Mengenal Lebih Jauh Bahan Cutting Stricker Jenis Vinyl

cuttingstickerupdate - Setelah sebelumnya saya mengunggah postingan tentang bahan sticker reflective, kali ini saya menuliskan tentang vinyl. Bagi sobat yang lebih banyak menerima jasa wrapping kendaraan, baik sepeda motor atau mobil, vinyl menjadi bahan sticker wajib.

Di Indonesia, saat ini banyak sekali merek bahan sticker vinyl yang beredar di pasaran. Sama seperti reflective, ada yang diimpor dari Eropa dan Amerika, tak sedikit yang didatangkan dari China. Sudah jamak diketahui publik, bahan sticker pabrikan China harganya lebih murah, dengan kualitas di bawah buatan Eropa atau Amerika.

Tukang Sticker Kaki Lima

bahan sticker vinyl 45 cm
Bahan sticker vinyl seperti ini biasanya dipakai para penjual jasa pasang sticker kaki lima karena lebarnya hanya 45 centimeter. Foto - istimewa

Bagi tukang sticker kaki lima, dalam arti sebenarnya, yakni mereka yang melayani jasa pemasangan sticker di bawah pohon, tepi jalan. Bahkan ada yang tidak ada fasilitas listriknya sehingga harus menggunakan korek gas untuk proses pemasangan sticker, vinyl yang digunakan rata-rata yang berukuran lebar 45 centimeter.

Mereknya beragam, diantaranya yang paling baru Max Decal (kabarnya buatan Amerika), Lalu merek lama tetapi tetap bertahan yakni Dc-fix buatan pabrikan Jerman. Selebihnya adalah produk China dengan merek mulai Profix, Seichofix, Goodfix, Sunfix dan sejenisnya.

[Yuk pahami sifat dari bahan sticker reflective yang mampu memendarkan cahaya]

Karena mengambil tempat di tepi jalan, para penjual jasa pasang sticker ini sengaja menawarkan vinyl. Dengan lebar 45 centimeter, sudah cukup untuk membungkus sepeda motor. Bahkan untuk motor seperti Honda Beat atau Yamah Mios, bisa dibagi dua dengan lebar masing-masing sisi 22,5 centimeter.

Selain itu, untuk memajangnya juga tak terlalu banyak mengambil tempat. Cukup dipajang di gerobak sederhana sudah cukup. Namun demikian jangan remehkan kemampuan para tukang sticker kaki lima ini. Hanya menggunakan korep api gas dan sayatan pisau cutter, banyak karya sticker yang secara seni sangat bagus.

Kios atau Toko Sticker

vinyl oracal 651
Salah satu merek vinyl lebar 120 centimeter yang mendapatkan tempat di Indonesia ialah Oracal. Foto - istimewa

Sementara yang memiliki kios atau toko atau bahkan ruko, entah beli sendiri, warisan orangtua atau mertua atau membelinya, selain vinyl dengan lebar 45 centimeter juga ada yang lebarnya 120 centimeter.

Zaman lima tahun silam, untuk vinyl selebar ini hanya dibuat oleh pabrikan Eropa. Sehingga yang dikenal ialah 3M, Avery Denisson, Oracal, Mactac dan sebagainya. Vinyl lebar di atas satu meter ini digunakan untuk wrapping mobil pada umumnya.

Dengan lebar 120 centimeter, cukuplah untuk melapisi bodi sisi manapun. Selain itu untuk pemasangan membutuhkan tak sekadar korek gas. Kalau menggunakan korek gas untuk wrapping fullbody Toyota Avanza misalnya, waduh jempol tangan akan melepuh deh.

Para master sticker akan menggunakan benda yang disebut heatgun atau senjata pemanas. Bentuknya mirip hairdryer namun dengan tingkat panas yang bisa disesuaikan dengan sifat vinyl.

Sifat Bahan Sticker Vinyl

bahan vinyl untuk pot
Karena sifatnya yang elastis, vinyl bisa dipakai untuk membungkus benda seperti pot bunga plastik seperti ini. Foto - dok pribadi

Kalau saya dahulu, saat masih mengelola toko bahan sticker, saat ada yang datang membeli bahan saya tanya terlebih dahulu. Mau dipakai untuk apa.

Jika hanya digunakan untuk menutup kaca jendela kamarnya saya tawari vinyl pendek karena harganya lebih murah. Namun ketika ada yang mengatakan mau membuat tulisan sendiri di tokonya, saya beri pilihan vinyl lebar karena lebih awet warnanya. Kualitasnya juga lebih bagus.

Secara garis besar vinyl memiliki sifat yang elastis. Bahan utamanya plastik, meski pasti ada campuran di dalamnya, misalnya pewarna atau bahan lain yang menghasilkan bahan sesuai peruntukannya. Dengan demikian, saat dipasang di bodi kendaraan ia akan bisa menutup secara sempurna.

Tergantung keahlian tukang stickernya, yang pengalaman tentu tak mengalami kesulitan saat menutup bodi kendaraan yang melengkung atau menonjol. Karena sifat vinyl yang bisa dipanaskan untuk menyesuaikan dengan kondisi bodi kendaraan. Namun demikian, ada batas kelenturan yang tak boleh dilanggar.

Contohnya ialah membungkus tangki sepeda motor. Akan lebih awet jika ada potongannya. Memang bisa dipaksakan menutup tanpa sambungan. namun acapkali masalah muncul ketika ada bagia tepinya yang mengelupas.

Sifatnya yang lentur karena berbahan dasar plastik, dapat digunakan untuk membungkus bagian bagian kendaraan yang tidak rata. Jika bahan cutting sticker jenis reflective gampang sobek, maka bahan vinyl lebih kuat. 
Vinyl juga cocok untuk pembuatan tulisan pada papan nama. Bahan ini tidak memiliki kemampuan memancarkan cahaya. Ada dua tipe di pasaran, yaitu glossy yang permukaannya halus mengilap, ada yang agak kusam yang disebut matt atau doff. Belakangan ini untuk wrapping kendaraan yang menjadi primadona adalah jenis dof.

Banyak Ragam

vinyl jenis carbon hitam
Carbon merupakan vinyl yang masih laku di pasaran karena motifnya yang menarik. Foto - dok pribadi

Vinyl dengan merek di atas, khususnya yang lebarnya 45 centimeter, memiliki banyak model. Ada yang polos dengan warna warna total, ada transparan, motif batik, bomb (banyak gambar), sisik ular, carbon (memiliki motif seperti anyaman kecil kecil), bordess, dot matrix, glitter, kulit jeruk, beludru dan sebagainya.

Seperti yang saya sebutkan tadi, setiap jenis tentu diseusikan dengan peruntukannya. Ada beberapa merek bahan sticker vinyl lebar 45 centimeter yang hanya bisa digunakan untuk media atau permukaan yang datar.

[Baca di sini untuk mengetahui bagaimana langkah membuat sticker cutting siluet wajah]

Miaslnya jenis glitter, tiga dimensi (bukan carbon) dan sejenisnya yang memiliki lapisan berperelat cukup tebal. Jika dipaksakan ia akan mudah mengelupas. 

Vinyl pendek yang cukup laku di pasaran ialah carbon. Ia bisa digunakan untuk menutup beberapa bagian atau bodi kendaraan khususnya sepeda motor. Namun ia tetap tak sempurna jika digunakan untuk membungkus bagian sepeda motor yang sifatnya dashboard karena permukaannya tak rata.

Semoga uraian saya ini bermanfaat dan memberikan wawasan bagi warga yang ingin membeli bahan sticker. ***

0 Response to "Mengenal Lebih Jauh Bahan Cutting Stricker Jenis Vinyl"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel