Pemasangan Sandblast Kaca Kantor, Jangan Potong Sama Ukuran

pemasangan-sandblast-kaca-1

Pemasangan sandblast kaca sebenarnya bisa dilakukan sendiri oleh kalian. Asalkan tahu caranya.

Namun ada yang harus kalian perhatikan ketika mendapatkan pekerjaan pemasangan sandblast kaca di perkantoran.

Pada artikel kali ini saya akan fokus pada pemasangannya pada ruangan yang dindingnya dipartisi lalu dipasang kaca.

Peralatan Pemasangan Sandblast Kaca

Beberapa hal yang harus kalian persiapkan ialah sebagai berikut:

1. Sprayer

Ini alat tempur pemasangan snadblast kaca yang paling penting. Mengapa saya sebutkan paling penting, karena tanpa penyemprot ini agaknya mustahil memasang sandblast.

Kalau kebetulan di kantor yang mengundang pemasangan ada sprayer nggak jadi soal. Kalau tak ada sementara jarak tempat usaha kalian dengan kantor tadi jauh, bukankah akan membuang-buang waktu?

2. Penggaris

Ini juga piranti yang wajib dibawa kala kalian mendapatkan pekerjaan pemasangan sandblast kaca.

Meski terdengar sepele, sejatinya beberapa konsumen tidak merasakan kepuasan dengan hasil kerja kalian hanya gara-gara penggaris.

"Penggaris kayu kadang melengkung, penggaris besi juga harus yakin masih lurus. Jangan sampai membawa penggaris yang melengkung," demikian disampaikan Izul dan Eko dari Inilah Stiker dan Artistik Stiker, Kota Tanjungpinang.

3. Pisau Cutter

Ingat ya sobat, pisau cutter. Bukan kapak, bukan celurit, bukan arit, bukan bendo atau pisau daging. Cukup pisau cutter. 

Kalau saya katakan pisau cutter artinya pisau dan rumahnya. Nanti membawa pisaunya saja tanpa isi, atau bawa isi tanpa pisau. Meski dengan isinya saja bisa, tetapi apa menjamin keselamatan jari jemari kalian?

Baca: Teknik Memasang Sandblast

Usahakan bawa isi cutter per boks, atau setidaknya beberapa kotak kecil. Sebab memotong sandblast harus sekali putus, tidak boleh diulangi. Boleh diulangi tetapi harus sama persis jalurnya dengan yang pertama.

4. Squeeze atau Rakel

Saat air sabun ada di bawah permukaan bagian bawah sandblast dan di atas permukaan kaca kantor, hanya benda bernama rakel yang bisa membantu pekerjaan kalian.

Rakel akan dengan mudah dipakai untuk menyapu permukaan sandblast sehingga air yang terjebal bisa dengan mudah keluar dari area pemasangan sandblast kaca.

Bawa beberapa jenis rakel. Pertama ialah rakel untuk meratakan sandblast. Jenis ini biasanya lebih lebar. Bisa dibayangkan kalau kalian memasang berpuluh-puluh meter sandblast hanya membawa satu rakel berukuran lebar 12 centimeter, pasti capek langan tangan kalian.

Kedua rakel untuk menekan air lebih kuat setelah diratakan dengan rakel panjang. Yang ketika rakel untuk mengeringkan air. Permukaannya harus halus, jangan ada goresan sebab bisa saja akan meninggalkan bekas di sandblast.

5. Air dan Sabun

Meski pekerjaan datang dari kantor, pastikan kepada pihak pemberi pekerjaan apakah ada air tersedia di sana. Siapa tahu pada hari itu ada kebocoran pipa sehingga airnya diputus.

Bukankah menjaga lebih bagus ketimbang sudah terjadi dan membuat kalian kalang kabut. Soal sabun, bisa sabun mandi atau pembersih piring. Bawa saja satu bungkus kecil, sudah cukup.

Pemasangan Sandblast Kaca Kantor

pemasangan-sandblast-kaca-2

Penting, hal yang paling tepat ketika mengerjakan sandblast di ruangan kantor hasil partisi ialah jangan percaya ukuran. Maksud saya meski terkesan semua pintu dan bagiannya berukuran sama, sejatinya tidak seperti itu.

Kadang pemasang partisi membuat ukuran yang tidak sama untuk setiap bagian. Hal ini bisa dimaklumi sebab untuk menyamakannya juga tidak mungkin. Ukuran lebar pintu jelas beda dengan bagian lain.

Bila terpaksa, tak jarang dibuat pola dengan lebar terbatas. Misalnya di sambungan pintu dan ruangan lain di bagian belakang. 

Perbedaan ukuran itulah yang menjadi fokus artikel ini sobat. Lebih baik ukur lebar dan tinggi per kotak kacanya, lalu tulis atau sebutkan kepada teman yang bertugas memotong sandblast di meja.

Jangan langsung disamakan ukurannya lalu dipotong sejumlah bagian kaca yang kalian anggap sama. Kalau ukuran sandblast yang dipotong lebih besar nggak masalah, bisa diperbaiki dengan dipotong tepinya.

Kalau ternyata lebih kecil? Bukan sebuah pekerjaan yang baik jika dipaksakan. Karena kadang kalian hanya mendapatkan jasa pemasangan sandblast kaca, tidak termasuk pengadaan bahannya.

Ke mana kekurangan salah ukuran potong sandblast tadi kalau banyak yang salah?

Sesuaikan Jumlah Pemasang

pemasangan-sandblast-kaca-3

Kalian harus bisa membaca akan berapa lama pemasangan selesai jika dikerjakan seorang diri, berdua, bertiga atau berlima. Tentu saya abaikan urusan bayaran yang kalian terima dari kantor yang memberikan pekerjaan. Sebagai pelaku usaha, kalian pasti bisa menghitung kalaupun membawa seluruh kru di toko akan tetap untung.

"Kalau dikerjakan beberapa orang lebih cepat. Ada yang ngukur, mencatat dan memotong, membasahi sandblast, membasahi kaca dan memasangnya," demikian tips dari Izul dari Inilah Stiker.

Kalian seyogyanya membersihkan ceceran air di lantai dengan lap. Memang itu bukan bagian memasang sanblast kaca, tetapi melakukannya juga memberikan nilai lebih di mata konsumen.

Demikianlah artikel tentang pemasangan sandblast kaca. Saya sengaja tidak mendetailkan bagaimana cara memasang karena sudah pernah ditulis di blog ini. Semoga bermanfaat. ***

Cekidot videonya di mari bosku:




0 Response to "Pemasangan Sandblast Kaca Kantor, Jangan Potong Sama Ukuran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel