sama menggunakan bahan Oracal misalnya, dengan ukuran stripping yang sama harganya juga bisa berubah. Lho kok begitu bosku?

Karena, setahu saya bahan sticker Oracal harganya tidak sama. Ada warna yang memang dibuat harganya lebih mahal, yakni warna tembaga, silver dan emas. Nggak percaya? Tanya saja ke toko bahan sticker.

Baca Dulu yang Ini Gaes:




Oleh karenanya sobat harus bisa menjelaskan ke konsumen bahwa tidak semua bahan harganya sama untuk semua warna. Belum kalau bahannya berbeda, misalnya minta reflektif merek 3M atau Kiwalite atau Avery Dennison yang harga bahan per meternya bisa ratusan ribu untuk yang super premium.

Melepas Sticker Lama

Sobat juga bisa mempertimbangkan harga dengan mempertimbangkan pekerjaan melepas sticker lama. Jangan anggap sepele, jika kurang hati-hati maka cat mobil bisa terangkat. (Soalnya saya pernah mengganti ongkos cat seluruh atap mobil hanya karena ada salah satu bagian yang ukurannya kecil terangkat saat dibersihkan stikernya).

Melepas sticker lama berarti menggunakan hotgun. Hotgun berarti butuh pemanas yang bersumber dari arus listrik.

Melepas sticker lama berarti waktu yang dibutuhkan lebih panjang. Jika sobat hanya memiliki seorang karyawan, saat memasang sticker stripping sisi mobil pasti kalian kerjakan berdua.

Kalau pas mengerjakan ada yang mau pasang sticker transparan di speedometer motornya? Pasti ditolak kan? Padahal kalau sobat tak harus melepaskan sticker lama waktunya bisa lebih singkat. Dan sticker transparan di speedometer pun terpasang.

Konsumen yang Ngebet Cepet

Pernah menerima konsumen yang tiba-tiba datang dengan mobilnya dan minta segera didesainkan sticker untuk stripping bagian bodi sisi kanan dan kiri?

Bahkan minta segera dipasang karena jam sekian akan mengikuti kegiatan dan kendaraanya wajib dipasang sticker.

Bukan memanfaatkan kesempatan menurut saya jika sobat meminta harga cutting sticker mobil lebih mahal. Karena sobat mengambil risiko.

Maksudnya bosku? Ada mobil yang janji datang pukul 16.00 WIB untuk pasang stikcer kaca depan. Tiba-tiba konsumen yang buru-buru datang pukul 13.00 WIB. Sobat mikir, masih bisa menerimanya dan menyelesaikannya sebelum jam 16.00 WIB.

Dan... belum lagi jam 16.00 WIB, konsumen yang dijanjikan datang sore itu ternyata mendadak datang lebih awal dan sobat memasang sticker di mobil orang lain?

Padahal kepada pelanggan ini sobat mengatakan begini, "Bang ini selesai desain dan cutting pukul empat sore, ya. Datang saja jam segitu biar kami pasang stikernya."

Lalu konsumen tadi bertanya, "Bisa agak siangan, nggak? Takut hujan sore. Nggak ada ngerjakan mobil lain, kan?"

Jawab sobat,"Lama ini Bang desainnya. Jam empat sorelah ya."

"Oke deh," jawab konsumen.

Nah, soal diterima atau tidak konsumen yang minta cepat, semua terserah sobat semua. Begitulah penjelasan sederhana tentang cara menentukan Harga Cutting Sticker Mobil khusus stripping kanan dan kiri. ***

1 Response to "Harga Cutting Sticker Mobil (Stripping Bodi Samping)"

  1. Terima kasih admin atas artikelnya. Sangat membantu sekali

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel