Lima Kesalahan Wrapping Vinyl yang Sering Dilakukan Pemasang Stiker

Wrapping vinyl mungkin bagi sebagian pembaca membutuhkan penjelasan yang lebih banyak. Namun saya menyarankan hal tersebut tidak usah dipikirkan terlalu jauh karena justru akan lari dari topik yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Anggaplah saja wrapping vinyl adalah membungkus beberapa bagian atau seluruh bagian sepeda motor atau mobil, atau seluruhnya. Vinyl adalah bahannya. Hal penting yang ingin saya sampaikan di sini bukan soal jenis vinylnya, karena saya sudah banyak membahasnya. Silakan Anda buka kembali arsip artikel pada blog ini jika ingin membacanya.

wrapping-vinyl-09ngy6
Pemasangan wrapping vinyl pada kendaraan seperti ini memiliki teknik khusus yang tak bisa dilakukan semua orang. Foto - bintan wrapping sticker varisi tanjungpinang

Stiker mobil atau motor yang hasilnya bagus biasanya dikaitkan dengan kualitas bahannya. Oke, saya juga sependapat dengan pandangan secara umum tersebut. Namun bagi saya pribadi, hal tersebut bukan menjadi faktor utama. Bagi Anda yang dalam posisi ini sebagai klien atau konsumen, jangan iya saja ketika hasil pemasangan stiker di kendaraan Anda justru kurang sedap dipandang.

Anda sudah mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membeli bahan stiker yang disarankan. Secara umum, ketika seseorang mengeluarkan lebih banyak pengorbanan akan mengharapkan hasil yang lebih bagus atau di atas rata-rata.

Tulisan ini sebenarnya secara keseluruhan terdiri dari lima bagian. Temanya sama, yakni kesalahan secara umum yang dilakukan para pemasang stiker saat wrapping vinyl kendaraan pelanggan. Lima hal tersebut adalah hal yang paling sering banyak dilakukan oleh para pemasang stiker pemula. 

Anda sebagai klien atau konsumen (pelanggan) memiliki hak untuk melakukan komplain jika hasil pemasangan bahan stiker tidak sesuai harapan.

Lima Kesalahan Wrapping Vinyl

Kesalahan-kesalahan yang saya rangkum ini adalah hal yang paling sering terjadi. Mungkin pada tempat pemasangan stiker yang profesional tidak akan terjadi, meski tidak bisa dipastikan 100 persen. Bagi wrapper pemula, artikel ini bisa menjadi panduan agar hasil pekerjaan Anda lebih baik dan menyenangkan pelanggan.

Secara umum lima kesalahan wrapping vinyl yang juga hanya terjadi di Indonesia namun juga di luar negeri adalah sebagai berikut:

1. Penempatan Tangan

Tangan merupakan bagian dari tubuh manusia yang paling banyak digunakan ketika seorang wrapper memasang stiker ke media yang diinginkan. Dengan dua tangan, seorang wrapper bisa berbagi tugas yang saling mendukung agar pekerjaannya bisa cepat selesai dan hasilnya tidak mengecewakan.

Satu tangan biasanya sesekali memegang heatgun lalu memenaskan bahan stiker. Sementara tangan lainnya melakukan penarikan atau hal lain pada stiker. Penempatan tangan yang salah akan menghasilkan pemasangan yang kurang sempurna bahkan cenderung jelek.

2. Tekanan Rakel

Rakel adalah papan pilih yang terbuat dari karet dengan tepi berbalut beludur atau kain halus. Kain tadi berfungsi menjaga permukaan stiker tidak rusak saat ditekan. Anda, khususnya wrapper stiker tentu paham bahwa bahan stiker perlu ditekan di permukaan media saat dipasang.

Penekanan perlu agar tidak ada udara yang terjebak dalam lapisan stiker. Jika ada gelembung di stiker, pasti tidak sedap dipandang mata. Nah, seberapa kuat tukang stiker menekan bahan stiker dengan rakel akan menentukan proses selanjutnya. Tekan yang terlalu kuat akan membuat tenaga cepat terkuras, sementara tekanan yang kurang kuat bisa menimbulkan kerutan lipatan di beberapa bagian.

3. Menarik Material Sejauh-jauhnya

Ingat, bahan stiker bukan permainan tarik tambang yang selalu dimainkan saat perayaan peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia setiap bulan Agustus. Material ini memang memiliki sifat bisa memuai jika dipanaskan dengan heatgun.

Namun bukan berarti bisa ditarik semaksimal mungkin. Hal ini biasa dilakukan oleh tempat stiker yang sayang kehilangan kesempatan mendapatkan uang. Meski bahannya pas-pasan bahkan cenderung kurang untuk menerima pekerjaan pemasangan, namuun tetap diterima. Solusinya ialah mengakalinya dengan menariknya saat wrapping vinyl. Akhirnya cukup, pelanggan pun tak tahu. Namun ada sisi negatif pemasangan gaya beginian.

4. Memaksa Bahan ke Tepi Bidang

Pemasangan kap mesin misalnya, bagi konsumen yang jeli bisa saja menemukan ketidaksempurnaan hasil pemasangan stiker pada kendaraannya. Baru beberapa hari mobilnya dipasangi stiker, ada bagian yang tertarik atau berkerut di bagian tepi bidang. Padahal medianya halus, catnya juga masih bagus, namun setelah ditutup bahan stiker justru hasilnya lebih buruk.

Ini hampir sama dengan nomor 3 di atas, bedanya kalau menarik bahan sejauh-jauhnya bisa dilakukan di mana saja. Sementara untuk nomor 4 ini lebih ke prnyelesaian akhir pemasangan stiker yakni di bagian tepi bidang kendaraan.

5. Penyelesaian Sudut yang Amburadul

Sudut-sudut bagian kendaraan yang membutuhkan wraping vinyl seharusnya tetap menjadi perhatian pemasang stiker. Meski bagian ini tidak selalu terlihat dari pandangan mata banyak orang, namun tetap saja kurang sempurna. Misalnya saja pada bagian kap mesin yang ada di depan ruang kemudi.

Meski pada bagian sudut, namun penutup mesin ini akan sering dibuka, misalnya saat mengganti oli, perbaikan radiator, air wiper dan sebagainya. Adanya kelebihan bahan stiker di sudut seperti benjolan karena hasil penekukan bisa mengurangi kenyamanan pemiliknya. Dengan trik yang akan saya bahas pada artikel tersendiri, hal semacam ini bisa dikurangi atau diubah tekniknya. Hasilnya juga akan lebih bagus.

Soal Wrapping Vinyl Salah Siapa?

Menurut saya kesalahan yang ditmbulkan pada proses pemasangan bahan stiker ada pada wrappernya. Karena konsumen hanya ingin tahu beres, mobilnya diserahkan ke tempat stiker agar tampilannya lebih baik. Kalau dibaca lima poin di atas, semuanya adalah pekerjaan tukang stikernya.

Harapan saya, jangan ketika menerima komplain karena pemasangan yang terkesan sembarang seorang wrapper akan ikut emosi. Memperbaiki kesalahan untuk masa depan yang lebih baik menurut saya adalah sebuah perilaku gentleman. Konsumen juga akan lebih menghargainya ketimbang mencari alasan untuk menutupi kesalahan pemasangan tadi.

Demikian artikal ini saya buat, artikel selanjutnya saya akan mengupas per bagian sehingga ada lima tulisan secara lengkap. Untuk mendapatkan pemasangan stiker yang bagus dan bergaransi, bisa melakukannya di Bintan Wrapping Sticker Variasi. Semoga pembahasan mengenai Lima Kesalahan Wrapping Vinyl yang Sering Dilakukan Pemasang Stiker ini memberikan manfaat.***

0 Response to "Lima Kesalahan Wrapping Vinyl yang Sering Dilakukan Pemasang Stiker"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel