Cara Wrapping Helm dengan Bahan Sticker

cuttingstickerupdate - Bentuk dan corak sticker helm pabrikan sekarang ini sudah beragam. Harganya tinggal menyesuaikan uang di kantong. Mau yang murah, agak mahal hingga mahal sekali juga ada. Demikian juga dengan corak atau warnanya.

Namun percayakah Anda bahwa helm terkadang menjadi sebuah ikon bagi pemiliknya. Dengan demikian, masih ada peluang bagus bagi Anda yang ingin menekuni wrapping (bungkus) helm. Meski bidangnya tak selebar motor atau mobil, jangan anggep mudah wrapping helm. Butuh beberapa kali mencoba untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

wrapping helm sendiri


Yang paling banyak diminati selama saya menerima jasa wrapping helm adalah corak helm Mas Rossi. Maklum, lelaki ini sangat kondang di dunia motor balap Moto GP. Demikian juga dengan pebalap lain seperti helm Marquez, Pedrosa dan sebagainya.

Namun demikian, helm dengan corak yang khas buatan sendiri juga disuka pelanggan. Cara wrapping helm tak beda dengan wrapping kendaraan.

Yang membedakan hanya tekniknya. Karena saya memang mencintai betul dunia cutting sticker, maka semua helm yang saya wrapping menggunakan teknik cutting, bukan printing. Mengapa teknik wrapping helm berbeda dengan saat mengerjakan sticker kendaraan?

Jawabannya sederhana saja, karena bentuk helm adalah bulat. Maka dari itu harga yang saya patok untuk wrapping helm tidak murah murah amat. Wrapping helm polos, misalnya satu warna atau beberapa warna disambung tanpa tempelan sticker cutting jasa wrappingnya lebih murah ketimbang yang ada ornamen atau cutting stickernya.

Pilih Bahan Elastis

Pertama, Anda harus menyadari bentuk bulat helm tadi. Artinya, Anda tidak bisa menggunakan bahan sticker yang kurang elastis. Maksudnya bahan sticker yang hanya bisa ditarik satu atau dua centimeter saat dipanaskan dengan heat gun tak akan bisa digunakan di sini.

Rata rata bahan Tiongkos jenis vinyl akan menyulitkan pekerjaan wrapping helm Anda. Gunakan bahan yang memiliki perekat kuat, meskipun bahan dipanaskan dan ditarik agar memuai dan mampu mengikuti bulat helm, perekatnya tidak berkurang. Jika Anda masih sebatas membayangkan, tentunya sudah bisa mengira ngira bahwa pekerjaan ini butuh kesabaran dan kesabaran.

Oke, silakan gunakan bahan yang bagus. Saya sebutkan beberapa merek yang bisa Anda gunakan, seperti Oracal, Macal, Avery, Aslan, 3M atau bahan lain yang kualitasnya sebanding. Anda juga harus menggunakan heatgun untuk membentuk bahan sticker mengikuti bulatnya helm.

Butuh Teknik Manual

Jika Anda sangat mencintai pekerjaan cutting sticker dengan menggunakan bantuan mesin cutting, untuk wrapping helm Anda sejenak bisa membagi cinta Anda dengan teknik manual. Teknik kuno? Bukan masalah kubo, melainkan teknik yang memang harus digunakan.

Saya berikan gambaran seperti ini. Anda sudah membuat pola lingkaran dengan mesin cutting, lantas Anda tempelkan ke bagian atas helm. Bahan sticker yang datar, Anda gunakan untuk menutup bagian atas helm yang bulat, maka mau tak mau Anda harus menariknya, dengan bantuan heat gun. Jika Anda bisa menghasilkan bentuk yang sama persis dengan pola saat sebelum ditempel, sepertinya saya yang harus banyak belajar.

Jadi teknik yang saya gunakan ialah, tetap menggunakan teknik manual mengandalkan pisau cutter yang harus tajam untuk pola yang saya yakini akan berbeda hasilnya saat sudah dipasang. Sedangkan untuk pola garis, segitiga, bulat kecil, bintang atau huruf huruf, masih bisa saya gunakan bantuan mesin cutting sticker.

Jika helm yang saya kerjakan memiliki bagian yang menonjol, misalnya lobang angin dan aksesoris lain, biasanya saya biarkan ia pada bentuk aslinya. Seandainya tetap ditutup bahan sticker, saya menggores tepi tepinya dengan pisau cutter untuk menghindari angin masuk ke dalam dalamnya, lalu menggelembung.

Pahami Urutannya

Anda juga harus jeli memahami, kira kira warna mana yang harus lebih dahulu dipasang, karena kadang memaksa kita untuk menumpuknya. Teknik lainnya ialah menggunakan bantuan garis sticker untuk memudahkan pemasangan bahan sticker dengan batas jelas. Misalnya Anda ingin membungkus helm menjadi tiga bagian, satu di sisi kanan helm, satu di sisi kiri helm, satu di tengah.

Baca Juga:

Jadikan Cutting Sticker sebagai Usaha yang Abadi

Menjual Bahan Sticker atau Jasa Pasang Saja?

Jual File Vector untuk Cutting Sticker

Yang saya jelaskan di atas ialah wrapping helm menggunakan bahan sticker dan tekniknya sticker cutting. Jika bahan yang digunakan jenis printing, urutan menjadi tak penting lagi karena semua warna ada dalam satu lapisan. Tak ada yang namanya tumpuk-menumpuk.

Dan jika sobat membeli sticker helm dewasa ini, yang ditaearkan hampir semuanya berbahan sticker printing. Namun pilihan ada di tangan sobat semua. ***

0 Response to "Cara Wrapping Helm dengan Bahan Sticker"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel