Cara Memasang Sandblast Terbaru (Do It Your Self)

cara-memasang-sandblast

Cara memasang sandblast bisa dilakukan oleh tenaga ahli berpengalaman atau juga dikerjakan sendiri. Tetapi kalau hanya untuk menutupi kaca ruangan di rumah, mengapa Anda tak coba melakukannya sendiri?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara pasang sandblast di kaca, sebaiknya kita pahami beberapa hal penting mengenai sandblast itu sendiri.

Dengan demikian akan memberikan wawasan yang tentunya berguna saat menangani bahan stiker yang sering disebut stiker embun atau kabut ini.

Bisa jadi Anda mendapatkan sandblast dari seorang teman yang menyisakannya karena membeli bahannya terlalu banyak. Karena kekurangpahaman 

Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Cutting Sandblast :

1. Aturan Penyimpanan

Sandblast hendaknya jangan digulung terlalu kecil. Bagi yang tidak paham, kadang melakukan penyimpanan dalam kondisi tergulung kecil.

Penyimpanan seperti ini hanya akan merusak dan mempersulit cara pemasangan sandblast. Karena mengakibatkan material ini berkerut.

Kalau sandblast sudah dalam kondisi berkerut maka tidak akan bisa dicutting.

Menyimpan sandblast juga dilarang menggulung berlawanan arah, dari horisontal ke vertikal atau dari mendatar ke meninggi. Memperlakukan sandblast seperti ini risikonya sama seperti penyimpanan digulung.

Apalagi menggulung secara terbalik. Maksudnya bagian release/backing paper di bagian luar. Larangan penyimpan seperti diuraikan ini untuk sandblast yang dilengkapi release/backing papar dari kertas.

Beberapa jenis sandblast yang termasuk ke dalam kategorinya ialah merek Taki, SKJ dan sebagainya. Sementara sandblast dengan release/backing paper plastik rasanya tak ada masalah untuk urusan penyimpanan.

2. Cutting Setengah Putus

Mengenai teknik ini tidak akan saya bahas lagi karena saya sudah menuliskan artikel tersendiri soal teknbik cutting ini.

Silakan Anda baca artikel tentang cutting setengah putus agar tidak terlewatkan dan tidak menimbulkan pertanyaan.

3. Transfer Tape Khusus

Jangan berharap cara pasang sticker sandblast semudah stiker cutting pada umumnya. Maksudnya, sandblast di sini adalah sandblast yang dilengkapi motif, bukan polosan.

Sandblast dengan motif ini biasanya bentuknya tulisan nama usaha, ornamen kaligrafi pada kaca masjid dan sebagainya.

Nah, transfer tape yang bisa digunakan agar cara memasang sandblast kaca menjadi sebuah pekerjaan tidak menyulitkan ialah Oratape.

Dari depan namanya mungkin Anda sudah bisa menebak, material ini satu pabrik dengan Oracal, yakni Orafol. Sayangnya Oratape harganya lumayan mahal.

Untuk ukuran lebar 5 centimeter dengan panjang 100 meter harganya berkisar pada angka Rp70.000.

4. Tandai Sisa Bahan

Hanya sekadar nasihat, bukan sebuah keharusan. Jangan membuat sulit cara pasang stiker kaca sandblast dengan banyaknya sisa bahan beragam merek.

Sandblast memiliki warna dan tingkat kepadatan tekstur berbeda. Ada yang warnanya putih, agak kuning atau lebih buram.

Bayangkan jika Anda mendapatkan orderan lalu cara memasang stiker kaca sandblast menjadi berantakan. Karena konsumen komplian mengapa warna sandblast di tokonya berbeda.

Itu karena Anda menggunakan sandblast berbeda merek. Karenanya sangat disarankan untuk menjual sandblat hanya satu merek. Karena jika sisa bahan yang tinggal sedikit bisa dijual maka jenisnya akan tetap sama.

Namun kalau terpaksa menyimpan sandblast sebagai stok, tandailah. Soal menantai itu terserah sepenuhnya kepada Anda. Mau menggunakan kode atau angka, silakan Anda create sendiri.

5. Tak Ada Kode di Release Paper

Hal ini masih berkaitan dengan penjelasan angka 4 di atas. Buatlah menyenangkan cara pasang sandblast dengan hanya menyediakan satu merek.

Karena, pada umumnya sandblast tidak membubuhkan kode apapun di release/backing papernya. Selain kertas polosan begitu saja.

Kecuali ada tandanya, Anda memiliki peluang kesalahan rendah menggunakan bahan yang berbeda.

6. Tandai Atas - Bawah

cara-memasang-sandblast-3

Jika mendapatkan pekerjaan pemasangan sanbdlast dengan motif yang rumit dan hampir sama atas dan bawah selain jarak, sebaiknya berilah tanda.

Tanda ini boleh diberikan sebelum sandblast Anda cutting atau setelahnya. Karena hasil cutting atau bekas pisau mesin cutting pada sandblast tidak terlihat dengan jelas.

Bahkan sekilas tak tampak jika sandblast sudah Anda potong. Jika tidak ditandai dikhawatirkan Anda akan melakukan pemasangan terbalik.

Pada jendela atau pintu yang satau benar, bagian atas di atas bagian bawah di bawah. Sementara di kaca lainnya bagian atas ditaruh di bawah dan sebaliknya. Kalau manusia sudah pusing tuh hehehe.

Cara Memasang Sandblast

Setelah mengetahui hal-hal penting tentang sandblast, kini kita memasuki pembahasan sesuai judul. Berikut ini adalah cara pasang stiker sandblast dengan cara yang baik dan benar.

1. Sekali Lagi Cutting Setengah Putus

Perhatikan hal ini dengan sungguh-sungguh dan masukkan dalam daftar pertama saat sandblast akan dipasang.

2. Persiapkan Peralatan

Untuk memasang sticker sandblast peralatan yang diperlukan antara lain:

  • Heatgun atau hotgun. Kalau tidak ada gunakan saja hairdryer yang biasa dipakai untuk mengeringkan rambut.
  • Kape atau rakel atau squeeze, gunanya untuk mengeluarkan air dari balik sandblast.
  • Wiper atau ukuran besar dari kape, biasanya digunakan untuk membersihkan kaca. Ada gagag dengan penampang lebih lebar untuk meratakan sandblast di permukaan kaca.
  • Pisau cutter, digunakan untuk memotong tepi sandblast agar ukurannya pas dengan bidang yang akan dipasang.
  • Semprotan atau sprayer yang sudah diisi air yang dicampur sabun. Semprotkan saka ke telapak tangan lalu sentuhkan antar jari tangan yang basah, kalau terasa masih kasat atau belum licin, tambahi air sabunnya.

3. Ajak Orang Lain

Cara memasang sandblast yang benar memang dilakukan berdua. Kecuali kalau bidangnya kecil, bisalah satu orang.

Namun jika sudah berukuran di atas satu meter, akan terasa bagaimana repotnya jika harus memasangnya sendirian.

Bisa sih bisa, tetapi apakah tidak mempertimbangkan faktor waktu? Kalau Anda seorang tukang stiker yang meninggalkan kios untuk memasang sandblast, time is money sobat.

4. Basahi Kaca

cara-memasang-sandblast-2

Basahi permukaan kaca dengan air yang dicampur sabun. Bersihkan dengan wiper. Ulangi lagi beberaoa kali sampai yakin tak ada debu atau bekas kotoran yang mengganggu hasil pemasangan.

Hanya dengan beberapa butir debu yang tertinggal, percayalah Anda akan merasa bersalah melihat hasil pekerjaan. Karena debu tadi akan terlihat.

5. Balik Posisi Sandblast

Sekarang bentangkan sandblast dengan release/backing papernya di bagian atas. Pastikan juga alas tempat sandblast dibentangkan dalam kondisi bersih. 

Kalau harus menggunakan lantai, sapulah sampai benar-benar bersih. Hal ini penting dilakukan demi menjaga kualitas hasil pemasangan sandblast.

Catatan, membentangkan sandblast pada posisi terbalik ini bukan mutlak. Karena ada juga yang tidak dibalik dan hasilnya juga bagus. Silakan gunakan kebiasaan Anda saja.

6. Cek Cutting Setengah Putus

Cobalah lepaskan release/backing paper sampai pada bagian yang dicutting. Kalau sesuai harapan maka tak akan ada cuttingan yang menempel di release/backing paper.

Kalau itu terjadi, segera tempel atau tambal menggunakan Oratape. Kelebihan transfer tape ini ialah ia akan menempel kuat di sandblast dan mudah dilepaskan, serta memiliki sifat menyerap air.

7. Basahi Segera

Berikutnya semprot bagian belakang sandblast yang release/backing papernya sudah dilepas. Jangan pelit pelit amat, semprot saja sampai basah kuyub. 

Semprot juga kacanya. Pada tahapan ini jangan sampai menyisakan bagian kaca atau sandblast yang kering atau tidak terkena air sabun.

Jika terlihat, segera basahi. Jangan hiraukan air sabun yang mengalir ke bawah membasaki area pemasangan sandblast.

Bersama teman, angkat sandblast lalu tempelkan pada kaca. Jangan terbalik ya. Bukan orangnya Bro, sandblastnya hahaha.

Tempatkan posisinya agar benar-benar pas. Gunakan kedua telapak tangan untuk menempelkannya di kaca. Kalau posisinya tidak tegak lurus, geser-geser.

Nah di sinilah Anda merasakan pentingnya air yang dicampur sabun dalam campuran yang licin. Sebab kalau sabunnya kurang akan terasa agak sulit melakukan penggeseran.

8. Ratakan dengan Wiper

Saatnya wiper berperan dalam cara pasang sticker sandblast. Basahi sandblastnya biar licin, lalu sapukan wiper satu arah. Dari atas ke bawah.

Mengapa dari atas ke bawah, sementara Anda suka dari bawah ke atas? Jangan ndableg, ini berkaitan dengan sifat benda cair yang akan bergerak dari tempat tinggi ke yang rendah.

Meratakan dengan wiper ini lebih ke meratakan sandblast pada permukaan kaca.

9. Gunakan Rakel atau Kape

Setelah yakin rata, ratakan lagi sandblast dengan kape atau rakel. Basahi lagi sandblastnya biar licin. Agak tekan saat meratakannya.

Gunanya agar air yang ada di antara permukaan kaca dan sandblast semuanya keluar. Harus benar-benar keluar airnya. 

Penting untuk melakukan pengecekan dari atas tengah lalu tarik ke bawah. Lalu di sebelah kanan atau kirinya, sama tekniknya, dari atas ke bawah.

10. Hangatkan dengan Hotgun

Untuk mempercepat pengeringan, gunakan hotgun. Jangan atur tingkat panasnya pada angka maksimal karena Anda berhadapan dengan kaca.

10. Tinggal Pulang

Setelah yakin tertempal rata dan airnya tak ada yang sembunyi, Anda pulang saja. Mau ke toko stiker lagi atau balik rumah makan siang itu pilihan Anda.

11. Lepaskan Bagian Motif

Keesokan harinya silakan Anda datang lagi. Gunakan pinset atau pisau cutter untuk melepaskan bagian motif yang sudah dicutting setengah putus.

Membiarkannya semalam sudah cukup untuk melengketkan sandblast pada kacanya dengan sempurna. Kalau sudah benar-benar melekat dan kering, akan tempak lebih jelas bekas potongan pisau mesin cutting.

Congkel sedikit pada ujungnya lalu tariklah bagian yang tak terpakai tadi. Pelan-pelan saja melepaskannya, dan bagian yang dibuang akan terlepas mengikuti pola dari bekas jarum mesin cutting.

12. Terima Uang Jasa Pemasangan

Alhamdulillah hari ini Anda mendapatkan jasa pemasangan sandblast. Semoga uangnya bermanfaat ya sahabat, jangan lupa pada rezeki itu ada bagian orang lain yang membutuhkan.

Semoga artikel cara memasang sandblast ini bermanfaat bagi Anda. ***

0 Response to "Cara Memasang Sandblast Terbaru (Do It Your Self)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel