Mengenal Bahan Sticker Reflective

cuttingstickerupdate - Bahan sticker reflective menjadi sesuatu yang seharusnya ada ketika sobat berniat membuka usaha cutting sticker. Bahan sticker ini memiliki kelebihan mampu mengeluarkan cahaya saat gelap, tentu saja ketika ia tersorot lampu.

Dari pengalaman saya, banyak pelanggan yang menyebutnya dengan sticker menyala. Ada juga yang mengatakannya skotlet. Pada intinya sama saja. Dengan membuat sticker cutting menggunakan bahan sticker reflective, sobat bisa memberikan pilihan untuk konsumen.

Bahan sticker reflective yang mahal biasanya memiliki kelebihan lebih lentur. Lapisannya tak gampang robek. Untuk jenis ini mereknya diantaranya Oralite, Kiwalite, Avery Denison, 3 M dan sebagainya. Produk-produk tersebut dibuat untuk keperluan pembuatan rambu-rambu lalulintas atau tanda peringatan lain.

Sifat Bahan Sticker Reflective

bahan reflective
Rambu-rambu seperti ini cocok menggunakan bahan sticker reflective. Foto - dok pribadi

Bahan cutting sticker reflective memiliki dua lapisan. Pertama adalah lapisan yang dipakai untuk cutting sticker dan memiliki warna. Lapisan ini melekat pada pelapis di bawahnya yang terbuat dari kertas namun sangat halus atau licin, biasa disebut backing paper. Antara kedua lapisan ini bisa dipisahkan dengan mudah.

Reflective berkualitas memiliki kelebihan utama daya pendarnya. Dari jarak cukup jauh bahkan sinarnya cukup jelas terlihat. Untuk memberikan contoh termudah, akan sobat jumpai jika melewati jalan tol. Apalagi sekarang pemerintah tengah menggalakkan jalan tol di seluruh wilayah Indonesia.

Jika sobat melintasi jalan-jakan tersebut malam hari, pasti melihat banyak rambu-rambu dipasang di sisi kanan dan kiri jalan. Sebagao penanda ada belokan, turunan, tanjakan, rest area dan sebagainya. Bahan sticker reflective yang bagus akan mampu memantulkan tulisan bahkan ketika lampu mobil menyorot dari kejauhan.

Baca Juga:





Dengan demikian pengandara mobil akan dapat melihatnya dengan jelas. Rambu-rambu tersebut akan sangat membantu terutama mereka yang belum terbiasa melewati jalan tersebut.

Merek yang beredar di pasaran cukup banyak, diantaranya Kiwalite, 3M, Seicholite, Prolite, Decolite, Xlite, Oyama, Oralite, Goodlite, Oralite. Harganya bervariasi, yang termasuk mahal ialah Kiwalite, 3M dan Oralite. Di bawahnya ada Oyama, dan merek lainnya masuk ke grade terbawah.

Namun justru bahan murah yang paling banyak dipakai oleh para pemain usaha cutting sticker di Indonesia. Bahan cutting sticker reflective bisa dibeli secara eceran maupun per rol.

Disukai Sekaligus Dibenci

bahan sticker reflective
Reflective untuk sticker peringatan. Foto - dok pribadi

Reflective termasuk salah satu jenis bahan sticker yang banyak dicari konsumen sebuah usaha cutting sticker. Karena hampir semua bentuk bisa dipakai menggunakan bahan ini. Yang penting bentuknya masuk akal untuk dipotong dengan mesin cutting sticker.

Namun di satu sisi bahan ini juga dibenci. Mengapa demikian? Berbeda dengan vinyl atau bahan berbahan plastik yang banyak dipakai untuk wrapping kendaraan atau sticker printing, reflective gampang sobek. Khususnya yang buatan China.

Namun karena harganya yang murah, membuatnya lebih populer dan gampang ditemukan di banyak tukang sticker ketimbang yang buatan Eropa. Saat dipasang, reflective cenderung menempel dengan sangat kuat.

Persoalannya, kalau memasangnya kurang hati-hati akan sulit untuk menariknya kembali. Demikian juga ketika seseorang ingin mengganti sticker tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Akan menyisakan sisa lemnya sehingga kadang harus dibersihkan dengan cairan khusus untuk memudahkan membersihkannya.

Demikian hal singkat tentang bahan sticker reflective. Semoga bermanfaat. ***


0 Response to "Mengenal Bahan Sticker Reflective"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel