Pengertian Mesin Cutting atau Plotter

cuttingstickerupdate - Mesin cutting atau plotter adalah peralatan yang paling penting bagi seseorang yang menginginkan memiliki toko sticker. Maksud saya lebih ke toko cutting sticker. Karena ada juga yang mengkhususkan diri mencetak sticker printing sehingga ia tak membutuhkan mesin ini.

Cara kerja mesin cutting bisa saya gambarkan secara sederhana sebagai berikut. Diawali dengan mendesain pola yang akan dipotong oleh jarum mesin cutting di layar komputer. Desain di layar ini sudah diseting dengan ukuran sebenarnya.

Kadang ada konsumen yang menganggap apa yang dilihatnya di layar komputer itulah ukuran sebenarnya. Padahal tampilan di layar bisa saja diperkecil atau diperbesar untuk memudahkan desain. Namun demikian, desain di layar sudah menggunakan ukuran sebenarnya.

mesin cutting sticker


Kalau dipikir secara sederhana, jika ada konsumen memesan sticker berupa tulisan dengan ukuran 300 centimeter x 80 centimeter, pasti tidak akan muat di layar komputer. Nah, kegunaan aplikasi atau software desain seperti ColerDraw atau Photoshop ialah memungkinkan desain bisa dibuat.

Biasanya, sepanjang yang pernah saya alami sendiri, konsumen seperti ini belum paham mesin cutting atau bahkan komputer. Jelaskan saja sobat, semuanya akan beres.

Nah, ketika perintah diberikan komputer, maka pisau mesin cutting akan bergerak. Ia akan memotong bahan sticker di bawahnya, yang sudah dijepit sehingga tidak lepas. Untuk memotong ke kanan dan ke kiri, maka holder blade akan bergerak ke kanan dan ke kiri.

Sementara untuk memotong atas dan bawah, giliran roller atau batangan pemutar ke depan belakang yang bergerak. Saat memoting bentuk lingkaran misalnya, maka baik roller atau holder blade sama-sama bergerak.

Mengapa Butuh Mesin Cutting?

Sebuah pertanyaan yang bagus, namun jawabannya sangat sederhana. Mesin cutting dibuat untuk membantu memudahkan manusia memotong bahan sticker dengan ukuran yang sangat simetris. Dan kadang apa yang mampu dilakukannya tidak mampu dilakukan tangan atau secara manual.

Misalnya sobat mendapatkan pesanan tulisan sederhana, ukurannya juga tak besar namun tak kecil amat. Nah, konsumen minta dibuatkan 200 lembar dan harus selesai dalam sehari. Bisa dibayangkan jika tak ada mesin cutting? Anda harus memtongnya secara manual, menggunakan tangan dan pisau cutter. Yakin bisa sama semua dan waktunya terkejar?

Jenis Mesin Cutting

Jika bicara soal jenis mesin cutting maka yang akan dikatakan biasaya soal kualitas. Ada mesin cutting yang kualitasnya bagus, ada yang sedang dan ada yang biasa. Semakin bagus kualitasnya maka harganya juga akan semakin mahal. 

Mesin cutting dengan jaminan mutu kebanyakan diptoduksi oleh Amerika, Jerman atau Jepang. Merek-merek mesin cutting kualitas bagus diantaranya US Cutter, Cricut, Cameo, Graphtec, Mimaki, Roland. Harganya saat ini untuk ukuran lebar 60 centimeter berkisar di angka Rp20 jutaan.

Sementara mesin cutting yang kelas menengah ada yang buatan Korea dengan GCC. Dan jika menginginkan mesin cutting yang murah namun bisa dijadikan modal membuka usaha cutting sticker, belilah produk China.

Merek yang beredar di Indonesia diantaranya PCut, Liyu, Jinka, Teneth, Rhinotec, Lidar, Innograph dan sebagainya. Harganya untuk ukuran 60 centimeter di bawah Rp10 juta.

Bagian Mesin Cutting

Mesin cutting memiliki  bagian bagian berupa roda penjepit bahan. Jumlahnya berbeda antara mesin satu dengan lainnya. Biasanya semakin panjang ukuran mesin cutting sticker, semakin banyak roda penjepitnya. Guna roda ini untuk menjepit bahan cutting sticker agar menempel dengan kuat di permukaan mesin. 

Yang membedakannya dengan printer biasa ialah, mesin cutting sticker memiliki semacam head namun digunakan sebagai tempat memasang holder atau rumah mata pisau. Mengapa disebut cutting karena memang alatnya dilengkapi pisau cutting. Pisau yang digunakan juga pisau khusus. Beda merek beda mata pisaunya. 

Namun sekarang pabrikan Tiongkok membuat holder yang bisa dipakai untuk pisau cutting yang banyak beredar di pasaran.

Mesin cutting sticker juga dilengkapi monitor kecil serta tombol pengatur. Fungsi tombol pengatur ini untuk menggerakkan bahan sticker ke atas dan ke bawah, serta mengatur posisi pisau cutting. Monitor ada yang manual ada yang layar sentuh. Bisa dioperasikan semua. 

Untuk membuat bahan cutting sticker bisa bergerak ke atas dan ke bawah, mesin ini dilengkapi roller atau roda penggerak yang dijepit oleh roda. Roda dan roller berputar membuat bahan bisa naik dan turun. Sementara jarum akan memotong ke kanan dan ke kiri. 

Baca Juga:

Buat Blog Gratisan untuk Promosikan Sticker Sobat

Step by Step Membuat Cutting Sticker Manual

Terima Cutting Sticker Tanpa Mesin Cutting

Membaca Garis

Kebanyakan mesin cutting buatan China dengan harga murah hanya bisa membaca garis. Itu sebabnya ada beberapa orang yang bingung mengapa mesin cutting stickernya tak bereaksi ketika ingin digunakan untuk mencetak gambar. Karena gambarnya belum ditrace atau dibuat outlinenya. 

Berbeda dengan mesin printer yang dapat mencetak banyak warna sekaligus, mesin cutting sticker hanya akan memotong satu warna dalam satu kali proses pemotongan. Jika Anda ingin membuat cutting sticker tiga warna, harus memotong tiga kali. Dan warna yang dihasilkan bukan dari tinta karena mesin cutting sticker tidak dilengkapi tinta. (Ada yang dilengkapi tinta, namanya mesin print n cut, jadi setelah mencetak lalu dipotong. Dua fungsi ini ada dalam satu mesin).

Semoga penjelasan saya mengenai mesin cutting bisa membantu sobat sticker semua. ***

0 Response to "Pengertian Mesin Cutting atau Plotter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel