Jadikan Cutting Sticker sebagai Usaha yang Abadi

cuttingstickerupdate - Sebarapa lama sebuah usaha cutting sticker mampu bertahan di tengah gempuran berbagai teknologi terbaru yang menyasat objek yang sama, kendaraan bermotor? Jawabannya ada di sobat masing-masing.

Untuk menjadikan usaha cutting sticker bertahan lama atau justru usaha yang abadi sebagai penopang perekonomian keluarga, tentu membutuhkan berbagai terobosan. Jika sobat hanya terpaku pada rutinitas yang ada tanpa ada terobosan maka tidak menutup kemungkinan usaha sobat akan gulung tikar.

menjaga usaha sticker


Berikut ini pengalaman saya saat mengelola Bintan Wrapping (kalau gak mempan diklik ketikkan saja di Google) dan blogshop metrosticker.wordpress.com (kalau gagal diklik copy lalu paste di URL address). Meski kini saya aktif ngeblog dan mengelola portal (surat kabar online) di suarasiber.com, sesuai passion yang akhirnya tidak bisa saya pungkiri.

Selalu Update Informasi

Seorang tukang sticker harus tetap mendengarkan segala informasi yang berputar di ranah usaha yang sama. Artinya bukan sekadar informasi, melainkan yang relevan dengan usaha yang sobat geluti. Misalnya warga lagi ramai membicarakan kenaikan harga daging ayam atau susahnya mencari ikan di pasar karena angin kuat nelayan tak melaut, itu bukan konsumsi sobat.

Nah, ketika ada informasi musim pilkada dan masa kampanye akan dimulai, seharusnya sobat cepat tenggap. Bagi tukang sticker seperti saya, informasi seperti itu langsung saya serap dan menindaklanjutinya.

Diantaranya dengan mencari informasi calon-calon anggota dewan di media sosial mereka, berteman, lalu chat pribadi untuk menawarkan branding di mobil atau kendaraan mereka. Kalau ada 10 calon yang kita hubungi, ada 3 saja yang menyambut baik sudah alhamdulillah.

Apalagi Informasi tentang Sticker

Dan, jangan malas untuk mencari tahu perkembangan dunia cutting sticker di daerah lain. Karena saya di Sumatera, biasanya dahulu saya membuka-buka internet untuk mengintip apa yang sedang trend di Jawa.

Dunia cutting sticker itu sangat dinamis. Apalagi bicara teknik atau bahan sticker. Selain merek bahan sticker lama yang tetap beredar, tak sedikit para pemodal yang kemudian mengembangkan produk-produk baru dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sobat tidak boleh mengecilkan perkembangan sticker di daerah lain karena pelan pelan trending sticker di sebuah wilayah akan merembet ke daerah tempat sobat membuka usaha ini. Jadi saat ada yang menanyakannya, sobat sudah punya gambaran. Misalnya desain apa yang sedang trend, karena sobat sudah menyiapkannya di komputer kerja.

Perluas Jenis Jasanya

Bila selama ini sobat hanya menerima jasa pembuatan sticker cutting dan pemasangan sticker cutting, ada baiknya menawarkan hal lain. Misalnya jasa melepas stripping kendaraan asli dari pabrikannya. Juga membeli bahan snadblast dan tawarkan jasa pemasangan sticker kabut atau sandblast yang biasanya digunakan di ruang kaca ATM.

Sama seperti informasi yang saya uraikan di atas, u8saha yang harus ditawarkan juga tak jauh-jauh dari bidang sticker cutting. Paling-paling yang bisa dilakukan meski tak ada sangkut-pautnya dengan sticker ialah minuman. Lho kok minuman?

Kalau sobat mengerjakan sebuah kendaraan yang menghabiskan waktu, full wrapping misalnya, pemiliknya mungkin haus. Daripada membeli minuman di warung sebelah, kan bisa beli di kios sticker sobat? Belum bisa beli almari pendinginnya?

Jangan khawatir, ada beberapa perusahaan minuman yang justru meminjamkan almari pendingin secara gratis. Jika aturannya harus mengisinya dengan produk-produk mereka, nggak masalah, bukan?

Jual Stciker Siap Pasang

Maksud saya selain membuat sticker dan memasang, sobat bisa menyediakan meja kaca atau elatase lalu isilah dengan aneka cutting sticker. Saya percaya, karena saya pernah mengalaminya sendiri, betapa malasanya membuat sticker cutting.

Padahal, kemauan saja yang harus dimunculkan. Kalau beralasan waktu, saya rasa selalu ada waktu luang kalau hanya untuk memberikan perintah kepada mesin cutting memotong desain sticker. Sobat harus menyiapkan desain atau polanya, biar tak mengganggu pekerjaan siang hari lakukan saat malam hari.

Banyak kok brand terkenal yang cukup laku. Misalnya merek sepeda motor, sponsor motoGP dan sebagainya. Lah kan mesin cutting bukan pijat yang harus disentuh setiap saat. Begitu perintah diberikan ia akan bekerja sendiri sementara sobat bisa mengerjakan pemasangan sticker dan sebagainya.

Baca Juga:

Menjual Bahan Sticker atau Jasa Pasang Saja?

Jual File Vector untuk Cutting Sticker

Cutting Sticker Mobil Murah

Kalau urusan ngopek ya lakukan bersama dengan karyawan atau bagaimana solusinya.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan agar usaha cutting sticker bisa bertahan lama. Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Jadikan Cutting Sticker sebagai Usaha yang Abadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel