Sticker Helm Custom dengan Kertas Water Decal

Sticker helm custom adalah jawaban jika kalian bosan dengan penampilan helm polos. Sebenarnya kalian bisa membuat penampakan pelindung kepala ini lebih trendi dengan biaya sedikit.

Bisa dikatakan sticker helm custom adalah stiker yang khusus didesain lalu dicetak untuk dipasang pada permukaan helm. Bayangkan sebuah helm polosan, maka ada banyak bagian yang bisa diisi dengan sticker.

sticker-helm-custom-dengan-kertas-water-decal
Sticker helm custom seperti ini menjadi semakin mudah. Foto - youtube/hello herul

Bisa di bagian sisi kanan dan kiri, depan dan belakang atau atas. Nah, bagian mana yang ingin kalian stickeri sesuai dengan gambar yang sudah kalian unduh dari internet?

Kalian bisa membuat stiker helm bogo, kyt, lucu dan sebagainya. Bisa juga sticker helmet aiar dan full race. Pada intinya teknik yang digunakan ialah stiker printing.

Cara Membuat Sticker Helm Custom

Untuk membuat sticker helm custom yang diperlukan ialah printer dengan tintanya dan kertas sticker water decal USA. Kertas ini banyak dibicarakan karena bisa dicetak menggunakan printer dengan beragam tinta. Padahal biasanya untuk mencetak sticker water decal disarankan pakai tinta laserjet atau pigmen dan artpaper. Dan jauh sebelum ditemukan kertas ini, water decal pun seolah sebuah pekerjaan yang sulit.

1. Buat Desain

Jika kalian sudah memiliki desainnya, tinggal lanjut ke langkah 2. Sementara bagi kalian yang belum memilikinya silakan melakukan proses mendesain. Kalian bisa menuangkan segala warna sesuka hati.

Bahkan bagi yang terbiasa mendesain menggunakan smartphone, bisa juga menghasilkan gambar yang bagus. Pakai saja aplikasi mana yang menurut kalian paling mudah dan nyaman untuk digunakan biar hasilnya maksimal.

Kalau mau dibuat belajar, kalian bisa mengetikkan kata sticker helmet design di mesin pencarian dan silakan pilih mana yang menurut kalian cocok.

2. Cetak Pakai Printer

Cetak dengan setingan terbaik agar warnanya tajam dan cerah. Kertas sticker water decal USA ini diklaim bisa dicetak menggunakan semua jenis printer yang ada di pasaran. Demikian juga dengan printernya, tidak harus menggunakan salah satu merek tertentu. Kalau kalian memiliki printer mini untuk decal, lebih bagus.

3. Tunggu Beberapa Saat

Ada yang langsung digunakan begitu hasil cetak keluar dari printer. Namun alangkah lebih baiknya jika kalian membiarkan hasil cetakan minimal dua jam. Gunanya agar tinta dan kertas sticker water decal menyatu sempurna.

4. Semprot Pilox Clear

Berikutnya, potong sticker sesuai polanya. Ikuti garis terluar desain stiker, kalau bulat ya potong bulat, segitiga ya segitiga demikian seterusnya. Namun bisa juga dalam bentuk lembaran kertas sticker water decal, kalian lekatkan di atas selembar triplek atau kertas karton. Gunakan selotip untuk melekatkan empat sudutnya.

Lalu ambil pilox clear dan mulailah menyemprotkannya secara merasa. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali dengan jarak antar penyemprotan tiga jam. Contohnya, saat semprotan pertama pukul 08.00 WIB, maka penyemprotan kedua pukul 11.00 WIB dan penyemprotan terakhir pukul 14.00 WIB. Mengapa penyemprotan ini dilakukan, agar sticker custom helm lebih mudah dipasang dan tujuan utamanya, awet.

5. Biarkan 18 Jam

Jika penyemprotan terakhir, silakan ditunggu lagi selama 18 jam. Memang harus sabar menunggu. Inilah yang kerap banyak muncul keluhan hasil sticker water decalnya nggak berhasil atau hasilnya kurang bagus karena semua tahapan prosesnya tidak diikuti secara lengkap. Padahal dari pabriknya di Amerika sana memang sudah dibuatkan aturannya.

6. Potong Sesuai Pola

Yang menyemprot piloxnya saat hasil cetakan masih berupa lembaran, saat inilah untuk dipotong sesuai polanya. Gunakan saja gunting biar lebih mudah ketimbang pakai pisau cutter.

7. Rendam di Air Dua Menit

Langkah berikutnya ialah merendam sticker helm custom yang sudah dipotong sesuai pola ke dalam air. Pakai air apa saja, misalnya air minum dari dispenser, air dari kamar mandi. Dalam dua menit silakan diraba permukaan stikernya lalu geser-geser, apakah sudah bisa bergeser antara lapisan stickernya dengan kertas pelapis di bagian bawahnya. Jika sudah bergeser, srtinya sticker helm custom siap digunakan.

8. Basahi Permukaan Helm

Basahi permukaan helm yang akan dipasang sticker dengan air lalu tempelkan sticker ke bidangnya, tarik bagian belakang kertas pelapisnya pelan-pelan. Lakukan langkah ini dengan hati-hati agar tidak robek atau sticker terluka.

Biar menempel dengan sempurna, tekan dan gosok pelan menggunakan rakel yang halus atau kain halus. Hal ini akan memaksa air yang masih ada di bawah lapisan stiker terdorong keluar semua.

9. Panaskan dengan Hotgun

Langkah terakhir ialah melakukan pemanasan dengan hotgun. Atur pada tingkat panas yang paling rendah sehingga tidak membuat sticker helm custom mengkerut. 

Jangan Salah Kertas Water Decal

Salah satu hal penting yang harus kalian perhatikan jika ingin membuat sticker helm custom ialah apa warna cat helmnya? Jika warnanya hitam kalian harus menggunakan kertas water decal yang putih (white), sementara untuk cat helm putih atau warna lain gunakan kertas berjenis transparan.

Demikian artikel Sticker Helm Custom dengan Kertas Water Decal saya buat, semoga memberikan manfaat. ***

0 Response to "Sticker Helm Custom dengan Kertas Water Decal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel