Belajar Stiker Celup atau Water Transfer Printing

stiker-celup

Stiker celup sebenarnya sudah ada di Indonesia beberapa tahun belakangan. Sobat pun bisa melakukannya sendiri. Memang teknologinya dari luar negeri. Bahkan di Indonesia sobat bisa dengan mudah menemukan tempat kursusnya.

Disebut juga dengan water transfer printing, stiker celup adalah teknologi pengecatan yang lebih simpel dan cepat. Ada istilah lainnya untuknya, diantaranya water immersion printing, hydrograghic printing, hydro dipping, hydro imaging. 

Apa Itu Stiker Celup

Adalah proses pengecatan dengan hasil mirip 3 dimensi yang dapat dicetak pada objek yang rumit. Misalnya serat kayu, carbon fiber, kamuflase, desain geometris. 

Kalau sticker biasa pasti kesulitan jika harus ditempelkan pada velg motor atau mobil secara menyeluruh. Tanpa sambungan lagi. Nah, stiker celup mampu melakukannya.

Mudahnya, benda apapun itu yang bisa dicelupkan ke dalam air bisa menjadi objek water transfer printing.

Di Indonesia, tidak sedikit yang menggunakan istilah stiker carbon celup. Hal ini karena motif yang paling banyak digunakan ialah carbon.. Padahal banyak sekali motif yang bisa digunakan. Jelas sekali bedanya dengan sticker cutting atau stiker decal bahkan airbush.

Pattern atau Motif Stiker

Sebenarnya salah satu kunci yang ada dalam stiker celup adalah pattern atau pattern atau motif gambarnya. Pattern ini dijual di pasaran. Motifnya juga cukup banyak, seperti carbon, tribal dan sebagainya.

Keunikan pattern ini ialah ia akan tetap mengambang di permukaan air. Saat dibentangkan di atas permukaan air bak, maka pattern akan larut dan menyisakan tinta yang tetap mengambang.

Untuk menghasilkan stiker celup yang bagus, permukaan objek sebelum dicelupkan dilapisi cat dasar. Setelah kering, warna cat dasar disesuaikan untuk mengontrol warna dari pola pattern. 

Contohnya, cetakan serat kayu sering menggunakan cat dasar berwarna cokelat. Sementara banyak pola kamuflase menggunakan dasar netral ataupun putih.

Setelah penggunaan cat dasar, objek kemudian dicelupkan ke dalam air dan pattern akan membungkus permukaannya. Dengan segera objek digoyang-goyang dan objek diangkat.

Pada akhirnya objek stiker celup disemprot cat pelindung atau clear agar lebih terlihat mengkilap dan tentu saja keren.

Perlengkapan yang Dibutuhkan

stiker-carbon-celup

Berikut ini adalah perlengkapan yang harus sobat sediakan untuk bisa mengerjakan water transfer printing.

  • Pattern atau motif atau pola gambar yang bentuknya beragam, bisa dipilih sesuai keinginan.
  • Bak air atau wadah lain asalkan ukurannya lebih besar daripada objek yang akan dicelupkan.
  • Activator berupa cairan yang disemprotkan ke permukaan pattern setelah dibentangkan di atas air.
  • Kompresor, spray gun, semprotan burung atau nyamuk. Ini tidak diperlukan jika sobat membuat motif abstrak.
  • Sarung tangan untuk membalut jari jemari tangan agar pattern tidak melekat.
  • Air bersih untuk membilas pattenr yang sudah melekat ke objek.
  • Car clear untuk menyelesaikan pekerjaan. Gunanya akan melindungi pattern lebih lama serta penempakannya lebih mengkilat.

Proses Stiker Celup

Sudah siap mengerjakannya sobat? Yuk segera baca langkah-langkahnya secara seksama agar tidak berantakan hasilnya.

  1. Bersihkan permukaan objek yang akan dicelupkan. Lalu keringkan.
  2. Pastikan juga permukaan objek tadi tidak memiliki permukaan yang kasar, rabalah apakah sudah halus.
  3. Objek sebaiknya dicat dasar warna cerah jika ingin dicelupkan ke pattern yang warnanya gelap. Dan sebaliknya, warnailah dengan cat dasar gelap jika ingin dicelupkan ke stiker celup dengan pattern warna terang atau purih.
  4. Siapkan wadah atau bak yang sudah diisi air kira-kira 2/3 dari tinggi tepinya. Jangan terlalu penuh apalagi penuh sekali airnya.
  5. Air yang dimasukkan ke dalam wadah paling bagus suhunya diantara 25 sampai 30 derajat celcius. 
  6. Selanjutnya pilihlah pattern yang disukai lalu letakkan atau bentangkan pelan-pelan ke atas permukaan air dalam wadah.
  7. Sekarang semprotkan cairan activator pada permukaan pattern secara merata.
  8. Tunggu sampai pattern seolah menyatu dengan air yang terlihat mengembang, celupkan objek ke dalamnya. Saat mencelupkan kemiringan objek ialah 35 - 45 derajat.
  9. Akan terlihat pattern melekat sendiri pada permukaan objek. Jika kualitas patternya bagus, bagian yang tidak terkena objek harus digoyang-goyang dahulu biar lepas. Pada pattern yang bagus, begitu diangkat akan lepas dengan sendirinya. 
  10. Bilas sekali lagi permukaan objek dengan air bersih sehingga benar-benar terlihat kasat.
  11. Keringkan agar tak ada lagi air membasahinya.
  12. Pada bagian akhir objek kemudian dicat dengan clear yang bening itu.

Kursus Water Transfer Printing

water-transfer-printing

Bila sobat ingin melengkapi usaha stikernya dengan cat carbon celup ini, silakan pilih tempat kursus yang memberikan pelayanan prima. Salah satu yang bisa sobat pilih ialah Cantrel Kursus di Magelang, Jawa Tengah.

Di sini sobat akan diajari dari awal sampai akhir. Apalagi masih satu jenis dengan usaha yang sobat geluri. Sama-sama stiker hanya beda teknik.

Hebatnya, water transfer printing ini bisa melekat sempurna di velg, panel-panel interior mobil. Juga tutup knalpot dengan lekukan medan yang beragam namun tetap meninggalkan hasil yang rapi. 

Di tempat kursus ini sobat juga bisa mendapatkan beragam pattern seperti karbon, kevlar, kayu, kulit ular, karton, api, tengkorak dan masih banyak lagi. Klik di sini untuk menghubungi centralkursus.com.

Oke sobat, demikian penjelasan saya tentang stiker celup atau water transfer printing. Selamat mencoba dan sukses. ***

0 Response to "Belajar Stiker Celup atau Water Transfer Printing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel