Tips Penting Bikin Sticker Cutting Siluet Wajah

cuttingstickerupdate - Kado pernikahan unik bisa beragam bentuknya. Bagi seorang pelaku usaha sticker cutting, sebenarnya ada peluang besar yang bisa sobat rebut. Dan ceruk ini terus terang pernah saya geluti sewaktu masih aktif menggeluti usaha sticker.
Bahkan saat sekarang saya beralih profesi total ke penulis lepas (ya buat portal semacam suarasiber.com, blog seperti yang sobat baca, gooday.id atau masnunung.com) masih ada beberapa orag yang menghubungi saya untuk dibuatkan siluet.

sticker siluet wajah
Foto - Dokumen Pribadi
Apa sih siluet itu? Mungkin jika sobat mencarinya di referensi lain lebih panjang penjelasannya. Saya jelaskan saja, siluet adalah gambar bayangan. Jadi sticker siluet adalah gambar bayangan yang dibuat dengan teknik sticker cutting. Prosesnya sama persis dengan ketika sobat memotong bahan sticker lain.
Bedanya hanya terletak di warna bahan cutting sticker dan desainnya. Sticker siluet hanya saya buat dengan bahan sticker warna hitam. Jadi yang saya kirimkan ke banyak konsumen di seluruh Indonesia pada waktu itu hanya sticker siluet dari bahan hitam yang sudah saya kopeki dan dilapisi masking tape.
Selain itu, sticker siluet hanya berupa bayangan wajah seseorang. Selama saya menekuni usaha ini, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan kepada sobat semua. Siapa tahu ada yang tertarik meneruskan usaha ini, karena permintaannya tetap tinggi.

Tips Membuat Siluet Wajah

Hindari Trace Otomatis

Salah satu tips yang ingin saya bagi di sini ialah, jangan sesekali sobat menggunakan tool trace otomatis. Tool ini tersedia di photoshop juga corelDraw. Mengapa saya sarankan menghindari tool ini? Karena bagi saya, yang dijual adalah karya seni. Lebih baik agak lama membuatnya tetapi dihargai ketimbang diobral. Itu prinsip saya sejak dahulu. Nyatanya konsumen saya tidak komplain dengan harga yang saya patok.
Selain soal karya seni, sobat harus mempertimbangkan pisau mesin cutting stickernya. Jika hasil trace, pasti memiliki kelemahan banyaknya node yang akan berpengarh ke kinerja mesin cutting sticker. Contohnya hasil trace lingkaran bisa jadi memiliki ratusan node karena sumber gambar aslinya kecil sehingga saat ditrace otomatis hasilnya bergerigi.
Sebagai pelaku usaha, sobat harus tetap berpedoman pada prinsip ekonomi. Jangan hanya karena hobi lalu memberikan harga termurah hanya untuk alasan posting hasil kerja di media sosial. 

Antisipasi Dua Wajah Terpisah

sticker siluet tanjungpinang 2
Foto - Dokumen Pribadi
Salah satu masalah yang awalnya kerap terjadi di jasa pembuatan sticker siluet wajah ialah komplain. Sebenarnya bukan salah saya seutuhnya. Konsumen memberikan dua wajah, satu laki-laki satu perempuan. Konsumen minta kedua wajah tersebut disatukan saja dengan cara diatur di aplikasi desain grafis.
Ketika hasilnya sudah jadi, rupanya ukuran yang menjadi sumber komplain. Rupanya sosok lelakinya lebih kecil dari perempuan atau sebaliknya. Manalah saya tahu sobat siapa diantara pasangan tadi yang postur tubuhnya lebih tinggi atau lebih rendah. Lha saya bukan penhajit kok hehe.
Sejak kejadian tersebut saya selalu memberikan syarat, kalau dua atau lebih wajah yang harus saya siluetkan maka harus dikirim foto lengkap dan utuh. Kalau dua orang ya foto berdua satu lembar, satu keluarga pun demikian juga.

Bukan Bentuk Paling Detail

sticker siluet tanjungpinang 3
Saya justru menghindari bentuk paling detil untuk
menambah kuas kesan siluetnya. Foto :dokpri
Jangan berpikir jika karya sticker cutting siluet yang bagus itu yang paling detail. Kalau detail sekali semua yang bisa mengoperasikan desain grafis bisa membuatnya. Saya kasih contoh yang semoga sobat tahu. 
Grup musik rock asal Amerika, Metallica pernah membuat siluet wajah keempat personelnya. Lihatlah, sangat tidak detail namun semua penggemarnya tahu mana wajah James Hetfield, Lars Ulrich atau yang lain. Atau foto profil Albert Einstien, yang terkenal itu. 
Sobat, yang paling sulit itu membentuk desain sederhana namun tetap memiliki ciri yang bersangkutan. Butuh trial and error untuk menyelesaikan sebuah karya sticker cutting siluet wajah. Bagian yang biasanya membutuhkan revisi berkali-kali ialah bibir dan hidung. Coba saja sobat, lalu kasih warna hitam. Kalau kurang pantas ganti atau ubah sedikit. Dan seringkali satu sentuhan kecil akan membuat desain siluet sobat lebih hidup.

Kira-kira Ketebalan Garis

Ingat, sobat akan membuat siluet wajah dengan teknik cutting sticker. Kalau hasilnya minta dicetak dengan printer biasa nggak masalah. Cutting sticker berarti ada proses melepas bagian yang tak terpakai. Kalau sobat menerima sepasang wajah dengan ukuran A4, waktu sobat akan terlalu lama untuk mengopekinya,
So, buatlah promosi di website sobat atau media sosial untuk satu wajah minimal ukuranya berapa, dua wajah berapa cm dan satu keluarga berapa cm. Semakin kecil ukuran wajah dan media atau bahan sticker cuttingnya, akan semakin kesulitan sobat mempertahankan semua bagian yang dibutuhkan. Pengalaman saya, pasti ada yang hilang entah di bagian mana.
Sementara sebelum dicutting sobat harus menunjukkan dahulu kepada konsumen seperti apa bentuknya. Jika ia nanti mencocokkan antara hasil sebelum dicutting dengan cuttingannya dan ada tahi lalat yang hilang, siap-siaplah sobat dicereweti hahaha. Konsumen itu sifatnya beragam dan sebagai penyedia jasa harus siap menerima lho.

Batasi Koreksi

Kebanyakan konsumen menuntut kesempurnaan. Sama juga dengan para konsumen sticker cutting siluet wajah. Namun sobat harus maklum, karena 80 persen pelanggan saya adalah pasangan yang mau menikah. Jadi sticker siluet wajah yang saya buat dipakai untuk pelengkap seserahan sebelum acara ijab qabul dimulai.
Saya dulu membatasi koreksi paling banyak tiga kali, setelah itu tak saya terima lagi. Artinya begitu revisi ketiga saya langsung proses dengan mesin cutting.

Baca Juga:

Sticker dan Sablon Polyflex, Lebih Menguntungkan

Sticker Balap, Banyak Dicari, Banyak Untung

Cutting Sticker, Bisnis yang Mendunia


Itulah sobat pengalaman saya tentang cutting sticker siluet wajah. Semoga apa yang saya paparkan sedikit banyak berguna. Dan kepada sobat yang ingin mencobanya silakan, karena saya memang sudah tidak lagi menerima orderan siluet. Kalau orderan membuat artikel atau berita monggo saya terima. ***





0 Response to "Tips Penting Bikin Sticker Cutting Siluet Wajah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel