11 Fakta Mesin Plotter Cutting yang Wajib Diketahui

mesin plotter
Mesin plotter cutting adalah istilah lain untuk menyebut mesin cutting sticker. Dua istilah ini pun masih tetap digunakan di kalangan sticker cutting. Jadi sobat menggunakan istilah yanag mana, pemahamannya adalah bicara soal mesin pemotong bahan sticker.

Mengapa pembahasan ini dibatasi pada mesin plotter cutting? Karena jika hanya menyebut mesin plotter maka sebenarnya akan membahas banyak mesin. Karena ada banyak jenis mesin plotter sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

Ada plotter pena, plotter elektrostatis, plotter thermal hingga print large format. Karenanya dibatasi saja tentang mesin plotter cutting.

Berikut ini adalah 10 fakta tentang mesin plotter cutting yang wajib sobat ketahui. Paling tidak ada gambaran lebih mendalam meski sobat bukan pemaiun usaha cutting sticker. Kan tak ada salahnya mengetahui banyak hgal dalam kehidupan kita.

Hanya Alat Bantu

Mesin plotter cutting hanya;ah sebuah alat bantu. Tetap dibutuhkan campur tangan manusia untuik membuatnya berfungsi. Jika alat ini digunakan dengan benar, maka akan lebih awet. Apabila kepadanya diberikan perintah cutting yang bagus, hasilnya juga akan bagus.

Sebagai alat, mesin ini membutuhkan perawatan yang serius. Dari perawatan ringan dengan membersihkannya dari debu atau kotoran hingga memberinya pelumas di beberapa bagian.

Butuh PC atau Laptop

desain stiker
Untuk mengoperasikan mesin plotter cutting, sobat harus memiliki perangkat keras dengan perangkat lunak di dalamnya. Pasti sudah tidak asing lagi kan? Mereka adalah personel computer (PC) dan laptop.

Laptop merupakan miniatur komputer yang didesain khusus untuk mempermudah penggunanya saat berada di luar ruangan. Lantaran bentuknya yang kecil, laptop bisa dibawa ke-mana mana. Ukurannya juga ada beberapa macam. 

Sementara PC  atau sering kali disebut dengan komputer pribadi merupakan alat elektronika yang terpisah lalu digabung sehingga satu kesatuan. Baik laptop atau PC digunakan sebagai dapur untuk memproses berjalannya mesin plotter cutting.

Buatan Eropa - Amerika

Di dunia ini mesin plotter cutting banyak dibuat oleh negara-negara maju. Di Amerika ada mesin dengan merek US Cutter, Graphtec dan sebagainya. Jerman memiliki merek Roland yang sudah mendunia. Masih banyak merek lain yang dibuat dengan kemampuan canggih.

BIasanya mesin plotter cutting ini sudah dilengkapi software bawaan sehingga tidak merepotkan. Rata-rata penggerak motornyan sudah menggunakan servo, yang mampu menghasilkan suara mesin lebih senyap.

Buatan China

Bicara tentang China pasti tahu jika negara ini mampu meniru segala barang elektronik. Dari mobil sampaui mesin cutting. Dan jangan salah, meski dari segi kualitas bukan bandingan mesin plotter cutting buatan Eropa - Amerika namun nyatanya prpduknya membanjiri pasaran di Indoinesia juga dunia.

Di Indonesia, merek mesin plotter cutting buatan China cukup banyak. Ada Jinka, Rhinotec, Teneth, Innograp, Redsail. PCut dan sebagainya. 

Hanya Memotong

stiker cutting tumpuk
Banyak yang berpikiran jika mesin plotter cutting mampu menyelesaikan proses pemotongan bahan sticker dari a zampai z. Padahal kenyataannya bukanlah seperti itu.

Mesin ini hanya bertugas memotong bahan sticker yang sudah didesain polanya di PC atau laptop. Saat ada konsumen minta dibuatkan sticker cutting tumpuk, yang melakukan penumpukan adalah tangan manusia. Makanya kadang ada tukang stiker dibuat agak emosi hehe ketika ada konsumen dengan santai mengatakan kan pakai mesin, ngapain repor repot ngopeki dan numpuk manual?

Oleh karena itu sobat semua, untuk pembuatan stikcer cutting dalam jumlah banyak maklum jika ada beberapa lembar yang sedikit cacat. Misalnya bagian atas tidak simteris banget dengan backgroundnya. Karena ya tadi, harus dipasang dengan tangan secara pelan-pelan dan hati-hati.

Tidak Menggunakan Tinta

Mesin ini tidak dilengkapi dengan tinta alayaknya printer. Pasti hal ini membuat bingung seorang konsumen yang baru kali pertama melihat cara kerja mesin ini. Sebagai ganti tinta, mesin ini menggunakan pisau atau jarum.

Pisau ini akan bergerak mengikuti gerakan pemotongan seperti yang sudah didesain di komputer atau laptop. Warna diambil dari bahan stiker yang dibuat di pabrik. Jadi pada intinya tidak semua warna bisa dipotong peralatan ini. Kalau dibutuhkan warna oranye sementara stok bahan habis, ya tidak bisa ngotot harus bisa.

Ada Batas Potong

Semua mesin pasti memiliki batas pemakaian. Khusus mesin ini maka ada batasnya. Baik batas lebar bahan atau panjang yang bisa dipotong. Karena itu pabrikan yang membuatnya menyediakan beberapa pilihan ukuran. Yang terkecil 20 centimeter, lalu 30 centimeter, 40 centimeter, 69 centimeter hingga 120 centimeter.

itu menentukan ukuran lebar area potong. Kalau panjang area potong ada yang hanya mampou satu meter, dua meter hingga tujuh meter. Namun semakin panjang pemotongan bahan akan memiliki tingkat risiko yang tinggi pula.

Memiliki Penyangga

penyangga mesin cutting
Salah satu ciri yang hampir dimiliki semua mesin cutting plotter ialah penyangga atau kakinya. Hal ini disebabkan mesin digunakan untuk memotong bahan yang bentuknya gulungan. Jika diletakkan di meja akan bermasalah karena bahan terpotong tidak bisa jatuh ke bawah.

Penyangganya sudah disertakan dalam satu poaket ketika sobat membelinya dari toko. Meski bentuknya tidak sama, namun fungsinya sama. Sebagai tempat mesin agar bisa diposisikan tinggi di atas permukaan tanah. Kedua memudahkan pemasangan gullungan bahan sticker yang terpasang di penopang bagian belakang.

Tidak Bisa Dilanjutkan

Listrik menjadi perhatian khusus para pelaku usaha sticker cutting. Daya yang tidak stabil akan merusak mesin, bukan hanya mesin plotter cutting melainkan semua mesin yang memiliki komponen elektronik.

Apabila sebuah mesin memotong desain sepanjang dua meter berupa ukiran, sementara baru berlangsung 60 persen terus tiba-tiba lampu padam, artinya sial. Karena lanjutan pemotongan tidak bisa dilanjutkan. Tidak berlebihan jika untuk satu mesin ini seyogyanya dilengkapi dengan UPS atau akat catu daya.

Dengan UPS maka proses pemotongan bahan sticker bisa berlangsung sampai tuntas.

Pengatur Kecepatan dan Tekanan

tombol mesin cutting
Pekerjaan mesin ini adalah memotong bahan. Tentu ada kaitannya dengan bagaimana kecepatannya saat melakukan pemotongan bahan yang besar atau kecil. Juga urusan pisau, pasti dibutuhkan pengaturan agar bahan terpotong dengan baik.

Terpotong baik berarti sticker bisa dikelupas dengan sempurna. Jika jarum tidak cukup menekan bahan, maka hanya menimbulkan goresn dan tidak bisa dikopeki. Kalau kecepatan terlalu tinggi kadang ada ujung dengan ujung pisau yang tidak bertemu.

Cut atau Print and Cut

Fungsi mesin plotter cutting ialah memotong bahan. Sementara fungsi mesin print atau printer ialah mencetak dengan tinta. Kalau sobat menginginkan sebuah mesin yang bisa mencetak sekaligus memotong silakan pilih mesin prin and cut.

Mesin ini akan mencetak gambar terlebih dahulu. hanya saja, perlu diseting agar memiliki mark (tanda) di output cetak. Setelah selesai barulah disinkronkan agar bahan yang sudah dicetak bisa dipotong mengikuti pola garis luarnya.

Demikian penjelasan tentang mesin plotter cutting. ***


0 Response to "11 Fakta Mesin Plotter Cutting yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel