Sebutan untuk Stiker Sandblast, Tukang Stiker Wajib Tahu

stiker-sandblast-1

Di Indonesia, acapkali kita mendapati banyak sebutan diucapkan hanya untuk merujuk pada satu objek yang sama. Contohnya terjadi pada stiker sandblast.

Hal ini pasti pernah dialami pada teman-teman yang selama ini berkecimpung dalam dunia perstikeran. Selain stiker sandblast, tentu kalian pernah mendengar orang menyebut stiker skolet, fosfor, glow in the dark, api, menyala dan sebagainya.

Padahal semua sebutan itu hanya untuk menyebut salah satu jenis bahan stiker yakni reflektif. Karena bahan ini memang mampu memendarkan cahaya di tempat gelap saat tersorot lampu, maka muncullah sebutan yang beragam.

Kali ini kita akan membicarakan sebutan untuk stiker sandblast. Pada umumnya kedua belah pihak (antara penjual dan pembeli) sepaham bahwa yang dimaksud adalah satu benda yang sama.

Sebutan untuk Stiker Sandblast

stiker-sandblast-2

Pada dasarnya stiker ini tak ada bedanya dengan bahan lain. Memiliki dua bagian, yakni lapisan stiker yang letaknya di atas, sementara di bawahnya adalah backing atau release paper.

Yang digunakan ialah lapisan atasnya. Untuk merekatkannya di permukaan kaca, kita nggak perlu lagi memoleskan lem atau jenis perekat lain. Karena lapisan ini sudah diberi perekat.

Disebut sandblast karena menyerupai permukaan benda bekaa disemprot pakai butiran pasir. Kalau kalian ingat, zaman dahulu banyak tukang pembuat prasasti yang menggunakan teknik sandblast untuk membuat tulisan di permukaan prasasti.

Butiran pasir besi dikumpulkan lalu dengan sebuah alat disemprotkan ke permukaan batu prasasti. Sebelumnya batu prasasti sudah dilapisi dengan bahan stiker yang dicutting dan angka atau tulisannya dikelupas.

Ketika benturan antara butiran pasir besi dan permukaan batu prasasti terjadi, lama-lama akan melukai permukaan psasasti. Namun permukaan yang terlapisi bahan stiker tak akan terluka.

Kemudian teknologi berkembang. Untuk membuat prasasti sekarang caranya sangat mudah. Permukaan batu prasastinya tetap dilapisi bahan stiker yang sudah dicutting. Huruf atau objek yang akan membentuk ukiran adalah bagian bahan stiker yang dikelupas.

Baca Juga:

Cara Memasang Sandblast Terbaru (Do It Your Self)

Teknik Pasang Sandblast

Pemasangan Sandblast Kaca Kantor, Jangan Potong Sama Ukuran

Tak lagi menggunakan pasir besi, namun cairan kimia yang sangat keras jika terkena permukaan batu psasasti. Kalian yang ingin tahu nama cairan kimianya bisa mencari informasinya di toko bahan kimia.

Oke gaes, berikut ini adalah sebutan lain untuk sandblast. Simak sampai habis ya artikelnya agar mendapatkan manfaatnya secara utuh.

1. Stiker Kaca Sandblast

Kalau untuk istilah ini saya rasa sangat umum. Kalian yang jualan bahan stiker pasti paham kalau ada konsumen yang menyebutkannya.

2. Stiker Kaca Buram

Jika dicermati, kaca yang permukaanya dilapisi stiker sandblast memang mengesankan nuansa yang buram. Hampir sama dengan doff, namun bintik-bintiknya lebih terlihat jelas.

3. Stiker Kaca Es

Istikah yang ini sebenanya kurang tepat menurut saya, karena bentuk es sama sekali tidak menyerupai tampilan permukaan stiker sandblast. Sifat utama dari es yang dingin saat disentuh juga tak terjadi ketika kita menyentuh bahan sandblast.

4. Stiker Sanblas

Kalau istilah ini ditulis dari cara mengucapkan atau mengeja. Tulisannya memang sandblast namun ketika diucapkan sekilas seperti suara sanblas. Masih mendinglah hehe.

5. Sandblast Kaca Kantor

Mungkin orang yang menyebut dengan istilah ini berpikir sandblast hanya dipergunakan untuk melapisi kaca di kantor. Padahal kaca di masjid atau rumah ibadah lain juga bisa.

Dari sisi tukang stikernya senang juga sih kalau memasang di kantor. Mengapa? Karena biasanya di kantor ada fasilitas pendingin ruangan atau AC. Meski tangan sibuk ngesur squeeze namun tak terlalu gerah hawanya.

6. Stiker Kaca Jendela Polos

stiker-sandblast-3

Bisa jadi yang dimaksud ialah sandblast polos. Kalian pasti paham jika sandblast ada yang polos dan ada yang bermotif. Yang bermotif pun bisa dikelompokkan menjadi dua bagian.

Pertama motif bawaan dari pabriknya, sedangkan yang kedua motifnya dibuat sendiri dengan cara dicutting setengah putus baru ditempel.

7. Stiker Sunblast

Sun adalah matahari, sementara blast jika kalian cari diterjemahan Inggris ke Indonesia artinya bisa ledakan. Saya jadi bingung untuk menjelaskannya mengapa dari sandblast bisa lari ke sunblast.

8. Stiker Kaca Blur

Blur adalah istilah lain untuk buram atau kabur. Kabur di sini bukan melarikan diri lho gaes, melainkan padan kata dari buram.

9. Stiker Blur Kaca

Ah, kalau yang ini sih istilah dari nomor 8 di atas namun urutan katanya dibolak-balik. Artinya sih sama saja.

Itulah sebutan-sebutan yang sampai sekarang masih kadang diucapkan calon pembeli yang masuk ke toko kalian. Sebagai penjual yang baik, tentu menampung semua istilah yang disampaikan calon pembeli.

Kalau istilah anggota dewan itu menapung aspirasi, nah kalau tukang stiker menampung istilah. Ya harus ditindaklanjuti, setidaknya dijadikan wawasan sehingga tidak salah mengambilkan barang.

Akhirnya, semoga artikel Sebutan untuk Stiker Sandblast ini bermanfaat. ***


0 Response to "Sebutan untuk Stiker Sandblast, Tukang Stiker Wajib Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel