Printer Ecosolvent Mini untuk Decal Motor

printer ecosolvent mini
Printer ecosolvent mini adalah perangkat cetak menggunakan tinta ecosolvent berukuran mini. Mini di sini ialah mampu mencetak bahan selebar A3. Dengan demikian dengan memiliki printer ini sobat sudah bisa menerima jasa pembuatan dan pemasangan stiker decal untuk sepeda motor.

Lima tahun silam, mungkin menemukan printer ecosolvent mini tidak akan ketemu. Biasanya hanya mesin printing latge format yang menggunakan jenis tinta solvent. Pasti banyak yang berpikiran membuka usaha digital printing namun terkendala harga printernya yang aduhai.

Sekarang, printer ecosolvent mini sudah dibuat di Indonesia. Salah satu pionir di bidang ini ialah kerja sama yang apik antara Ronita Digital Printing dan Bengkel Print. Keduanya berkolaborasi sehingga lahirlah printer kecil yang mampu mencetak bahan stiker yang lazim digunakan.

Printer Tinta Biasa

Printer tinta biasa
Sebelum terobosan seperti ini dibuat, tukang stiker sudah banyak yang menerima jasa pembuatan decal untuk sepeda motor. Yang digunakan printer rumahan dengan ukuran A3, kebanyakan menggunakan printer merek Epson.

Menurut pengalaman sejumlah orang, printer ini memiliki head dengan kualitas yang mumpuni. Sayangnya tinta yang digunakan belum mendukung. Memang ada upaya pabrikan kertas stiker di China yang mengeluarkan bahan khusus untuk tinta Art Paper dan Pigment.

Tinta ini memang tidak luntur, dan bisa digunakan untuk tinta sablon pada baju atau kaos. Persoalannya justru kadang di kertasnya tadi. Saat dicetak memang sempurna. Namun jangan kena air, karena ada jenis kertas yang tak tahan dengan air.

Menghindari hal tersebut, tukang stiker tak kurang akal. Dan lagi-lagi pabrikan di China mengeluarkan produk bernama plastik laminasi. Plastik ini digunakan untuk melapisi bahan stiker yang sudah dicetak dengan tinta biasa. 

Masalahnya lagi, kalau stiker tadi kena hujan apakah ada jaminan bisa tahan? Kalau saya tak mau menjamin hehe. Dan ini diakali lagi dengan cara stiker dipasang di medianya, kemudian disemprot dengan cat jenis clear yang bening.

Printer Ecosolvent Mini

decal sepeda motor
Ribetnya mencetak sticker printing seperti di atas akhirnya ditemukan solusinya. Ya seperti yang saya sampaikan di atas, printer ecosolvent mini ukuran A3 bisa menjadi pilihan.

Printer ini menggunakan bahan utama peinter Epson L1800. Kemudian dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi printer yang bisa mencetak banyak bahan, termasuk bahan-bahan yang tak bisa dicetak tinta biasa.

Bagi tukang stiker, ukuran cetak dengan lebar A3 sudah cukup untuk membuat decal sepeda mnotor kebanyakan. Toh pada umumnya mencetak decal dipisah per bagian. 

Bicara tinta, ecosolvent memang lebih rendah kualitasnya dibanding solvent yang ada di tangki tinta mesin printing besar. Namun sudah cukup rasanya untuk keperluan mencetak decal.

Jenis tinta ini tidak berbau, seperti halnya solvent yang baunya menyengat. Di dunia percetakan, tinta ecosolvent banyak digunakan untuk indoor printing.

RDP Mini Ecosolvent

sablon digital
RDP Mini Ecosolvent adalah printer ecosolvent mini yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Dikutip dari bengkelprint.co.id, beberapa hal berikut menjelaskan seperti apa printer ini.

Kalau tukang stiker yang memiliki printer ecosilvent mini, saya rasa paling banyak digunakan untuk mencetak decal motor. Sama seperti printer besar, printer kecil ini mampu mencetak bahan seperti Ritrama, Graftac, Orajet, Oracal, Avery dan merek bahan lain.

Berikut performanya, kalau mau dijadikan pertimbangan:

  • Dirancang khusus oleh anak-anak negeri di bengkel print dengan body mesin yang mini, elegan, serta tidak banyak memakan tempat.
  • Menggunakan tinta ecosolvent khusus untuk hasilkan cetak desainn gambar dengan warna yang cerah dan tajam. Huruf kecil pun terbaca jelas.
  • Menggunakan tinta ecosolvent yang ramah lingkungan.
  • Bisa digunakan untuk print bahan polyflex printable, yaitu bahan sablon kaos yang bisa dicetak. 
  • Juga bisa digunakan untuk print bahan transfer paper seperti JPPS atau 3G Opaque lalu diaplikasikan ke kaos, topi dan media kain lainnya.
Jika sobat ingin menambahkan jasa pembuatan stiker helm atau laptop atau garskin. Semuanya bisa ditangani oleh printer ini.

Demikianlah sobat uraian tentang printer ecosolvent mini. ***

0 Response to "Printer Ecosolvent Mini untuk Decal Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel